6 Masjid Terindah di Dunia dan Paling Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

8 Apr 2020 08:35 277 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Masjid yang wajib dikunjungi oleh Traveler terutama menjelang momen Ramadhan seperti saat ini.

Masjid identik dengan tempat ibadah dan terkenal dengan salah satu tempat untuk melakukan meditasi maupun kekhusyukan dalam berdoa. Sehingga perlu mencari masjid yang cocok dengan anda.

Para traveller apalagi yang beragama Islam pasti akan mencari tahu tempat ibadah daerah atau wilayah di negari atau luar negeri yang ingin dituju. Selain itu, bukan sembarang masjid yang dituju karena selain mencari tempat ibadah yang khusyuk dan nyaman para traveller juga sekaligus memanfaatkan waktu yang ada seperti sekalian berlibur/berwisata di masjid-masjid yang memang terkenal dan memiliki keunikan tersendiri.

Oleh karena itu, kali ini rubrik akan membahas tentang macam-macam masjid yang ada di dunia maupun negeri sendiri Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi untuk beribadah sekaligus untuk berlibur dan berwisata dengan 2 kategori utama, yaitu: masjid tercantik dan masjid sederhana. Berikut penjelasannya, antara lain:

 

1. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi
Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan sekaligus masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah disana. Masjid ini juga menjadi makam beliau dan para sahabat beliau. Masjid tercantik ini merupakan masjid kedua setelah Masjid Al-Haram (Masjidil Haram) yang dibangun pada tahun 622 M. Masjid ini dijadikan destinasi utama wisata sejarah para jamaah haji dan umrah untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya.

Perlu para traveller ketahui bahwa masjid ini dulunya adalah halaman rumah Nabi Muhammad SAW dan selama perkembangannya masjid ini bisa menampung sampai 1 juta jamaah secara maksimal. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah. Bukti kecantikan masjid ini bisa para traveller saksikan langsung saat disana.

 

2. Masjid Cordoba, Spanyol
Masjid ini merupakan salah satu masjid tercantik di Spanyol dan masjid ini dulunya adalah bangunan gereja Katolik pada abad ke-6 dan berubah menjadi masjid saat abad ke-8 ketika Islam masuk ke wilayah Spanyol. Masjid ini juga disahkan oleh UNESCO. Sudah dipastikan, dengan bangunan yang cantik apalagi Spanyol terkenal dengan arsitektur bangunan yang unik dan menawan maka tidak heran jika banyak para pengunjung atau para traveller yang datang ke masjid ini setiap tahunnya.

 

3. Masjid Al-Haram (Masjidil Haram), Arab Saudi
Masjid terbesar sedunia ini merupakan masjid paling suci bagi umat Islam karena masjid ini menjadi titik pusat arah kiblat salat semua umat Islam di dunia. Selain sebagai arah kiblat, masjid ini juga sebagai tempat ibadah haji dan terdapat sumber air Zam-zam. Masjid ini bisa menampung sampai 2 juta jamaah haji dalam satu waktu. Jika para traveller ingin beribadah sambil berwisata, masjid ini cocok dijadikan salah satu destinasi Islami di Arab Saudi.

 

4. Masjid Quba, Arab Saudi
Masjid ini juga sering dikunjungi oleh jamaah haji dan umrah karena selain istimewa masjid ini juga merupakan masjid pertama yang didirikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW saat sedang melakukan perjalanan hijrah.

Salah satu masjid ini mampu menampung hingga 20 ribu jamaah dan jika dilihat dari bentuknya masjid ini berbentuk persegi panjang dengan luas sekitar 5.860 m2. Masjid ini memiliki 2 lantai dan terdapat perpustakaan maupun ruang belajar untuk mengajar. Penasaran dengan isi masjid ini?

 

5. Masjid Al-Aqsa (Masjidil Aqsa), Palestina
Masjid ini merupakan masjid suci ketiga umat Islam dengan kubah warna ungu gelap memberikan kesan yang indah dan agamis sekaligus teduh. Masjid ini berkaitan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Masjid ini juga sekaligus menjadi tempat suci bagi umat Nasrani dan Yahudi karena memiliki Tembok Ratapan di kawasan yang sama. Bisa dibilang masjid ini adalah salah satu masjid tercantik yang ada di Palestina.

 

6. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia
Masjid ini merupakan salah masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang bisa menampung jamaah sampai 20.000 orang. Uniknya dari masjid ini berhadapan dengan gereja Katedral Jakarta. Selain dijadikan tempat ibadah, masjid ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata religi untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia.

Masjid ini dibangun pada tahun 1951 dengan luas 9 hektar dan memiliki 5 lantai. Masjid ini memiliki keunikan arsitektur seperti mempunyai 12 pilar yang menandai lahirnya Nabi Muhammad SAW, tinggi minaret sekitar 66,6 meter menandakan jumlah ayat Al-Quran, terdapat 7 pintu masuk ke masjid menandakan tentang Asmaul Husna. Tempat ini akan semakin cocok dan ramai saat bulan Ramadhan tiba.

Tags

About The Author

Setya 7
Novice

Setya

Masih bingung mau jadi apa.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Setya