Cara Mengatasi Sakit pada Gigi Berlubang

25 Apr 2020 13:30 1232 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gigi adalah salah satu organ tubuh yang penting karena fungsinya untuk mengunyah makanan. Gigi sering mengalami kontak dengan berbagai bakteri, hal ini karena mulut adalah pintu masuk bagi virus dan bakteri di dalam tubuh Anda.

Selain fungsinya sebagai pengunyah makanan, tentunya gigi sudah menjadi bagian dari penampilan Anda. Karena fungsinya yang sangat vital itulah maka kita harus menjaga kesehatan serta kebersihan gigi. Namun bagaimana jika gigi Anda mempunyai masalah yang cukup serius, misalnya saja gigi yang berlubang? Tak perlu risau karena Anda akan mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Gigi Berlubang tersebut dengan menyimak pembahasan berikut ini.

 

1. Menggosok gigi

Tips tentang Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang sangat disarankan yaitu dengan menggosok gigi secara rutin dan benar. Penyebab mengapa timbulnya gigi berlubang ini mungkin saja karena Anda tidak menggosok gigi secara rutin. Untuk itulah, agar lubang pada gigi Anda tidak terlalu parah maka rutinlah untuk menggosok gigi.

 

2. Menghindari beberapa makanan

Makanan yang terlalu panas atau dingin serta yang mengandung santan ternyata bisa menjadi pemicu dari timbulnya rasa nyeri pada gigi berlubang itu. Anda dapat berkaca dan melihat lubang gigi tersebut jika Anda merasakan nyeri saat mengkonsumi makanan tertentu dan usahakanlah untuk menghindarinya agar tidak membuat kondisi gigi Anda semakin parah.

 

3. Berkumur dengan menggunakan air garam

Pertolongan pertama pada gigi berlubang yang terasa nyeri serta membengkak adalah dengan berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat, caranya dengan melarutkan 1 sendok garam kedalam 250 cc air yang hangat. Ya, air yang bercampur dengan garam ini bisa menjadi antibakteri yang akan melawan penyebab dari gigi berlubang tersebut sehingga rasa nyeri dapat mereda. Anda juga dapat menambahkan perasan air jeruk nipis untuk mengoptimalkan obat tradisional ini.

 

4. Memakai pasta gigi yang khusus

Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang karena kandungan yang terdapat pada pasta gigi ini yaitu xylitol dan kalsium yang banyak mampu memperbaiki bagian gigi yang rusak serta berlubang. Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang satu ini sangat disarankan apabila lubang di gigi Anda itu masih bisa diperbaiki.

 

5. Perbanyak konsumsi sumber kalsium

Anda dapat memperbanyak konsumsi sumber kalsium sebagai cara mengatasi gigi berlubang tersebut. Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila diiringi dengan perawatan pada gigi Anda secara intensif. Sumber makanan yang memiliki kalsium tinggi seperti telur, susu dan multivitamin yang mengandung kalsium lainnya dapat membantu perbaikan di gigi berlubang Anda secara internal.

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan masalah gigi berlubang Anda ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan tindakan lanjut. Semoga Cara Mengatasi Gigi Berlubang diatas dapat meringankan rasa nyeri karena gigi berlubang.

Tags Kesehatan

About The Author

Faiz Dawami 20
Novice

Faiz Dawami

Gitu aja ...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel