Kerajinan Tangan Menarik khas Baduy yang Perlu Anda Ketahui

17 Dec 2019 18:05 308 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kerajinan tangan khas Baduy terbuat dari alam yang ada disekitar hingga menciptakan kearifan budaya lokal yang inovatif

Ketika berkunjung ke wilayah suku Baduy yang menetap dikawasan pegunungan kenekes wisatawan akan disuguhi seni, budaya hingga kerajinan tangan khas Baduy. Masyarakat Suku baduy yang hidup dipedalaman yang terisolasi serta menutup diri dari dunia luar pada dasarnya merupakan kelompok masyarakat yang memiliki daya kreatifitas tinggi dan inovatif  dengan kearifan budaya lokal yang dimilikinya mampu menciptakan aneka kerajinan tangan dengan bahan dasar alam bernilai ekonomi tinggi.

Suku Baduy yang hidup berpadu dengan alam dan adat istiadat mampu menjaga alam dan menciptakan kearifan lokal yang demikian kreatif mengolah pepohonan dari akar pohon sampai buahnya menjadi aneka kerajinan tangan khas Baduy. Kain tenun produksi masyarakat Baduy berbahan dasar dari alam berasal dari hasil hutan ulayat adat dan alat tenun pun menggunakan kayu pilihan yang dibentuk demikian rupa sehingga membentuk alat tenun sederhana hasil tenun yang dibuat suku baduy berkualitas tidak kalah dengan kain tenun daerah lainnya yang didominasi warna biru dan hitam sebagai lambang kecintaan terhadap alam.

Pengrajin tenun Baduy jumlahnya mencapai 60 pengrajin dan latar belakang warna tenun baduy yang unik mendorong pemerintah setempat untuk mempantenkan kain tenun baduy mengingat nilai seni tenun ini sangat tinggi. Kerajinan tangan khas baduy menarik lainnya yaitu tas koja yang terbuat dari akar serat teureup pilihan yang berfungsi anti kaligata kemudian diproses demikian rupa sehingga membentuk anyaman tas koja yang unik.Selain serat teureup dimanfaatkan untuk tas juga dikembangkan menjadi aneka anyaman aneka gelang yang unik ,gelang tasbis,gelang polos,anting-anting, aneka kalung,ikat pinggang,topi,tompet dan aneka anyaman menarik khas Baduy.

Kerajinan tangan baduy selain anyaman juga dijumpai aneka kerajinan terbuat dari tempurung kelapa pilihan yang dibentuk sedemikian rupa membentuk kerajinan gantungan kunci,kalung, rumah baduy mini,aneka miniatur dari tempurung kelapa seperti:perangkat perabot rumah tangga cangkir, mangkok kemudian aneka kendaraan helikopter, balap motor dan ,vas bunga,asbak dan sejumlah miniatur lainnya. Kerajinan tangan dikawasan baduy dewasa ini maju pesat terlebih setelah pemerintah Banten terus berupaya mengadakan pelatihan-pelatihan serta pembinaan secara intensif terhadap puluhan pengrajin dikawasan ini sehingga memiliki pasaran sendiri dan mampu mengangkat ekonomi masyarakat baduy.Selain pelatihan terhadap puluhan pengrajin baduy pemerintah juga memperkenal produk kerajinan baduy dalam setiap pameran UKM yang digelar pada event tertentu diwilayah Banten.

Pameran yang digelar tersebut produk kerajinan baduy ternyata sangat diminati masyarakat terlihat produk kerajinan baduy selalu habis diborong oleh masyarakat.Kerajinan baduy yang umumnya berasal kekayaan alam sekitarnya memiliki nilai seni dan ekonomi yang cukup tinggi,walaupun pola pengerjaannya dengan cara tradisional tetapi dilihat dari segi kualitas tidak kalah dengan hasil pabrik.Kerajinan baduy memiliki prospek yang cukup menjanjikan bagi pembangunan usaha industri kecil dimasa mendatang dan sudah sewajarnya perlu mendapat perhatian dari pemerintah .

Tags

About The Author

Suryatiningsih 35
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel