5 Solusi untuk Badan Anda yang Berkeringat Melebihi Batas Wajar

3 Dec 2019 13:11 881 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan biarkan keringat mengganggu aktivitas Anda.

Memasuki musim penghujan, suhu yang panas terutama saat malam hari membuat banyak orang kesulitan untuk tidur. Bahkan ada beberapa orang yang mungkin merasa tidak nyaman dengan tubuhnya dikarenakan keringat yang mengucur tiada henti.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah tersebut, ada setidaknya 5 cara untuk mengatasi badan berkeringat yang diakibatkan oleh suhu yang panas.

 

1. Menggunakan Antiperspirant

Mirip seperti deodorant, Antiperspirant adalah sebuah jenis produk yang mampu memblokir keringat berlebih dan membuat adem ketiak kita. Berbeda dengan ketika menggunakan deodorant yang dapat “menghilangkan” bau ketiak, antiperspirant membuat keringat yang biasanya menetes tanpa henti diblokir oleh zat ini. Sehingga, rasa badan tidak nyaman ketika berkeringat di malam hari pun akan berkurang dan Anda pun bisa tidur dengan nyaman. Intinya, zat antiperspirant ini bisa digunakan kapan saja untuk mengurangi keringat yang muncul akibat suhu yang tinggi.

 

2. Menggunakan Pakaian yang Tipis

Jika Anda merasakan tubuh Anda basah atau lengket karena keringat di malam hari. Mungkin saja salah satu alasannya adalah pakaian Anda yang berbahan kain tebal. Oleh karena itu, untuk Anda yang merasa kepanasan ketika malam hari, ada baiknya Anda membeli dan menggunakan pakaian yang tipis. Atau jika Anda sedang berada di bawah terik matahari, ada baiknya Anda menggunakan pakaian dengan warna cerah seperti warna putih. Karena warna cerah itu kan biasanya dapat merefleksikan sinar matahari yang secara langsung dapat membuat tubuh Anda lebih adem dan mengurangi keringat berlebih.

 

3. Menghindari Makanan-Makanan Tertentu

Jika Anda penasaran kenapa Anda berkeringat padahal cuaca sedang dingin. Mungkin Anda harus lihat dulu apakah Anda baru saja atau sedang memakan makanan yang pedas di hari tersebut atau tidak. Karena perlu diketahui bahwa tubuh manusia bereaksi terhadap rasa pedas sama dengan ketika bereaksi terhadap cuaca yang panas. Atau dengan kata lain, ketika memakan makanan yang pedas maka badan juga akan mengeluarkan keringat berlebih seperti halnya ketika badan sedang berada dikondisi lingkungan yang panas.

Oleh karena itu, untuk menghindari munculnya keringat berlebih, hindarilah makanan-makanan yang pedas.

 

4. Membuat yang Ada di Sekitar Anda Dingin

Berkeringat adalah sebuah cara yang ditempuh oleh tubuh kita untuk mendinginkan suhu tubuh. Artinya, dengan menjaga agar tubuh kita tetap dingin, kita juga akan mengurangi kebutuhan tubuh kita untuk berkeringat.

Contohnya saja ketika suhu ruangan panas, ada baiknya kita menyalakan AC ataupun menyalakan kipas dengan menempatkan sebuah baskom berisi es batu di depan kipas tersebut. Dengan begitu suhu dingin akan menyebar di ruangan tempat kipas tersebut ditempatkan dan badan kita juga akan tetap dingin.

Makan dengan porsi sedikit juga adalah salah satu cara agar badan kita tetap dingin. Karena perlu diketahui, proses metabolisme tubuh itu seperti menghancurkan makanan membutuhkan suhu tubuh. Selain itu juga, pola minum yang teratur akan menjaga tubuh kita tetap dingin.

Tambahan lainnya bagi Anda yang suka menggunakan pelembab untuk kulit, Anda dapat menyimpan pelembab Anda di dalam kulkas agar ketika Anda mengaplikasikan pelembab tersebut pada kulit, ada tambahan sensasi dinginnya.

 

5. Konsultasikan ke Dokter

Berkeringat itu adalah salah satu sifat alami tubuh manusia. Namun ketika keringat tersebut berlebih, mungkin Anda ingin mengonsultasikannya dengan dokter kepercayaan Anda atau dokter spesialis. Karena bisa saja, keringat berlebih yang Anda alami itu merupakan sebuah kelainan yang disebut Hyperhidrosis.

Jika memang benar kondisi tersebut terjadi pada Anda, dokter biasanya akan memberikan beberapa solusi seperti pemberian resep antipersiprant yang punya efek lebih tinggi dibandingkan antipersiprant biasa, obat-obatan, hingga suntikan yang dapat memblokir saraf yang biasanya menyebabkan keringat. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel