5 Situs Freelance Penghasil Dollar ini Pekerjaannya bisa Dilakukan dari Rumah

10 Apr 2020 11:15 682 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cocok bagi Anda yang terkena PHK ataupun terpaksa cuti unpaid.

Di tengah wabah Covid-19 yang semakin kesini semakin memprihatinkan, tidak hanya kesehatan yang terancam oleh wabah virus yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya ini. Sektor ekonomi di Indonesia juga menjadi korban keganasan virus Corona jenis baru asal Wuhan.

Banyak pegawai swasta yang terpaksa harus dirumahkan dalam artian kehilangan pekerjaannya, ada juga mereka yang dirumahkan dalam artian dipaksa untuk cuti tanpa dibayar, dan ada juga mereka yang bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah “Work from Home”.

Bagi Anda yang masih beruntung dengan bekerja dari rumah maka tidak perlu memikirkan bagaimana dapur tetap mengebul kedepannya untuk sementara waktu. Namun bagi Anda yang dirumahkan dalam artian di-PHK ataupun terpaksa cuti tanpa dibayar, sumber penghasilan secara otomatis hilang bagaikan debu yang tertiup angin.

Apalagi bari Anda yang masih punya cicilan motor atau hutang yang masih harus dibayar, PHK dan cuti tanpa dibayar bisa jadi membuat Anda stress dan tentunya mencoba mencari solusi atau jalan keluar dari masalah tersebut.

Disini, penulis mungkin punya solusinya. Apalagi di tengah nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika yang saat ini sedang melemah, solusi ini bisa dibilang sebagai solusi untuk mencari penghasilan dadakan. Solusi tersebut adalah dengan menjadi freelance atau pegawai lepas; bukan freelance yang harus kesana-kemari dan tidak mengindahkan himbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah. Freelance disini adalah freelance yang dilakukan lewat internet.

Di dunia yang hampir sebagiannya terdigitalisasi, banyak hal yang tentunya berubah. Salah satu diantaranya adalah bagaimana cara orang bekerja. Freelance atau bekerja tanpa ikatan kontrak yang biasanya dilakukan dengan datang ke kantor sendiri atau menawarkan jasa dengan memasang spanduk serta menyebarkan pamflet, kini dapat dilakukan secara online dengan modal komputer, koneksi internet, serta kemauan atau motivasi untuk mencari penghasilan.

Di bawah ini adalah 5 situs Online Freelance yang bisa menghasilkan Dollar untuk Anda yang sedang mencari penghasilan tambahan ataupun sumber penghasilan baru.

 

1. Guru.com

Adalah sebuah situs freelance yang biasanya didatangi oleh mereka para professional di bidang teknologi yang tentunya sedang mencari uang. Ada banyak kategori yang dapat Anda temukan disini mulai dari Programming, Translating, Designing, Sales & Marketing sampai urusan Legal pun tersedia di situs ini.

Jika Anda memiliki kemampuan-kemampuan di bidang-bidang di atas, atau yang lebih lengkapnya lagi dapat Anda temukan di situs terkait, maka coba saja untuk menawarkan jasa yang sesuai dengan kemampuan Anda. Atau jika Anda malas membuka lapak sendiri, Anda juga bisa mencari lowongan yang sesuai kemampuan Anda atau tidak membutuhkan kemampuan teknis tertentu.

 

 

2. Freelancer.com

Adalah situs online freelance yang menurut penulis itu memiliki kategori pekerjaan yang mendetil. Contoh saja ketika Anda membuka kategori Website, IT, & Software, Anda akan menemukan banyak bidang teknis yang lebih detil lagi, yang klasifikasinya bermacam-macam, seperti salah satunya adalah klasifikasi berdasarkan bahasa pemrograman.

 

3. TaskRabbit

Untuk yang satu ini, sepertinya kurang cocok digunakan untuk saat ini. Hal tersebut karena TaskRabbit adalah situs freelance online dimana Anda diharuskan pergi ke rumah klien Anda untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dipesan oleh klien Anda. Sedangkan saat ini, wabah Covid-19 mengharuskan Anda untuk tetap di rumah. Tapi tidak ada salahnya untuk bookmark situs ini. Siapa tahu Anda yang tidak memiliki kemampuan di bidang teknologi namun terampil dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan daily chores memang berjodoh dengan situs ini.

 

4. Upwork

Sebelum berganti nama menjadi Upwork, situs freelance yang satu ini lebih dikenal dengan nama Elance-oDesk, yaitu sebuah situs yang menjadi wadah para pekerja lepas dan para klien untuk bertemu dan mengerjakan project yang umumnya di bidang teknologi.

Jika Anda adalah pihak yang membutuhkan pekerja lepas, Upwork dapat membantu Anda mencari para pekerja lepas handal yang tentunya terpercaya dalam melakukan pekerjaannya. Dan jika Anda adalah pekerja lepas yang mencari project, Anda akan menemukan ratusan ribu lowongan pekerjaan di situs Upwork ini.

 

5. Fiverr

Yang terakhir sekaligus menjadi favorit penulis adalah sebuah situs freelance bernama Fiverr. Bekerja seperti halnya marketplace online seperti Tokopedia, Shopee ataupun Bukalapak, disini Anda sebagai pemilik kemampuan tertentu dapat menawarkan jasa atau menjual kemampuan Anda dalam bentuk lapak. Bagi Anda yang mencari pekerja lepas pun, Anda akan dapat menemukan jutaan orang dengan berbagai kemampuan di bidang teknologi mempromosikan kemampuannya lewat lapak mereka masing-masing di situs Fiverr ini.

 

Penutup

Itulah lima situs freelance online yang dapat penulis bagikan ke Anda semua dalam kesempatan kali ini. Sengaja penulis tidak membahas detil dari tiap situs freelance tersebut agar Anda yang memang memiliki niat untuk mencari penghasilan berbentuk Dollar ini dapat mengunjungi situsnya masing-masing, kemudian mempelajari lebih detil lagi tentang bagaimana cara situs-situs tersebut bekerja. Mulai dari bagaimana project diterima, bagaimana sistem pembayarannya, dan aturan-aturan yang berlaku di situs-situs tersebut dimana pada umumnya aturan-aturannya memang memberatkan mereka para penjual jasa. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel