5 Hal ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli VGA Baru

18 Dec 2019 13:00 435 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips membeli VGA khususnya bagi yang awam soal komputer.

Komputer adalah perangkat yang saat ini mungkin bisa dikatakan sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Karena kebanyakan aktivitas manusia di dunia sekarang ini menggunakan komputer untuk mencari uang atau sekedar melakukan aktivitas-aktivitas biasa saja.

Salah satunya adalah adalah gamer yang mungkin bermain game hanya untuk sekedar hiburan saja membutuhkan VGA yang mungkin bisa dibilang high-end atau yang memiliki performa di atas rata-rata hanya untuk menghibur diri.

Kemudian juga ada mereka pekerja kreatif seperti desainer ataupun digital artist yang menggunakan komputer dengan VGA yang super canggih untuk kebutuhan mendesain ataupun menggambar yang nantinya karya tersebut akan dijual untuk mendapatkan penghasilan.

Bagi Anda yang membutuhkan VGA untuk sekedar main game ataupun mencari uang, ada setidaknya 5 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli VGA baru. Karena terus terang saja, tipe-tipe VGA sekarang ini jumlahnya lumayan banyak dan mungkin sebagian orang akan bingung ketika memilih mau membeli VGA yang mana.

 

1. Budget yang Cukup

Sekarang ini, harga VGA untuk kelas menengah hingga menengah ke atas itu lumayan mahal. Namun, dengan membayar harga yang mahal tersebut, Anda akan mendapatkan performa yang setara dengan uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli VGA tersebut.

Mungkin bisa dibilang untuk bermain game ataupun pekerja kreatif yang tidak terlalu demanding, VGA seharga 7 jutaan seperti seri RTX 2070 sudah cukup untuk melakukan berbagai aktivitas di tahun 2019 – 2020 ini. Sedangkan untuk seri di atas itu, mungkin yang beli kebanyakan mereka para gamer yang bermain game dengan resolusi tinggi ataupun mereka yang memiliki setup multi-monitor.

 

2. Sebelum Belanja Pastikan Kebutuhan Anda itu Apa

Ketika sampai di toko komputer, Anda biasanya akan ditawarkan dengan berbagai jenis VGA yang tipenya bervariasi, Mulai dari tipe dengan single fan hingga triple fan, kemudian juga fitur yang sedikit hingga fitur yang segudang dan masih banyak lagi.

Jika Anda sebelumnya tidak tahu kebutuhan Anda itu apa, bisa saja Anda akan melakukan kesalahan fatal yakni dengan membeli VGA tidak sesuai dengan kebutuhan. Contoh saja seorang gamer yang hobi bermain game-game berat membeli VGA GeForce GT 1030 yang sangat tidak direkomendasikan untuk bermain game berat.

Atau bisa juga mereka para pekerja kreatif yang hanya sekedar menggunakan Adobe Photoshop untuk pekerjaannya membeli GeForce GTX 2080 yang menurut penulis sendiri terlalu overpowered jika hanya digunakan untuk photoshop.

 

3. Cari VGA dengan VRAM yang Tinggi

Ketika orang awam melihat spesifikasi sebuah VGA, umumnya mereka akan bingung dengan beberapa spesifikasi yang tertulis dikemasannya. Namun, sebaiknya hal tersebut tidak perlu begitu diperhatikan. Yang penting, Anda harus memperhatikan beberapa poin saja ketika membeli VGA dimana salah satunya adalah VRAM yang dimiliki VGA tersebut.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, VRAM kartu VGA dengan RAM yang terpasang pada motherboard itu beda dan tidak ada hubungannya sama sekali. Oleh karena itu, VRAM bekerja sendiri, dan dengan semakin besarnya VRAM sebuah VGA, semakin besar pula komputasi yang dapat dilakukan sehingga grafis yang dihasilkan pun semakin baik.

Sebagai tambahannya, ada yang ternyata lebih penting daripada VRAM, yaitu tipe dari VRAM tersebut. Di zaman VGA GeForce 9800 GT masih merajai pasaran, tipe VRAM DDR3 adalah “primadona” teknologi VGA di masa itu. Namun dengan berkembangnya teknologi, tipe VRAM terbaik yang dapat Anda temukan pada VGA adalah tipe VRAM bertipe GDDR5.

 

4. Jumlah Kipas yang Dibutuhkan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa pada sebuah VGA, biasanya ada jumlah kipas satu hingga tiga kipas yang berbaris dengan fungsinya adalah untuk mendinginkan VGA. Disini, jika Anda ingin membeli VGA, Anda harus tahu Anda itu tinggal di ruangan seperti apa (ada AC atau tidak?) kemudian juga cuaca umum di ruangan tempat Anda tinggal itu (dingin atau tidak?), dan aktivitas apa yang Anda lakukan (berat atau tidak?). Faktor-faktor seperti itu lumayan menentukan untuk Anda membeli sebuah VGA dengan jumlah kipas yang berbeda. Semakin banyak kipas pada VGA, semakin dingin juga VGA tersebut, tapi semakin berisik dan semakin menghabiskan ruang.

 

5. Selalu Cek Kompatibilitas VGA dengan Komputer Anda

Sebelum pergi ke toko untuk membeli VGA, sangat-sangat direkomendasikan untuk Anda mengecek kompatibilitas VGA yang ingin Anda beli dengan komputer yang Anda miliki. Salah satunya adalah power supply dan seperti yang sudah disebutkan pada nomor empat yaitu ukuran VGA-nya sendiri.

 

Akhir Kata

Membeli VGA itu tidak semudah yang Anda bayangkan. Apalagi jika pembeli tersebut adalah mereka yang masih awam dengan yang namanya komputer. Tips di atas penulis buat dengan tujuan untuk membantu Anda yang sedang mencari VGA baru untuk komputer Anda namun bingung apa saja yan harus dilakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli satu jenis VGA. Jika semua poin di atas sudah Anda lakukan dan pertimbangkan. Maka Anda sekarang sudah siap untuk membeli VGA untuk membantu aktivitas Anda sehari-hari. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel