4 Hal ini Penting, Tapi Terkadang Dianggap Sepele Ketika ingin Kuliah di Luar Negeri

14 Feb 2020 19:20 3823 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wajib baca bagi Anda yang ingin dan akan meneruskan studi Anda ke Luar Negeri.

Ketika Anda sudah membulatkan tekad untuk kuliah di luar negeri, tentunya persiapan-persiapan seperti menyiapkan persyaratan pendaftaran ke universitas tujuan, passport, visa, serta biaya untuk nantinya tinggal disana sudah Anda lakukan sejak dini atau bahkan sudah di cross check berkali-kali.

Namun, selain persiapan-persiapan penting di atas, ternyata ada hal-hal kecil yang sekilas tidak terlihat penting namun ternyata hal-hal ini bisa membuat Anda dapat tinggal tanpa kekhawatiran ketika Anda nanti kuliah di luar negeri.

Berikut ini adalah 4 hal-hal kecil yang memang terlihat sepele, namun tidak kalah penting untuk dipersiapkan ketika Anda ingin kuliah di negara lain.

 

1. Makanan

Di negeri orang lain, mungkin banyak dari Anda yang merasa nervous sekaligus excited karena nanti di negara asing tersebut, Anda akan dapat menikmati banyak kuliner baru. Pada awalnya mungkin memang tidak apa-apa. Tapi lama-kelamaan, Anda pasti bosan dengan makanan di negeri asing tersebut dan pastinya rindu dengan makanan-makanan yang sudah belasan atau bahkan puluhan tahun sering Anda makan.

Bagi Anda yang punya jadwal beberapa bulan sekali atau satu tahun sekali pulang kampung, hal tersebut mungkin tidak masalah. Tapi bagi yang hanya dapat pulang ketika sudah lulus kuliah, hal tersebut bisa menjadi kendala tertentu dimana bisa berpengaruh pada mood dan juga focus seseorang.

Oleh karena itu, disini yang harus Anda lakukan adalah menguasai cara memasak makanan favorit Anda ketika Anda di kampung halaman. Bisa minta tolong ibu, bapak, saudara atau tetangga Anda untuk mengajarkan Anda memasak resep masakan favorit Anda.

Atau kalau Anda memang tidak punya bakat sama sekali dalam dunia masak-memasak, Anda harus memastikan bahwa di negara tempat Anda kuliah nantinya ada restoran khas Indonesia yang menyajikan makanan dan masakan favorit Anda.

 

2. Pakaian

Indonesia adalah negara tropis dimana musim yang dimilikinya hanya ada dua, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Oleh karena itu, ketika Anda kuliah ke negara yang memiliki empat musim, maka pastikanlah Anda menyiapkan berbagai pakaian yang sesuai dengan musim-musim tersebut. Contohnya saja pakaian untuk musim panas, Anda harus menyiapkan pakaian-pakaian dengan bahan tipis atau sirkulasi udara yang nyaman. Pada musim semi dan musim gugur, pakaian Anda sehari-hari ketika di Indonesia sepertinya sudah cukup. Dan pada musim dingin, Anda harus menyiapkan pakaian-pakaian tebal, termasuk jaket tebal untuk menjaga suhu tubuh Anda ketika musim tersebut tiba.

Pakaian-pakaian untuk keempat musim tersebut juga sebaiknya sebagian besar disiapkan di Indonesia. Agar ketika sudah sampai di negara tujuan, Anda tidak perlu repot lagi mencari pakaian, apalagi ada kemungkinan harga pakaian di negara tujuan Anda juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga pakaian di Indonesia.

 

3. Obat-Obatan

Ketika tinggal di negeri asing, salah satu hal yang harus Anda bookmark lokasinya adalah dokter dan juga apotek. Hal ini wajib dilakukan karena ketika Anda yang tidak akan sehat terus-menerus, suatu saat pasti akan membutuhkan kedua lokasi tersebut.

Bagi yang tidak terbiasa dengan obat-obatan kimia atau bahkan takut untuk memakan obat-obatan yang asing namanya, membawa stok obat-obatan sendiri dari Indonesia adalah pilihan terbaik. Bagi Anda yang memiliki niat seperti itu, jangan lupa untuk mengikuti regulasi pengemasan obat-obatan tersebut sesuai dengan peraturan penerbangan yang berlaku.

 

4. Kebiasaan Masyarakat Setempat

Ini juga terkadang sering dianggap sepele. Setiap masyarakat di tempat tertentu pastinya memiliki kebiasaan atau adat-istiadat tersendiri. Sebagai pendatang, disini Anda diwajibkan mempelajari kebiasaan atau adat-istiadat tersebut sehingga Anda akan dapat dengan mudah membaur dengan masyarakat sekitar.

Karena kalau sampai hal ini Anda lewatkan atau acuhkan, makan percayalah, hidup Anda di lingkungan masyarakat tersebut tidak akan terasa nyaman. Apalagi jika Anda tidak patuh dengan aturan-aturan tertulis dan tidak tertulis di lingkungan tersebut, maka jangankan hidup terasa nyaman, yang ada hidup Anda akan penuh dengan tatapan-tatapan tidak mengenakkan dari masyarakat sekitar.

 

Akhir Kata

Ketika Anda akan kuliah ke luar negeri, persiapan-persiapan yang umum dilakukan itu hanyalah salah satu dari banyaknya persiapan penting yang harus dilakukan. Termasuk 4 persiapan sepele namun ternyata penting adalah yang sudah dibahas pada artikel ini. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel