4 Tips Membuat Onigiri atau Nasi Kepal ala Jepang yang Rapi & Nasi Menempel Sempurna

22 Apr 2020 09:45 1587 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sehingga berbentuk segitiga, bulat atau seperti karung beras.

Siapa sih yang tidak tahu dengan onigiri? makanan khas Jepang nasi kepal yang berbentuk segitiga dan di balut dengan rumput laut.

Belakangan ini, saya punya cara asyik makan nasi, yaitu dengan membuatnya menjadi onigiri. Nasi kepal isi khas Jepang tersebut selain enak dan mengenyangkan, juga memiliki bentuk segitiga yang lucu. Apalagi dengan penambahan nori yang mempercantik tampilan onigiri. Sekilas, membuat onigiri terlihat mudah. Mungkin kalian berpikir hanya perlu membentuknya dengan tangan dan onigiri pun langsung jadi. Padahal sebenarnya banyak juga lho yang gagal saat membuat onigiri.

Nah, kegagalan yang pailing sering terjadi adalah nasinya yang buyar atau berantakan, sehingga bentuknya tidak cantik lagi. Kalian pasti tidak ingin kejadian tersebut menimpa kalian, kan? Disaat WFH seperti ini pasti kalian juga ingin membuat kreasi makan Homemade dan bisa makan bersama keluarga atau kerabat di rumah,kan ? Karena itu, sebelum membuat onigiri, yuuk intip dulu tips sukses membuat onigiri ala saya di bawah ini…

 

1. Perhatikan pemilihan beras

Karena onigiri akan dipadatkan dan dibentuk, maka penggunaan berasnya pun berbeda dengan beras untuk membuat nasi biasa. Sebaiknya kalian menggunakan beras jenis japonica, karena teksturnya lebih lengket sehingga akan saling merekat dengan baik ketika dipadatkan. Tapi jika anda kesulitan menemukan beras tersebut, kalian bisa menggunakan campuran antara beras putih biasa dan beras ketan. Kalo saya pribadi menggunakan beras mentik, kalian bisa membelinya di supermarket ataupun pasar tradisional.

 

2. Basahi telapak tangan

Saat membuat onigiri, kalian harus mendinginkan nasi terlebih dahulu. Nah, sambil menunggu nasi dingin, anda wajib membasahi telapak tangan terlebih dahulu dengan air matang. Hal tersebut bertujuan agar nasi tidak lengket di tangan dan membuat bentuk onigiri menjadi berantakan.

 

3. Hindari mengisi onigiri terlalu banyak

Sebelum mengisi onigiri, kalian harus mengepalkan nasi terlebih dahulu sampai padat. Hal tersebut bertujuan agar nantinya nasi tidak berantakan. Setelah nasi terkepal padat, sekarang saatnya kalian mengisi onigiri sesuai selera. Kalian bisa mengisinya dengan telur dadar, abon, tumis, ayam, tuna mayo, dan lain-lain. Tapi pastikan kalian tidak mengisi onigiri terlalu banyak ya…karena isian tersebut bisa keluar dan merusak tampilan onigiri. Lalu kepalkan kembali onigiri anda sampai seluruh isiannya tertutup sempurna.

 

4. Cetak nasi dengan alat khusus

Agar bentuk onigiri bisa simetris, seragam, dan rapi, kalian bisa membentuknya dengan cetakan khusus yang banyak dijual di pasaran. Membentuk onigiri dengan menggunakan cetakan khusus juga bisa mempersingkat waktu pengerjaan, sehingga sangat cocok bagi kalian yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Tapi jika tidak punya cetakan khusus, kalian bisa menggunakan plastik makanan.

Caranya adalah dengan memasukkan kepalan nasi ke dalam plastik dan posisikan pada bagian ujungnya, lalu padatkan nasi hingga berbentuk segitiga. Setelah onigiri jadi, kalian bisa menempelkan potongan nori di bagian bawahnya sambil sedikit menekan-nekan nori ke nasi agar nori bisa menempel dengan sempurna pada onigiri.

 

Bagaimana tips membuat onigiri? Mudah untuk diikuti, kan? Sekarang, kalian bisa membuat onigiri lezat dengan bentuk yang cantik dengan resep yang sudah saya share untuk kalian semua. Selamat mencoba…

Tags

About The Author

22
Novice

baking lovers and love to experiment to make cake and bread

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel