5 Masalah dan Solusi bagi Anda Para Pengguna Macbook

2 Jan 2020 12:20 617 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbaiki sendiri dulu sebelum membawanya ke pusat servis.

Laptop buatan Apple atau yang biasa kita kenal dengan Macbook adalah jenis laptop dengan sistem operasi bawaan non-Windows yang mungkin bagi sebagian orang agak sedikit sulit dioperasikan. Salah satunya adalah malfungsi atau tingkah laku aneh Macbook seperti sering restart sendiri atau adanya notifikasi yang sering tiba-tiba muncul di monitor yang biasanya memang disebabkan oleh berbagai jenis hal.

Bagi Anda pengguna baru Macbook yang sudah mengalami hal-hal tidak lazim dengan Macbook kesayangannya, mungkin Anda harus mendiagnosa penyakit Macbook Anda tersebut dimana 5 diantaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Restart dengan Frekuensi yang Sering

Kondisi pertama ini mungkin sering dihadapi oleh Anda para pengguna Macbook lawas. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan para pengguna Macbook baru juga mengalaminya.

Jika Macbook Anda sering restart sendiri kemudian setelah menyala selalu muncul sebuah notifikasi bertuliskan “Your computer was restarted because of a problem”, itu tandanya Anda sedang mengalami “Kernel Panic” atau jika di Windows itu disebut dengan Blue Screen.

Penyebab dari penyakit yang satu ini cukup banyak. Namun, sebelum Anda membawa Macbook Anda ke toko servis, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki laptop Anda tersebut dengan melakukan beberapa hot fix seperti melepaskan perangkat apapun yang terpasang ke Macbook Anda, mengecek apakah penyimpanan pada Macbook masih tersedia atau tidak, menjalankan Apple Diagnostics, dan juga coba menjalankan safe mode apakah berjalan dengan normal atau tidak.

 

2. Aplikasi yang Sering Freeze atau Menutup Sendiri

Anda sering melihat bola memutar di layar Macbook Anda? Biasanya hal tersebut terjadi karena Aplikasi yang Anda buka itu tidak merespon atau bahkan crash. Biasanya hal tersebut terjadi dikarenakan penyimpanan yang memang tersisa sedikit lagi. Hal ini memang tidak secara langsung menyebabkan crash tersebut. Tapi karena penyimpanan yang minim biasanya Macbook akan mengalami penurunan performa yang signifikan dan secara tidak langsung menyebabkan aplikasi-aplikasi pada Macbook tersebut menjadi pelan atau terganggu.

Jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa cara untuk mengatasinya seperti, menghapus file-file tidak penting sehingga penyimpanan pada Macbook Anda kembali kosong; atau jika tidak berhasil, Anda juga bisa mencoba mengecek RAM dengan menggunakan aplikasi memtest86. Masih belum sembuh? Mungkin bisa mencoba untuk melakukan install ulang dari sistem operasi pada Macbook Anda.

 

3. Baterai yang Cepat Habis

Tidak hanya pada Macbook, baterai yang cepat habis juga biasanya terjadi pada laptop-laptop dengan sistem operasi Windows ataupun sistem operasi lainnya. Secara umum, penyakit baterai cepat habis itu biasanya diakibatkan oleh kesehatan baterai yang memang sudah tidak sehat lagi, ataupun dikarenakan ada aplikasi yang berjalan secara terus menerus di background sehingga menyebabkan konsumsi daya baterai yang tinggi.

Jika kedua hal tersebut bukan penyebabnya, ada cara tertentu yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki baterai boros pada Macbook Anda yaitu dengan melakukan reset pada SMC (System Management Controller) yang biasanya akan menyelesaikan masalah baterai boros sekaligus baterai yang tidak mau mengisi.

 

 

4. Macbook yang Tidak Mau Booting

Kebanyakan dari Anda pengguna Macbook baru mungkin akan panik ketika Macbook Anda tidak dapat menyala atau booting dengan normal. Biasanya, Macbook yang tidak dapat booting akan memperlihatkan layar berwarna abu-abu ataupun hitam dengan sebuah ikon tanda tanya. Penyebab umumnya sendiri cukup banyak, beberapa diantaranya yang paling sering adalah karena kabel Macbook, masalah pada SMC, software update atau juga karena gagal update sistem operasi.

Beberapa cara untuk mengatasinya sendiri bisa dilakukan sendiri seperti mengecek kabel dari Macbook, booting ke safe mode, atau bisa menggunakan cara yang mungkin paling jitu yaitu dengan melakukan install ulang pada MacOS Macbook Anda.

 

5. Macbook Mengalami Overheating

Overheating atau panas berlebih adalah sebuah hal yang memang umum dialami oleh laptop, khususnya Macbook. Dikarenakan bodinya yang tipis, sistem pendinginan pada Macbook juga tidak sebaik komputer ataupun laptop dengan bodi yang tebal.

Namun, overheating ternyata tidak diakibatkan oleh penggunaan Macbook yang dipaksa untuk kerja berat dalam jangka waktu yang panjang. Melainkan juga dikarenakan ada gangguan pada sistem pendinginan atau sensor panas pada Macbook tersebut. Ada dua solusi untuk masalah ini; yang pertama adalah dengan melakukan reset pada SMC, atau yang kedua adalah dengan membawanya ke tempat servis langganan atau terpercaya.

 

Akhir Kata

Itulah 5 masalah umum yang biasanya muncul pada Macbook. Bagi Anda pengguna baru Macbook, janganlah panik atau langsung membawanya ke tempat servis jika hal-hal tersebut terjadi pada Anda. Cobalah lakukan perbaikan-perbaikan mudah yang sudah dicantumkan pada artikel ini. Jika semua solusi di atas ternyata tidak bekerja, maka Anda baru bisa membawanya ke tempat servis Macbook. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel