Pengertian Cloud Computing serta Manfaat dan Jenis-jenisnya.

14 Feb 2020 10:03 322 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cloud Computing adalah sebuah teknologi pengolahan data yang memanfaatkan internet.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Jumlah pemakaian perangkat digital baik itu komputer maupun seluler, menjadikan para perusahaan yang bergerak dalam bidang sistem informasi memprioritaskan data / storage untuk mendukung bisnis mereka. Segala macam bisnis, baik itu bisnis skala kecil maupun bisnis skala besar berkembang dengan data sebagai pusatnya.

Hal ini menyebabkan pentingnya untuk memiliki pusat penyimpanan data dengan performa yang tinggi. Dan solusi untuk hal tersebut adalah teknologi Cloud Computing.

Cloud Computing merupakan teknologi yang sedang trend belakangan ini. Untuk orang yang masih awam, teknologi ini mungkin terdengar cukup asing, namun sebenarnya teknologi ini sudah banyak beredar di tengah-tengah masyarakat.

Pada dasarnya, Cloud Computing merupakan sebuah Teknik pemanfaatan jaringan internet untuk mengolah data dan daya komputasi (seperti RAM, CPU, Network Speed, Storage). Hal ini bisa menghemat biaya operasional karena tidak memerlukan perangkat spesifikasi tinggi untuk menyimpan dan mengolah data.

 

Cara Kerja Cloud Computing

Server Cloud Computing bekerja secara online terus menerus, dan semua aktifitas dan setiap data yang ada pada komputer server akan langsung disimpan dan siap dipakai kapanpun. Kemudian apabila ada user yang menjalankan aplikasi yang tersimpan di server, maka setiap perubahan yang dilakukan juga akan tersimpan di server.

Salah satu contoh pemanfaatan Cloud Computing adalah Yahoo dan Gmail. Pada kedua layanan tersebut, data dikumpulkan dari server yang berbeda yang terintegrasi secara global tanpa harus mendownload software atau aplikasi untuk menggunakannya. Semua proses mulai dari penyimpanan hinga pengolahan data dilakukan oleh server.

 

Manfaat Cloud Computing

Cloud Computing memiliki peran besar dalam bidang bisnis. Karena bisnis di zaman sekarang yang mayoritas sudah data-driven membuat pentingnya data dan infrastruktur untuk mengolahnya. Hal ini menimbulkan kebutuhan akan Cloud Computing pada bidang ini cukup besar.

Selain itu banyaknya software atau aplikasi yang memanfaatkan teknologi ini membuat para pebisnis lebih mudah untuk mengelola dan mengembangkan bisnis mereka.

 

Jenis-jenis layanan Cloud Computing

Ada banyak sekali berbagai jenis layanan dari Cloud Computing ini, beberapa diantaranya adalah:

1. SAAS (Software as a Service)

Layanan yang satu ini menyediakan aplikasi yang siap dipakai oleh end user, sehingga end user tidak perlu membuat aplikasi baru. Contoh Layanan SAAS adalah gmail, facebook, dsb. Pada layanan tersebut, kita bisa menggunakan aplikasinya untuk berbagai keperluan hanya dengan satu aplikasi, baik itu untuk berjualan, berbagi informasi, maupun mengobrol.

 

2. PAAS (Platform as a Service)

Layanan ini berfungsi untuk menyewakan hal-hal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi, seperti penyediaan database, framework, atau bahkan sistem operasi untuk menjalankan sebuah aplikasi. User juga tidak perlu melakukan maintenance pada platform tersebut karena sudah diatur oleh penyedia layanan.

Jadi, user hanya perlu membuat dan mengembangkan aplikasi tanpa harus memikirkan keperluan yang lainnya. Beberapa layanan berbentuk PAAS diantaranya adalah Microsoft Azure, Google App Engine, dan AWS (Amazon Web Services).

 

3. IAAS (Infrastructure as a Service)

Berbeda dengan yang sebelumnya menyediakan layanan berbasis software, layanan yang satu ini menyediakan hardware atau infrastruktur untuk aplikasi user. Infrastruktur ini terdiri dari berbagai macam hardware dan software seperti memori, RAM dan sebagainya.

Layanan ini menyediakan infrastruktur sesuai kebutuhan dari user, jadi meskipun penyedia layanan memiliki sebuah hardisk sebesar 6TB, namun jika user hanya memerlukan 1TB, maka layanan hanya akan memberikan 1TB kebada user dengan harga yang disesuaikan.

Beberapa penyedia layanan ini adalah Amazon EC2, Rackspace Cloud, dan masih banyak lagi.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 20
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel