5 Tips Menjaga Privasi dan Keamanan Akun Google Anda

23 Dec 2019 18:10 883 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google sudah menjadi bagian dari hidup sebagian besar orang yang harus diberi perhatian lebih.

Google, bagi sebagian besar orang di dunia, khususnya di Indonesia, perusahaan ini sudah menjadi sebuah bagian yang hampir tidak bisa dipisahkan lagi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Mulai dari layanan emailnya yaitu Gmail, layanan mapnya yaitu Google Map, layanan toko aplikasinya yaitu Google Play Store dan masih banyak lagi yang memang hampir setiap hari kita gunakan.

Tapi tahukah Anda? Google ternyata diam-diam mengintip data milik kita di internet sehingga yang namanya privasi itu seperti tidak kita miliki lagi ketika kita terhubung dengan Google.

Untuk menjaga privasi kita agar bisa terlindung dari “intipan” Google, ada setidaknya 5 cara yang harus kita lakukan agar privasi kita tidak sepenuhnya dapat dilihat oleh Google.

 

1. Matikan Pelacakan Lokasi

Bagi sebagian orang yang lokasinya sering diketahui oleh aplikasi pihak ketiga, hal tersebut terkadang menjengkelkan atau bahkan membuat paranoid. Namun jangan khawatir, karena Anda ternyata bisa mematikan pelacakan lokasi google.

Caranya adalah dengan masuk ke akun Google Anda kemudian lanjutkan dengan masuk ke Data and Personalization > Location History. Cek di bagian bawah “Location History” jika statusnya “ON” maka matikan saja.

Satu hal yang perlu diketahui ketika Anda mematikan pelacakan google ini adalah fitur-fitur di Google Map seperti Work dan Home tidak akan terlihat lagi.

 

 

2. Mematikan Web & Activity

Hal lain yang Google lakukan pada user-nya adalah memonitor apa yang penggunanya lakukan pada aplikasi miliknya. Ketika Web & Activity statusnya menyala, Google menyimpan data hasil monitor tersebut diservernya.

Mungkin tidak sepenuhnya bisa menghilangkan jejak kita, tapi ada cara untuk meminimalisir data yang Google simpan tentang apa yang pengguna lakukan di dalam aplikasinya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke akun Google Anda kemudian pilih Data and Personalization > Web & App Activity. Setelah itu jika statusnya “ON” segeralah matikan atau pause.

 

 

3. Nyalakan Otentifikasi Dua Langkah

Ini wajib dilakukan demi menjaga keamanan akun Anda. Caranya juga sangat mudah, Anda tinggal masuk ke akun Google Anda, klik Security > 2-Step Verification. Setelah itu pilih “Get Started” untuk memulai mengaktifkan perlindungan ganda pada akun Google Anda.

 

 

4. Mematikan YouTube History

YouTube memiliki pengaturan history-nya sendiri. Atau dengan kata lain, history yang ada pada YouTube itu terpisah dengan Google. Cara untuk mematikannya sama seperti yang sudah-sudah di atas. Anda tinggal masuk ke akun Google kemudian pilih Data and Personalization dan cek di bawah Activity Controls, tepatnya di bawah Location History. Setelah ketemu, tinggal matikan jika statusnya masih “ON”.

 

 

5. Selalu Update Nomor Smartphone dan Email Pemulihan

Jika Anda memiliki akun Google yang memang digunakan untuk berbagai keperluan termasuk urusan pekerjaan atau bisnis. Sebaiknya Anda tambah lagi tingkatan keamanannya dengan menambahkan email pemulihan dan nomor smartphone sebagai antisipasi jika akun Anda dibajak atau Anda tidak bisa login ke akun Anda.

  

 

Kesimpulan

Itulah 5 hal yang harus Anda lakukan demi menjaga privasi pada akun Google Anda agar tidak terlalu dapat diintip oleh Google. Selain itu juga 5 hal di atas juga dapat meningkatkan keamanan dari akun Anda.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel