Jurus Jitu Menggunakan Express

13 Jan 2020 19:35 562 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sangat mudah sob! Semudah menyuapkan siomay ke mulut.

Ahoy Plimbers ...

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu ExpressJs atau yang bisa disebut Express ini, pasti sekarang kamu penarasan hal yang lainnya dari Express ini

Disini saya akan menjelaskan tentang “Bagaimana sih jurus menggunakan si Express ini?”.

Oke langsung saja, check this out ...

Hal pertama yang harus kamu persiapkan yaitu koneksi internet, karena Express ini memerlukan koneksi internet untuk instalasi pertama kali.

Jika koneksi internet kamu sudah ada, pastikan kamu meng-install atau meng-update versi NodeJS ke versi terbaru (bisa cek di artikel NodeJS – Teknologi yang Mudah, Semudah Menyantap Siomay untuk cara instalasi)

Kenapa harus terbaru?

Berdasarkan pengalaman yang saya alami, ketika versi NodeJS tidak terbaru dan melakukan instalasi pada Express ini, malah muncul error dengan koneksi padahal koneksi internet sudah ada dan ketika saya browsing itu lancar jaya

Kira – kira seperti ini error yang saya alami

 

 

Nah, jika kamu sudah install versi terbaru, sekarang kamu buka bisa teks editor kamu (disini saya menggunakan Visual Studio Code) dan buat folder baru di tempat yang kamu inginkan.

Kemudian kamu bisa buka foldernya di Visual Studio Code dengan cara klik FileOpen Folder – dan cari folder yang sudah kamu buat tadi, setelah itu Select Folder

Maka kira - kira tampilannya seperti ini

 

Setelah itu klik menu Terminal dan pilih New Terminal, maka akan muncul terminal baru dibagian bawah Visual Studio Code kamu.

Pada terminal itu kamu bisa ketikan npm install express, untuk memulai instalasi pada Express.

Jika berhasil, maka akan muncul pesan seperti ini

 

Setelah itu kamu bisa buat satu file dan beri nama app.js untuk menjalankan Express di browser kamu lalu kamu isikan code seperti berikut ini

 

Nah, sudah dituliskan code nya?

Pada akhir artikel ini, akan saya bedah code nya.

 

Sekarang kita lanjut ke bagaimana cara menjalankan code yang sudah kamu tulis tadi.

 

Masih menggunakan terminal, kamu bisa menuliskan node app.js dan kemudian enter

Lalu kamu buka browser dan ketikan http://localhost:8000

 

Sudah kelihatan kan hasilnya?

 

Jika kamu berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini

 

 

Bedah Code

Sekarang saya akan coba bedah code yang kamu tulis tadi.

Pada baris pertama dan kedua adalah sebuah inisialisasi untuk menggunakan Express, jadi ketika kamu tidak menuliskan code tersebut, maka kamu tidak akan menjalankan Express yang sudah kamu install tadi. Jadi baris pertama dan kedua itu yang terpenting untuk menggunakan Express.

Pada baris keempat ada app.get, apa sih maksud dari GET disini? Jadi GET itu adalah sebuah method yang kamu gunakan untuk mengakses suatu url (website)

Terus apa fungsi dari ’/’ (slash) ?

Slash itu artinya sebuah root (directory atau folder tertinggi dari sebuah struktur folder)

Kemudian di dalam function terdapat request dan response. Request berarti kamu yang melakukan permintaan kepada sebuah website sedangkan response adalah tanggapan yang website berikan kepada kamu yang melakukan permintaan (request).

Sebagai contoh, ketika kamu mengetikan http://localhost:8000/ di browser dan menekan enter pada keyboard, itu berarti kamu melakukan request kepada sebuah website untuk dimunculkan sesuatu. Nah, sesuatunya itu adalah berupa tulisan “Hello World NodeJS With Express” yang bisa kamu lihat di browser dan tulisan itu yang dinamakan response.

Pada baris kedelapan adalah sebuah port yang akan digunakan ketika mengakses website. Secara default, ketika kamu mengakses website biasanya menggunakan port 80 untuk http dan 443 untuk https.

 

Sudah paham kan? Menyenangkan bukan?

 

Akhir kata, teruslah belajar, dari belajar kamu bisa mengetahui tentang sesuatu, dan tidak ada ruginya jika kamu tahu tentang sesuatu itu.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 14
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel