Rilis di Tengah COVID-19, Inilah Spesifikasi Singkat iPhone SE 2020

16 Apr 2020 09:57 469 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya penampilan bagai pinang dibelah dua dengan iPhone 8.

Di tengah kehadiran COVID-19 yang mengguncang dunia dari berbagai sektornya, Apple, perusahaan komunikasi asal negeri paman Sam membawa berita baik bagi para pengguna atau fans setianya. Berita tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah kehadiran smartphone terbarunya yang pastinya sudah ditunggu banyak orang.

Smartphone tersebut adalah iPhone SE generasi ke-2 atau yang hingga saat ini disebut dengan iPhone SE 2020.

Setelah banyak rumor yang beredar di berbagai situs teknologi di internet, iPhone SE 2020 hadir dengan membawa beberapa peningkatan yang sangat signifikan dari generasi sebelumnya. Berikut adalah penjelasan singkat tentang spesifikasi iPhone SE 2020 yang pastinya sudah banyak ditunggu-tunggu para pecinta produk Apple dan mereka yang juga ingin coba-coba produk dengan ikon buah Apel yang digigit tersebut.

 

1. Desain

Jika Anda lihat dari cover atau sampul di atas, Anda mungkin mengira bahwa gambar tersebut adalah gambar dari iPhone 8. Jika Anda menebak seperti itu, Anda berarti salah. Karena pada gambar sampul di atas itu adalah gambar dari iPhone SE 2020 yang dari segi desain memang sangat mirip dengan iPhone 8.

Mulai dari kamera belakangnya yang penempatannya serupa, hingga bagian depannya yang jika Anda tempatkan iPhone 8 dan iPhone SE 2020 berdampingan, Anda dipastikan tidak bisa membedakan keduanya, kecuali jika Anda sudah mulai mengotak-atik smartphone tersebut.

 

2. Layar

Layar pada iPhone SE 2020 mengusung layar yang juga digunakan pada iPhone 8. Yaitu jenis layar IPS berukuran 4.7 inch yang sudah mendukung true-tone color dengan dukungan pencahayaan tertinggi hingga 625 nits.

Untuk resolusinya sendiri, layar pada iPhone SE ini dikabarkan hanya menggunakan resolusi 750 x 1334 pixel; yang bagi iPhone non-flagship itu sudah merupakan tradisi turun temurun.

 

3. Chipset

Hadir pada tahun 2020 ini, tentunya iPhone SE generasi kedua tidaklah menggunakan chipset lawas dari Apple, melainkan sudah menggunakan chipset A13 Bionic yang juga terpasang pada seri flagshipnya yaitu seri iPhone 11.

Bagi yang belum tahu, chipset A13 Bionic adalah chipset dengan arsitektur 7nm+ hexa-core yang didukung GPU khas Apple dengan empat ini (quad-core).

 

4. Penyimpanan

Akan ada tiga varian yang dirilis Apple untuk iPhone SE 2020 ini. Ketiganya dapat dibedakan dari ruang penyimpanan yang dimiliki. Ketiga varian tersebu adalah varian dengan penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB, dengan tipe penyimpanannya adalah NVMe.

 

5. Kamera

Tidak secanggih iPhone 11 dan saudara-saudaranya, iPhone SE generasi ke-2 ini dari sektor kamera memang tidak begitu diprioritaskan. Untuk kamera depannya, pada iPhone SE 2020 ini terpasang kamera dengan resolusi 7MP. Sedangkan untuk kamera utama di bagian belakangnya, terdapat kamera dengan resolusi 12MP yang cukup megenjutkannya, sudah memiliki OIS atau Optical Image Stabilization yang membuat penangkapan video menggunakan kamera belakang akan sangat mulus.

 

6. Fitur Lainnya

Selain keempat spesifikasi di atas, iPhone SE 2020 ini diketahui sudah memiliki sertifikat IP67 yang tahan terhadap air dan debut hingga batas tertentu. Selain itu, fitur sekuritas yang tersemat dalam iPhone SE 2020 ini hanyalah fitur pemindai sidik jari yang memang sewajarnya terpasang pada iPhone SE dengan harga yang terjangkau ini.

Untuk fitur-fitur standar lainnya yang tertanam pada smartphone ini antara lain, accelerometer, proximity sensor, gyroscope, compass, barometer dan juga asisten khas Apple yaitu Siri. Perlu diketahui juga, iPhone SE 2020 ini sudah mendukung fast charging 18W dan wireless charging dengan kecepatan pengisian yang normal

Untuk ketersediaan warna, ada tiga warna iPhone SE yang tersedia yaitu hitam, putih dan merah. Menurut informasi yang didapatkan dari situs resmi Apple, khusus untuk warna merah, sebagian keuntungan dari penjualannya dikabarkan akan disumbangkan sebagai dana perang melawan virus COVID-19. Jadi, bagi Anda yang akan membeli iPhone SE 2020 dan juga berniat untuk menyumbangkan sebagian harta Anda untuk memerangi virus Corona jenis baru asal Wuhan, maka sangat disarankan untuk membeli produk warna merah. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel