7 Perlengkapan Berkemah Wajib untuk Pemula

19 Dec 2019 19:15 862 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yuk para pemula yang baru ingin coba camping baca ini dulu.

Bagi sebagian orang, camping atau yang dalam bahasa Indonesianya “berkemah” adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Salah satunya adalah karena dengan berkemah, mereka juga bisa menikmati alam.

Berbicara soal berkemah, banyak orang yang ingin mencoba berkemah tapi masih ada rasa takut dikarenakan bingung tentang apa saja peralatan yang harus dipersiapkan ketika berkemah. Apalagi kalau ketika mencoba berkemah sendirian yang memang tidak begitu direkomendasikan untuk pemula.

Bagi Anda para pemula yang ingin mencoba camping atau berkemah, di bawah ini adalah 7 perlengkapan penting yang wajib dibawa ketika ingin pergi berkemah.

 

1. Tenda

Membawa tenda yang tepat ketika berkemah sangatlah penting. Karena nantinya, tenda akan menjadi bangunan yang dijadikan tempat Anda berlindung ketika berkemah. Tidak semua tenda bisa Anda gunakan saat berkemah, Anda harus mempertimbangkan cuaca, dan jumlah orang yang akan masuk ke tenda tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk membawa atau membeli tenda.

 

2. Kotak P3K

Adalah perlengkapan kedua yang wajib bagi Anda yang ingin pergi berkemah. Bahkan mereka yang sudah berpengalaman pun tidak akan pernah berkemah tanpa kotak yang satu ini. Karena terus terang, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kesehatan peserta berkemah (termasuk Anda). Disinilah fungsinya kotak P3K, untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk terjadi seandainya memang ada hal buruk yang menimpa seperti tiba-tiba sakit atau terluka. Untuk perlengkapan P3K yang dibawa, pilihlah setelah mempertimbangkan soal ukuran dan isinya. Untuk isinya sendiri, pertimbangkan juga fauna apa yang mungkin ditemukan ketika Anda berkemah; apakah ular? Atau mungkin laba-laba beracun.

 

3. Peralatan Memasak dan Kompor Mini

Mungkin berkemah itu identik dengan yang namanya api unggun. Tapi di zaman modern ini, mereka yang berkemah itu lebih memilih membawa kompor gas kecil sekaligus peralatan memasak untuk nantinya memasak ketika berkemah. Untuk perlengkapan ini, carilah perlengkapan yang ringan untuk dibawa dan tidak memakan tempat yang banyak.

 

4. Lampu Penerangan dan Lampu Senter

Penerangan adalah salah satu hal penting yang wajib dimiliki saat berkemah. Karena sekarang ini zamannya sudah modern. Cahaya dari api unggun tidaklah cukup untuk menerangi kelompok kemah Anda, khususnya di dalam tenda. Oleh karena itu, bawalah lampu dan lampu senter yang fungsinya untuk menerangi jalan ataupun menerangi tenda Anda sehingga Anda tidak akan merasakan kegelapan yang berlebih saat berkemah.

Untuk pemilihan lampu tenda sendiri, carilah yang tidak terlalu terang namun setidaknya bisa menerangi keseluruhan isi tenda sehingga Anda bisa melihat dengan jelas. Sedangkan untuk lampu senter, bawahlah lampu senter yang kecil namun memiliki lumens yang tinggi serta memiliki fitur-fitur seperti fitur SOS dan juga fitur zoom in / zoom out.

 

5. Pendingin Makanan

Yang ini cukup penting, khususnya bagi Anda yang ingin berkemah lebih dari dua hari dan membawa perbekalan yang mudah busuk. Karena dengan adanya pendingin makanan, Anda akan dapat menikmati makanan Anda tanpa harus takut makananannya busuk atau tidak sehat lagi.

Untuk memilih pendingin makanan yang baik, Anda perlu memperhatikan ukuran dan build quality dari pendingin makanan tersebut. Oh iya, satu lagi harganya juga perlu diperhatikan karena alat yang satu ini punya harga yang lumayan mahal.

 

6. Sleeping Bag

Penting, namun tidak begitu perlu kalau tenda yang Anda miliki sudah sangat nyaman dan hangat. Alat untuk tempat Anda tidur ini sangat penting jika tenda yang Anda gunakan tidak begitu nyaman dan terasa dingin bahkan ketika Anda menutup tendanya. Sleeping bag juga sangat penting bagi Anda yang tidur tidak di dalam tendah karena dengan menggunakan sleeping bag Anda akan terhindar dari gangguan-gangguan serangga atau hewan-hewan lainnya, kecuali ya harimau, beruang dan hewan-hewan seukurannya yang memang agresif terhadap manusia.

 

7. Hammock

Alat yang tidak begitu penting namun perlu dipertimbangkan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda ketika berkemah. Untuk pemula sih tidak begitu penting, namun tidak ada salahnya membawanya karena hammock sendiri bisa dijadikan tempat santai atau tempat menyimpan barang ketika tanah becek sehabis hujan.

 

Penutup

Itulah 7 peralatan berkemah untuk pemula yang menurut penulis sih wajib dibawa. Ketujuh perlengkapan ini mungkin cukup mahal jika dibeli sekaligus. Oleh karena itu, lebih baik dicicil, atau jika ada teman camping, mungkin bisa patungan buat beli perlengkapan-perlengkapan tersebut. Karena sebagian besar perlengkapan di atas itu bisa digunakan bersama-sama atau bukan untuk sendiri saja. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel