5 Alternatif Mesin Pencari Google yang Aman bagi Penggunanya

27 Dec 2019 11:15 309 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bosan atau takut pakai Google? Coba rekomendasi mensin pencari di atas.

Berbicara soal mesin pencari di internet, satu kata yang pasti terlintas di dalam benak kita pastilah “Google”. Banyak orang percaya bahwa Google adalah rajanya mesin pencari di internet. Memang sih hal tersebut tidak bisa terbantahkan, apalagi jika kita mencoba membandingkan performa Google dalam melakukan pencarian; dijamin tidak ada mesin pencari lain yang mampu mengalahkannya.

Tapi sayang, satu kekurangan Google yang mungkin sangat tidak disukai sebagian orang di luar sana yang sekaligus menjadi penghalang untuk orang-orang tersebut menggunakan Google dengan fungsinya sebagai mesin pencari adalah invasi Google yang tidak segan-segan mendobrak privasi penggunanya hingga tahap yang cukup mengkhawatirkan.

Untungnya, bagi orang-orang yang merasa Google itu terlalu opresif, ada beberapa alternatif mesin pencari yang walau tidak secanggih Google, keempat mesin pencari ini cukup banyak digunakan oleh mereka yang tidak suka dengan mesin pencari Google.

 

1. DuckDuckGo

Adalah sebuah mesin pencari yang sangat berfokus pada privasi penggunanya. Selain melindungi privasi sang pengguna, DuckDuckGo juga berfokus pada hasil pencarian yang berkualitas. Atau dengan kata lain, ketika kita menggunakan mesin pencari ini, kita akan jarang atau bahkan jarang sama sekali menemukan yang namanya spam atau hasil pencarian yang sama sekali tidak relevan.

Salah satu kelebihan lainnya dari mesin pencari ini adalah fitur customization yang dijamin tidak akan membuat bosan para penggunanya.

 

 

2. Bing

Jika di dunia ini Google menduduki peringkat pertama pada urutan mesin pencari paling populer di dunia, maka Bing dari Microsoft adalah mesin pencari yang menduduki peringkat kedua di tangga kepopuleran.

Walaupun mesin pencari Bing ini adalah buatan Microsoft, hasil pencarian yang dihasilkan dari mesin pencari ini ternyata mengambil dari Yahoo. Tapi sayangnya, walaupun sudah ada kolaborasi antara Microsoft dan Yahoo, Google masih tetap dapat mempertahankan posisinya sebagai mesin pencari terpopuler di dunia.

Salah satu kelebihan dari Bing adalah dari homepage yang memang secara visual itu menarik siapapun yang melihatnya; tidak seperti mesin pencari Google yang tampilannya itu apa adanya.

 

 

3. Search Encrypt

Adalah satu dari beberapa rekomendasi mesin pencari yang ada di Internet. Mesin pencari ini mungkin belum pernah kita dengar karena memang namanya tidak begitu terkenal di luar sana. Tapi satu hal yang pasti, mesin pencari ini adalah mesin pencari yang fokus nomor satunya adalah privasi para penggunanya.

Tidak ada yang namanya tracking para penggunanya dan memperlihatkan iklan-iklan yang sesuai dengan minat pengguna. Tidak seperti DuckDuckGo dan Bing yang memiliki homepage menarik, Search Encrypt ini lebih mirip Google dengan homepage yang apa adanya. Yang membedakannya adalah privasi dari Search Encrypt ini lebih terjaga dibandingkan Google.

 

 

4. Start Page

Adalah mesin pencari terakhir pada artikel ini. Sama seperti ketiga mesin pencari di atas, Start Page berfokus pada privasi para penggunanya. Dan yang menarik dari mesin pencari ini adalah satu, yaitu hasil pencarian dari Start Page mengambil dari hasil mesin pencari Google dengan menghilangkan tracker dan cookies-nya.

Oleh karena itu, perusahaan pembuat mesin pencari ini mengklaim bahwa Start Page adalah mesin pencari terbaik yang ada di dunia saat ini.

 

 

Penutup

Nah itu dia sob 4 alternatif mesin pencari Google yang bisa dibilang lebih baik dalam menjaga para privasi penggunanya. Bahkan ada juga performa pencariannya sama seperti Google tapi juga perlindungannya berada di kategori sangat baik.

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel