7 Tipe Komentator di Media Sosial, Kamu yang Mana?

17 Dec 2019 09:15 430 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pengguna media sosial silahkan disimak.

Penulis yakin pembaca disini pasti memiliki akun media sosial setidaknya satu. Nah bagi kamu pengguna media sosial, pasti sering dong berkomentar di sebuah postingan. Baik itu postingan artis favorit, postingan teman atau bahkan sampai postingan mantan.

Selain teman-teman disini yang komentar, pasti ada juga orang lain yang turut berkomentar di postingan tersebut. Nah dari banyak komentar yang ada pada postingan tersebut, apakah teman-teman disini pernah penasaran atau sampai mengklasifikasikan jenis-jenis “komentator” yang ada di media sosial?

Di waktu kosong penulis sambil cuci mata di media sosial, penulis terkadang menemukan sebuah berita viral yang ketika dilihat, malah lebih menarik komentarnya dibandingkan dengan isi beritanya. Disitu juga penulis mulai mengetahui karakteristik komentator-komentator yang ada di media sosial dimana penulis membaginya ke dalam 7 kategori.

 

1. Tukang Sanggah

Jika ada sebuah postingan yang isinya berita tentang mendukung sesuatu, pasti ada saja yang komentar di kolom postingan tersebut yang isinya adalah menentang dukungan tersebut. Jenis komentator seperti itu biasanya penulis sebut “Tukang Sanggah” karena komentar-komentarnya biasanya memang selalu menyanggah sesuatu apapun topik dari postingan tersebut.

 

2. Tukang Ceramah

Adalah jenis komentator lain yang biasanya bersifat netral dalam berkomentar. Namun dalam komentar yang dituliskan oleh si Tukang Ceramah ini biasanya berisi nasehat-nasehat atau saran-saran bagi siapapun yang ditargetnya. Salah satu ciri tukang ceramah itu kalau menulis komentar biasanya panjang-panjang.

 

3. Sang Pelindung

Sang pelindung pada konteks yang dimaksud adalah mereka para komentator yang biasanya punya jiwa keadilan yang tinggi. Ciri-ciri komentar sang pelindung ini biasanya berisi kata-kata atau kalimat-kalimat yang protektif terhadap suatu pihak. Kebanyakan sih tipe-tipe komentator seperti ini muncul ketika ada seseorang ataupun satu pihak yang di bully di kolom komentar.

 

4. Komentator Ngaler Ngidul

Adalah jenis komentator yang biasanya ikut berkomentar di suatu postingan dengan isi komentar-komentarnya yang tidak jelas. Tidak jelas disini maksudnya adalah komentar yang dituliskannya itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan apa yang diposting dan isi dari komentar postingan tersebut. Entah itu mungkin komentarnya salah posting, atau memang orang yang berkomentarnya memang sedang linglung.

 

4. Sang Haters

Waktu pemilihan presiden untuk masa jabatan 2019 – 2024 yang lalu, kolom komentar postingan politik selalu dirusuhi oleh komentar-komentar yang saling menjatuhkan kedua kubu. Nah mereka yang melayangkan komentar-komentar menjatuhkan kepada kubu lain itulah yang penulis sebut sebagai “Sang Haters” dimana komentar-komentarnya biasanya ungkapan kebencian ataupun fitnah yang tidak sejalan dengan kepribadian bangsa Indonesia.

 

5. Si Sok Tahu

Adalah jenis komentator yang hampir sering ditemukan di berbagai postingan di media sosial. Jenis komentator ini biasanya muncul di berbagai postingan khususnya jika ada postingan yang sifatnya adalah pertanyaan. Isi komentar dari “Si Sok Tahu” ini biasanya berisi tentang informasi yang melebih-lebihkan dari informasi aslinya, entah informasi itu merupakan improvisasi atau mungkin memang fakta yang jarang diketahui.

 

6. Tukang “Nitip Sendal”

Adalah mereka tipe komentator yang biasanya hadir hanya sebagai pemantau saja. Kata-kata “nitip sendal” atau “nitip jejak” sendiri ditulis oleh para komentator tersebut agar ketika ada komentar baru di postingan tersebut, sang pemantau bisa langsung meluncur ke TKP untuk memantau keadaan. Tapi tidak menutup kemungkinan mereka yang asalnya jadi tukang pantau juga bergabung dalam diskusi di kolom komentar.

 

7. Polisi Grammar

Untuk yang satu ini sih lebih sering penulis temukan di postingan-postingan media sosial berbahasa Inggris. Komentator-komentator seperti ini umumnya adalah mereka yang tidak suka melihat orang salah mengucapkan sesuatu dalam bahasanya. Atau bisa jadi juga tipe komentator seperti ini adalah tipe yang suka mengubah topik pembicaraan dikarenakan kalah berdebat dalam suatu diskusi di kolom komentar.

 

Akhir Kata

Itulah 7 tipe komentator yang biasa ditemukan di media sosial menurut penulis. Nah, dari ketujuh tipe komentator di atas, mana yang menurut kamu adalah tipe komentator yang mirip sekali dengan kamu? –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel