7 Perlengkapan ini Wajib untuk Kamu YouTuber Gaming Pemula

19 Dec 2019 11:57 188 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mau jadi YouTuber itu modalnya gede guys, check this article out!

Dulu, ketika anak-anak ditanya “Ingin menjadi apa ketika sudah besar?” pasti banyak yang menjawab pekerjaan-pekerjaan dengan gengsi dan penghasilan tinggi seperti pilot, dokter, polisi, hingga presiden pun ada.

Berbeda dengan sekarang ini, ketika anak-anak dengan umur rata-rata 8 tahun ke atas ditanya seperti itu, jawabannya pasti cukup mengejutkan dimana sebagian pasti ingin menjadi sebuah profesi yang hanya ada beberapa tahun belakangan ini yaitu “YouTuber”.

Memang YouTuber sekarang ini adalah salah satu profesi yang menghasilkan uang cukup banyak diantara profesi-profesi lainnya. Contohnya adalah salah satu YouTuber gamer PewDiePie yang konon menghasilkan 9 juta dollar Amerika per tahun atau sekitar 125 milyar rupiah.

Mungkin dari situlah muncul YouTuber-YouTuber, khususnya YouTuber gaming yang memiliki efek domino ke para penontonnya. Walaupun tidak sebanyak PewDiePie, banyak YouTuber gaming di Indonesia yang penghasilan bulanannya tembus belasan juta rupiah. Tapi hal tersebut tentunya tidak didapat dengan mudah, apalagi di tengah maraknya YouTuber yang semakin ahli dalam membuat konten.

Bagi kamu yang juga menjadi YouTuber pemula, keahlian dalam membuat konten itu pasti dapat dikejar seiring waktu dan seberapa besar usahamu. Namun, keahlian atau yang lebih tepatnya disebut kreativitas tidak hanya menjadi satu-satunya faktor penentu yang membuatmu dapat bersaing dengan YouTuber lain.

Faktor yang dimaksud disini adalah perlengkapan studio. Disini, penulis akan berbagi tentang 5 peralatan untuk YouTuber gaming dalam membuat konten.

 

1 Laptop / Komputer

Ada beberapa fungsi laptop atau komputer sebagai alat tempur seorang YouTuber gaming. Yaitu fungsinya sebagai alat untuk mengedit video yang sudah direkam atau menyiarkan ke YouTube. Mungkin banyak yang berpikir “ah buat apa laptop atau komputer, kan bisa streaming lewat smartphone”.

Memang bisa sih, tapi bagaimana dengan kualitasnya? Dijamin kalah jauh dengan mereka yang menggunakan laptop ataupun PC. Oh iya, tambahan fungsi lain dari laptop atau komputer sendiri adalah untuk memainkan game yang ingin dijadikan konten jika kamu adalah YouTuber gaming untuk game PC.

 

2 Kamera

Adalah peralatan tempur kedua yang digunakan untuk merekam gameplay kamu ketika melakukan streaming ataupun live streaming. Tidak seperti mereka para vlogger kuliner ataupun wisata, seorang YouTuber gaming itu tidak begitu perlu yang namanya kamera bagus. Yang penting sih bisa merekam wajah ataupun gameplay dengan jelas. Bisa dengan kamera smartphone ataupun webcam.

 

3 Smartphone atau Tablet Flagship

Salah satu peralatan tempur wajib seorang YouTuber gaming adalah perangkat untuk bermain game platform iOS ataupun Android sendiri yaitu sebuah smartphone atau tablet dengan spesifikasi tinggi atau kalau memungkinkan, carilah spesifikasi yang terbaik.

Perangkat yang satu ini sangatlah vital bagi seorang YouTuber gaming yang membuat konten-konten game smartphone. Karena dengan spesifikasi yang tinggi, hasil dari konten yang sudah dibuat juga tidak akan terbatasi oleh kemampuan perangkat yang kurang mumpuni.

 

4 Game Capture

Walaupun bukan paling penting, game capture ini adalah salah satu perangkat yang wajib dimiliki seorang streamer ataupun live streamer gaming di YouTube. Karena dengan memiliki perangkat ini, kamu tidak perlu mengorbankan performa smartphone atau tablet untuk merekam atau menyiarkan gameplay di YouTube sehingga dengan perangkat yang dedicated seperti ini, konten yang kamu buat tidak akan kalah kualitas perekamannya dengan mereka para YouTuber yang subscriber-nya sudah ratusan ribu atau bahkan jutaan.

 

5 Koneksi Internet Cepat

Kebutuhan selanjutnya seorang YouTuber (tidak hanya YouTuber Gaming) adalah koneksi internet. Koneksi disini tentunya bukan koneksi abal-abal, untuk melakukan live streaming dengan kualitas full HD contohnya, seorang YouTuber membutuhkan koneksi minimal 30 mbps dengan download dan upload rate 1:1, tidak seperti beberapa penyedia layanan internet yang 10:1 dimana kecepatan upload-nya sangat lambat.

 

6 Mic

Adalah perlengkapan kedua sebelum perlengkapan terakhir pada artikel ini. Memilih mic untuk menjadi seorang YouTuber tidak boleh asal. Jangan berpikir asal keluar suara, mic tersebut sudah bisa digunakan. Karena suara YouTuber juga adalah salah satu faktor penting yang membuat para penonton tetap menonton video kamu atau bahkan hingga menjadi salah satu subscriber kamu.

Banyak pilihan untuk mic yang biasa digunakan para YouTuber di internet, namun harganya rata-rata di atas satu juta rupiah.

 

7 Studio Gaming

Studio gaming yang dimaksud disini lebih ke ruangan dan isinya seperti green screen, kursi gaming, peredam suara, AC dan beberapa perlengkapan sekunder lainnya.

Memang tidak wajib membutuhkan alat-alat di atas, tapi untuk memaksimalkan konten video yang dibuat, mau tidak mau perlengkapan tersebut memang harus dimiliki.

 

Akhir kata

Itulah 7 perlengkapan yang wajib kamu miliki jika kamu ingin menjadi seorang YouTuber Gaming dengan konten-konten yang punya kualitas tinggi. Hanya tinggal lengkapi dengan kreativitasmu dalam mengolah konten yang masih mentah tersebut sehingga menjadi sebuah konten yang menarik perhatian target audiens kamu dan membuat mereka menjadi penonton setiamu. Memang kalau dilihat sekilas, perlengkapan-perlengkapan tersebut tidaklah murah. Tapi kalau memang tekad sudah bulat untuk menggeluti bisnis ini, maka modal segitu itu anggap saja sebagai pengeluaran dari penghasilan YouTube yang tertunda. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya! -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel