"GG", Pengertian dan Penggunaannya di Dunia Maya serta di Dunia Nyata

6 Jan 2020 14:07 2139 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pernah dengar kata "GG"? Yuk kita bahas lebih dalam lagi.

Ada banyak istilah atau mungkin bahasa baru yang biasanya kita jumpai ketika kita bermain game kompetitif dimana salah satunya yang sering terlihat oleh mata kita adalah kata “GG”.

GG adalah singkatan dari Good Game yang berarti bahwa pertandingan yang sudah berhasil dilakukan itu berakhir dengan sportif dan dengan hasil yang memuaskan, baik dari sisi pemenang, ataupun dari sisi yang menerima kekalahan.

Dengan kata lain, kata “GG” ini biasanya diucapkan ketika kedua pihak yang bertanding itu benar-benar menikmati pertandingan kompetitifnya. Tapi sekarang, pengucapan GG di dalam kompetisi game itu biasanya digunakan oleh banyak gamers mau seperti apapun game-nya demi menghormati kompetitor yang sudah bertanding bersama. Bisa dikatakan, kata “GG” itu sekarang sudah menjadi bagian dari etika bermain game kompetitif.

Dibalik makna dan fungsi kata “GG” sebagai ucapan bahwa pertandingan dinikmati oleh kedua pihak yang juga bermakna bahwa kedua pihak tersebut saling menghormati, kata “GG” juga ternyata di mata sebagian orang dianggap sebagai bad manner atau rude word dimana terkadang, ada yang merasa sakit hati atau terinjak-injak harga dirinya ketika kata “GG” dilontarkan oleh mereka pihak yang menjadi pemenang atau percaya bahwa mereka akan segera memenangkan pertandingan.

 

Jadi, kapan kita harus menghindari mengucapkan kata “GG”?

Tidak ada waktu yang spesifik tentang kapan kata “GG” boleh atau tidak diucapkan. Namun yang pasti, sesuaikanlah kondisi dan situasi kita. Misalkan kalau musuh adalah pihak yang memang tidak begitu memiliki hubungan baik dengan pihak kita. Maka hindarilah mengucapkan kata tersebut karena bisa saja merasa sakit hati.

Atau ketika kita hampir menang di sebuah pertandingan kompetitif, hindari juga mengucapkan kata tersebut sampai benar-benar kita menjadi pemenang. Karena kalau misalkan setelah mengucapkan kata tersebut ternyata tim atau pihak kita kena yang namanya “comeback” kan malu kita yang sudah mengucapkan “GG”.

Jadi, seperti yang mungkin sudah penulis ungkapkan di atas, kata “GG” itu ada baiknya diucapkan pada pertandingan yang benar-benar kedua pihak atau tim nikmati. Contoh saja, tim Counter-Strike A dan B masing-masing dari tim tersebut menikmati pertandingannya walaupun memang ada pihak yang kalah dan menang. Disitulah baru kata “GG” bisa diucapkan.

 

Variasi dari Kata “GG”

Seiring kata GG yang selalu digunakan di setiap pertandingan game kompetitif, kata tersebut juga kemudian memiliki penambahan variasi seperti “GGWP” yang merupakan kepanjangan dari “Good game, well played”, dan juga “GGEZ” yang merupakan kepanjangan dari “Good game, easy” yang memiliki konotasi negatif karena dengan mengucapkan hal ini berarti kita yang memang mendominasi permainan menganggap musuh itu tidak kompetitif atau terlalu lemah.

 

Penggunaan Kata “GG” di Dunia Nyata

Tidak hanya digunakan di dunia maya atau dunia game saja, penggunaan “GG” ternyata sudah mewabah ke dunia nyata. Contohnya saja di pertandingan poker atau jenis-jenis olahraga lainnya. Selain itu juga, ada yang menggunakan kata “GG” untuk bercanda dengan teman sebaya seperti ketika akan menghadapi tes tapi sehari sebelumnya tidak menghapal sama sekali, bisa saja mengatakan “GG nih pasti nilai gw”. Arti dari kalimat tersebut bukanlah si orang tersebut akan mendapatkan nilai yang bagus, tapi malah justru sebaliknya dimana GG disini memiliki makna bahwa dia akan mendapatkan nilai yang jelek.

 

Akhir Kata

Itulah "GG", sebuah kata yang sering kita dengar dan baca, tapi mungkin kata tersebut tidak kita ketahui makna atau artinya. Penggunaan GG di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di dalam bermain game itu sudah lumrah atau sering dilihat. Namun hati-hatilah, karena tidak setiap orang yang membaca "GG" itu beranggapan bahwa pertandingan yang sudah dilakukan itu adalah pertandingan yang menyenangkan. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel