7 Hal ini Harus Anda Kuasai Ketika Mulai Menggunakan Macbook dan iMac

20 Jan 2020 13:06 253 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Adaptasi dengan sistem operasi Mac itu tidaklah sulit.

Jika Anda baru-baru ini tergiur dengan Macbook ataupun komputer rumahan Mac dari Apple, ada satu hal yang mungkin menjadi hambatan atau kendala untuk Anda berpindah dari perangkat bersistem operasi Windows ke komputer-komputer buatan Apple tersebut. Kendala tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah masalah adaptasi penggunaan ke sistem operasi Mac.

Bagi yang terlalu malas untuk belajar lagi, mungkin transisi dari Windows ke Mac itu merupakan sebuah hal yang mendekati impossible. Karena kalau malas belajar, bagaimana cara bisa seseorang mendapatkan ilmu?

Namun bagi mereka yang mau belajar, adaptasi dengan sistem operasi Mac itu tidaklah sulit. Bahkan kalau penulis bilang sih cenderung mudah, khususnya bagi mereka yang memang sudah menggunakan sistem operasi Windows bertahun-tahun lamanya.

Di bawah ini adalah 7 hal basic atau hal-hal dasar yang harus dipelajari bagi Anda yang mulai menggunakan Macbook ataupun iMac sebagai perangkat utama pendukung aktivitas digital Anda.

 

1. Saat Pertama Menyalakan Mac

Bagi Anda yang baru saja memiliki Macbook atau iMac lantas menyalakannya untuk pertama kali. Disini Anda diwajibkan untuk membuat akun Apple ID (bagi yang belum punya) atau login dengan menggunakan Apple ID (bagi yang sudah pernah membuatnya).

Setelah login dengan Apple ID, Anda akan disuguhkan dengan tampilan desktop yang bagi mayoritas pengguna baru adalah tampilan yang fresh sekaligus asing.

 

2. Cara Menggunakan Trackpad

Berbeda dengan kebanyakan laptop bersistem operasi Windows, trackpad pada Macbook itu memiliki fungsi gesture sendiri. Seperti contohnya untuk melakukan Scrolling, Anda dapat melakukannya dengan menempelkan dua jari Anda ke trackpad kemudian menggeserkannya ke atas atau ke bawah untuk melakukan scrolling.

Kemudian juga untuk membuka sebuah file atau aplikasi menggunakan trackpad, tempatkan dua jari Anda pada trackpad dengan cursor terfokus pada aplikasi yang Anda ingin buka. Setelah itu gunakan salah satu jari yang ada pada trackpad untuk mengklik aplikasi yang Anda ingin buka tersebut untuk membukanya. Atau sebagai alternatifnya, Anda juga bisa menahan tombol CTRL kemudian mengklik aplikasi yang Anda ingin buka dengan satu jari saja.

 

3. Mengenal Dock

Pada bagian bawah layar, Anda akan menemukan jajaran aplikasi yang berbaris rapi. Apa yang Anda lihat tersebut adalah “Dock”. Yaitu sebuah tempat dimana Anda dapat membuka aplikasi dengan mudah tanpa harus mencarinya lagi. Kalau di Windows, mungkin bisa disamakan dengan “Windows Taskbar”.

Untuk menyimpan sebuah Aplikasi ke Dock, Anda hanya perlu mengklik kanan aplikasi yang ingin Anda simpan, atau jika di Macbook itu dengan mode dua jari yang sudah dituliskan pada nomor dua di atas. Setelah itu pilih “Options” dan “Keep in Dock”.

 

4. Mengenal Menu Bar

Tidak seperti Windows yang biasanya hanya dapat melihat “Menu Bar” ketika Anda membuka Windows Explorer, pada Macbook ataupun iMac, fitur tersebut akan selalu ada di bagian atas layar pada tampilan desktop dari komputer Anda.

Dan dibagian kanan “Menu Bar” ini juga Anda akan temukan tampilan yang mirip dengan system tray pada Windows yang memang adalah system tray pada Apple.

 

5. System Preferences, Control Panel pada Apple

Jika Anda tahu Control Panel yang biasa Anda temukan pada Windows, maka System Preferences pada Macbook ataupun iMac memiliki fungsi yang sama. Yang membedakannya hanyalah fitur-fitur ataupun mode-mode yang dimiliki saja.

 

6. Notification Center, Fitur yang Biasa Ditemukan di iPad dan iPhone

Jika Anda sudah lama menggunakan iPad ataupun iPhone, maka notification center yang memiliki fungsi untuk memberikan notifikasi tentang banyak hal ini tidak akan asing lagi di mata Anda. Banyak hal yang dapat Anda nyalakan atau matikan lewat notification center ini. Silahkan diotak-atik sendiri.

 

7. Sang Asisten Setia, Siri

Tidak seperti kebanyakan asisten AI pada sistem operasi lain yang jarang digunakan dan bahkan sudah berhenti dikembangkan lagi, asisten pribadi buatan Apple ini masih bisa Anda temukan di berbagai perangkat Apple. Tugas dari Siri ini cenderung mudah, yaitu membantu Anda untuk menemukan file ataupun informasi yang Anda butuhkan di Internet.

 

Akhir Kata

Itulah 7 hal dasar yang Anda harus kenal dan pelajari ketika Anda baru beralih ke Macbook ataupun iMac. Semua hal dasar tersebut sangatlah mudah dipelajari bagi Anda yang memang mau belajar. Apalagi jika Anda adalah pindahan dari sistem operasi lain seperti Windows, hal-hal dasar tersebut dapat Anda kuasai dalam waktu kurang dari 3 jam saja. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel