5 Persiapan Penting untuk Dilakukan Ibu Hamil

12 Feb 2020 13:15 548 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Penting! Khususnya bagi para calon ibu baru.

 

Saat mengetahui bahwa Anda sedang hamil, tentu akan terlintas di pikiran terkait persiapan apa saja yang harus dilakukan. Namun masih banyak ibu hamil yang belum tahu harus menyiapkan apa saja untuk proses kehamilan bahkan sampai melahirkan. Tidak sekadar memperhatikan makanan buat ibu hamil bagi ibu hamil, ada beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan sejak trimester pertama.

Persiapan Ketika Hamil

Banyak ibu hamil yang justru baru menyiapkan hal-hal yang perlu setelah perut membesar atau memasuki fase trimester dan selanjutnya. Padahal, selain selektif memilih makanan buat ibu hamil sejak dini, Anda perlu melakukan persiapan-persiapan berikut ini.

Memilih Dokter yang Tepat

Pertama, penting bagi Anda untuk mempersiapkan kesehatan mama dan bayi, salah satunya dengan memilih dokter yang tepat. Hal ini merujuk pada proses selanjutnya, yaitu melakukan pemeriksaan secara intensif ke dokter kandungan. Memilih dokter yang akan menangani Anda secara pribadi dan intensif memerlukan kecermatan. Pasalnya, dokter tersebut yang akan mencermati, mengawasi, dan mengamati proses kehamilan Anda selama 9 bulan.

Sering ganti dokter kehamilan justru berbahaya dan merugikan bagi Anda dan janin. Hal ini karena Anda akan mendapat banyak sudut pandang medis yang tidak mencermati secara langsung sejak trimester kehamilan.

 

1. Mendaftar Asuransi Kesehatan

Meskipun telah mempersiapkan segalanya dengan baik, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan solusi untuk berbagai kemungkinan buruk yang menimpa Anda dan janin. Proses kehamilan sampai tahap kelahiran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda telah menyiapkan asuransi kesehatan. Anda dapat melakukan survei ke beberapa perusahaan asuransi dan memilih satu yang cocok.

 

2. Atur Jadwal Aktivitas

Selama sembilan bulan ke depan, sebagai ibu yang tengah hamil, Anda harus benar-benar fokus dengan proses kehamilan. Dapat pula dikatakan bahwa dalam segala kondisi, Anda perlu memprioritaskan kondisi diri sendiri dan janin. Inilah mengapa ibu hamil perlu mengatur jadwal untuk sembilan bulan ke depan. Jangan melakukan aktivitas yang membuat lelah karena berbahaya bagi janin dalam kandungan.

 

3. Menyiapkan Baju Hamil

Selama proses kehamilan, Anda akan mengalami beberapa perubahan fisik yang meliputi bagian perut, berat badan, hingga payudara. Hal demikian akan membuat pakaian sehari-hari Anda tidak muat. Maka dari itu, sejak awal kehamilan, Anda perlu menyiapkan baju-baju hamil.

 

4. Jadwal Rutin Harian dengan Si Kecil

Menyusun daftar atau aktivitas yang dapat menghubungkan Anda dengan si kecil dalam kandungan perlu dilakukan. Salah satu yang dapat membuat Anda dan si kecil terkoneksi adalah berbicara di dalam hati dengannya.
Itulah lima hal yang dapat Anda persiapkan sejak trimester kehamilan. Ulasan diatas membuktikan bahwa Anda tidak hanya harus memperhatikan makanan buat ibu hamil saja. Segala sesuatu akan lebih baik jika dipersiapkan dengan tidak mendadak, sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tags

About The Author

degullwocke 8
Novice

degullwocke

i want to share information for other people

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From degullwocke