Cara Belajar Bahasa Jepang dengan Anime dan Manga

26 Feb 2020 11:46 1449 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gak susah kok!

 

Hingga saat ini, anime dan manga merupakan bagian hidup anak muda sejak beberapa dekade lalu. Keduanya adalah Media kebudayaan Jepang yang menyampaikan kisah-kisah yang diisi dengan karakter unik dan latar kisah yang beraneka ragam. Selain hanya untuk media hiburan atau sekedar menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada para penontonnya, banyak orang yang menjadikan anime dan manga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Jepang juga perkembangan budayanya juga. Namun, apakah dengan menggunakan anime dan manga sebagai media untuk belajar bahasa Jepang itu bisa dikatakan efektif? Untuk mengetahui lebih lanjut akan hal ini, mari kita coba bahas di bawah.

 

Apa Perbedaan Anime dan Manga?

Sebagai permulaan, mari kita kenali dulu apa itu yang disebut dengan anime dan manga.

Anime merupakan gaya animasi yang berasal dari Jepang yang ditandai dengan kontras tinggi, warna-warna yang cerah, serta elemen tematik fiksi ilmiah dan fantasi. Saat ini, media dalam gaya anime tidak hanya dibuat di Jepang namun juga di seluruh dunia. Beberapa orang hanya merujuk animasi produksi Jepang sebagai anime, sementara yang lain merujuk pada setiap animasi yang menggunakan gaya visual ini sebagai anime, terlepas dari di mana animasi tersebut diproduksi diproduksi.

Sedangkan manga merupakan sebuah gaya buku komik dan novel grafis Jepang. Seperti anime, manga ditandai dengan fitur wajah yang berlebihan dan warna-warna yang cerah. Sederhananya, anime adalah acara TV atau film, sedangkan manga adalah buku komik atau novel grafis.

 

Mengapa Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime dan Manga?

Anime memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada setiap pelajar bahasa Jepang tingkat pemula. Kamu cukup duduk manis menonton serial favoritmu ketika istirahat dari rutinitas kursus bahasa Jepang yang biasa dilakukan dengan membaca buku dan menyalin sesuatu.

Anime biasanya menggunakan bahasa Jepang sehari-hari sebagai bahasa percakapannya dan ini berarti kamu berkesempatan untuk memperkuat kemampuan mendengarkan kosakata, tata bahasa, dan pengucapan bahasa Jepang.

Sedangkan untuk manga, walau berbentuk buku ini juga sangat efektif untuk belajar bahasa Jepang karena memiliki sedikit tulisan dan banyak gambar. Bagi pelajar tingkat pemula, manga sangat mudah dibaca anak-anak karena ada banyak gambar dan teks yang jauh lebih sedikit daripada buku biasa.

Ada sejumlah besar mangga yang pembacanya memiliki usia berkisar dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dalam hal ini, kamu tidak perlu merasa malu untuk membaca manga karena kamu tidak akan dianggap kekanakan.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara belajar bahasa Jepang lewat anime dan manga, serta efektif atau tidaknya cara belajar tersebut bagi mereka yang ingin belajar bahasa Jepang.
 

 

 

 
Tags Jepang

About The Author

Jaka 11
Novice

Jaka

Penulis lepas segala isi kepala

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Jaka