5 Hoax Soal Virus Corona, Dari yang Tidak Masuk Logika hingga yang Mudah Dipercaya

4 Feb 2020 13:32 1843 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Corona bisa Membunuhmu, Begitu juga dengan Hoax.

Di tengah keprihatinan dan kegelisahan warga dunia, khususnya warga Indonesia saat ini terkait sebuah virus yang cukup mematikan bernama virus Corona terlihat sangat besar. Terutama ketika Anda mencoba untuk membuka situs-situs penyebaran informasi baik itu visual ataupun tertulis seperti YouTube dan media massa, berita tentang virus ini sangatlah popular saat ini.

Seperti yang sudah diberitakan di berbagai sumber, virus Corona ini bukanlah buatan Toyota, melainkan berasal dari China, atau tepatnya kota Wuhan yang terletak di provinsi Hubei. Menurut sumber-sumber terpercaya, virus Corona ini konon mulai muncul di kawasan pasar hewan liar di daerah Wuhan dimana pasar-pasar tersebut biasanya menjual hewan-hewan liar sebagai bahan konsumsi rakyat China.

Berbicara soal virus Corona, semakin banyak suspect atau pasien yang diduga terjangkit virus tersebut saat ini. Bahkan virus tersebut kabarnya sudah menyebar ke berbagai negara tetangga China yang juga sekaligus menjadi tetangga Indonesia seperti Thailand, Malaysia dan Singapura.

Di Indonesia sendiri hingga saat ini belum ada yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona walau sebelumnya pernah ada dua orang di Bandung yang terdiri dari 1 orang WNI dan satu orang WNA yang baru saja tiba dari China dan mengalami beberapa gejala seperti gejala terjangkit virus Corona sempat dijadikan suspect. Namun setelah menjalani beberapa uji laboratorium, ternyata kedua orang tersebut dinyatakan negatif.

Berbicara soal virus Corona, banyak orang di luar sana yang masih awam sampai-sampai banyak termakan oleh hoax yang tersebar lewat whatsapp, mulai dari yang mungkin bisa dikatakan masuk akal, hingga hoax yang bisa dikatakan “hanya orang gila saja yang percaya”.

Berikut ini adalah 5 diantara hoax yang beredar di Masyarakat tersebut yang penyebarannya dilakukan melalui media sosial populer di Indonesia.

 

1. Virus Corona dapat Dihindari dengan Meminum Air Putih yang Banyak

Mungkin informasi ini terlihat masuk akal karena pada umumnya, air putih adalah sebuah kata yang biasa terucap dari mulut seorang dokter umum ketika pasiennya selesai diperiksa. Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk virus Corona.

Walau terlihat legal, meminum air putih ternyata tidak atau lebih tepatnya belum terbukti bisa mencegah seseorang terjangkit virus Corona. Bahkan Singapura yang menjadi tempat asal dimana hoax ini pertama kali ditemukan sudah menyatakan bahwa informasi tersebut adalah hoax.

 

2. Bawang Putih dapat Menyembuhkan Seseorang yang Terjangkit Virus Corona

Sumber ditemukan hoax ini pertama kali adalah media sosial Facebook. Mungkin bagi mereka yang desperate serta yang tingkat kepintarannya dibawah rata-rata. Hal ini bisa saja dipercaya dan kemudian disebarkan kembali ke orang lain lewat media sosial yang dimiliki.

Namun perlu diketahui bahwa bawang putih dapat menyembuhkan orang yang terjangkit virus Corona itu adalah hoax. Logikanya, kalau memang bawang putih dapat menyembuhkan mereka yang terjangkit virus Corona, mungkin sudah dari kapan China sudah menggunakan salah satu bahan masakan tersebut untuk menyembuhkan warganya yang pertama kali tertular virus tersebut.

 

3. Ponsel Xiaomi Menularkan Virus Corona

Entah kabar ini datangnya darimana, tapi yang jelas informasi tentang ponsel Xiaomi yang dapat menularkan virus Corona ini cukup ramai di-share di berbagai platform media sosial.

Terus terang, bagi mereka yang percaya ini mungkin harus diperiksa ke dokter. Bukan ke dokter umum melainkan dokter kejiwaan. Bagaimana tidak? Bayangkan saja bagaimana caranya virus hidup di benda mati?

Klarifikasi ini juga tentunya berlaku bagi produk-produk impor dari China seperti pakaian atau produk-produk lainnya yang tidak ada lampu kehidupannya.

 

4. Ada Pasien Virus Corona di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung

Informasi ini pertama kali tersebar lewat twitter. Informasi ini berisi tentang bagaimana dua orang yang baru saja datang dari China kemudian mengalami beberapa gejala yang cocok dengan gejala-gejala orang tertular virus Corona.

Memang untuk hal tersebut adalah fakta. Tapi ada pihak tidak bertanggung jawab di luar sana yang membumbui fakta tersebut sehingga menjadi sebuah hoax dimana dua orang tersebut dikatakan positif terjangkit virus Corona.

Faktanya, setelah dilakukan berbagai tes, kedua orang tersebut ternyata dinyatakan negatif terjangkit virus Corona.

 

5. Virus Corona adalah Senjata Biologis China yang Bocor

Untuk informasi yang satu ini, penulis sendiri tidak tahu apakah hal ini hoax atau fakta. Tapi kalau logika diterapkan pada informasi ini, Mungkin banyak orang yang akan menyatakan bahwa ini adalah hoax.

Kenapa begitu? Karena kalau memang virus tersebut adalah senjata biologis China yang bocor, kenapa banyak rakyat China yang menjadi korban? Ibaratkan saja seseorang meracik racun yang punya efek mematikan, masa orang tersebut tidak punya penangkal racunnya?

Kalau misalkan ini adalah senjata biologis buatan China yang bocor, seharusnya China sendiri memiliki vaksin untuk virus tersebut.

 

Akhir Kata

Itulah seputar hoax tentang virus Corona yang banyak tersebar di internet. Kita sebagai rakyat Indonesia itu sebetulnya tidak perlu takut dengan virus Corona. Karena ada yang lebih mematikan dari virus Corona yaitu Hoax

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel