5 Cara ini Dapat Menumbuhkan Motivasi dan Kecintaan Terhadap Bahasa Inggris

28 Nov 2019 06:05 298 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Karena sebelum belajar, harus ada kecintaan dulu terhadap apa yang dipelajari.

Di zaman atau era globalisasi sekarang ini, bahasa Inggris yang juga menjadi bahasa internasional itu adalah sebuah bahasa yang hampir semua orang wajib menguasainya. Terutama mereka yang setiap harinya selalu menggunakan bahasa Inggris di dalam kegiatan atau pekerjaannya.

Belajar bahasa Inggris itu tidak harus mulai langsung dari basic atau dasarnya. Karena kalau seseorang dipaksakan untuk belajar tapi orang tersebut tidak menyukai bahasa Inggris, bisa-bisa effort atau usaha yang dilakukan oleh sang pengajar menjadi sia-sia. Bahkan sampai orang yang belajar juga akan sulit untuk menyerap apa yang dipelajarinya.

Oleh karena itu, belajar bahasa Inggris tidak perlu belajar langsung dari sumber-sumber formal. Coba cintai dulu bahasa Inggris dengan melakukan 5 hal berikut ini.

 

1. Anda Suka Nonton Film? Coba Tonton Film Berbahasa Inggris

Keinginan belajar bahasa Inggris yang pertama bisa didorong atau dimotivasi lewat film. Contohnya saja Anda adalah seseorang yang suka film Marvel, maka biasanya Anda secara tidak langsung akan menyukai bahasa Inggris yang menjadi bahasa utama dari film yang disukai.

Kesukaan ini sendiri bisa dilihat dari mulai aktifnya Anda menggunakan bahasa Inggris baik dalam media sosial, ataupun kesehariannya secara langsung.

 

2. Anda Suka Mendengarkan Musik? Coba Dengarkan Lagu-Lagu Populer Berbahasa Inggris

Di Youtube, Spotify atau di platform-platform musik lainnya, ada banyak lagu berbahasa Inggris yang di telinga puluhan juta pendengar itu merupakan lagu yang enak didengar. Jika Anda suka menyanyi dan mendengarkan musik, Anda bisa memulai memotivasi belajar bahasa Inggris dari situ.

Pengalaman yang sudah-sudah, mereka para penikmat lagu barat biasanya akan mencari lirik lagu yang dinikmatinya kemudian dinyanyikan kembali. Berawal dari situlah muncul kecintaan terhadap bahasa Inggris lewat lagu.

 

3. Anda Suka Bermain Game? Coba Ikuti Cerita pada Game RPG

Bagi Anda yang suka bermain game RPG berbahasa Inggris, motivasi belajar bahasa Inggris bisa dimulai dari sini. Yaitu ketika mendengarkan atau membaca cerita serta percakapan yang ada pada game tersebut, secara tidak langsung Anda akan menyerap apa yang tertulis atau yang diucapkan pada game tersebut.

Jika Anda tidak tahu artinya, Anda mungkin saja akan mulai membuka-buka kamus sambil mengartikan apa yang tertulis atau terdengar dari game yang sedang Anda mainkan tersebut.

 

4. Anda Suka Bersosialisasi? Coba Main ke Language Center di Kota Anda

Kenapa harus ke Language Center? Karena biasanya, di tempat-tempat seperti itu terdapat banyak orang asing atau yang biasa kita sebut bule berkeliaran. Di tempat itu, Anda akan dapat menambah teman serta belajar bahasa Inggris secara verbal.

Kalau Anda beruntung, Anda mungkin bisa menemukan jodoh hidup Anda yang bisa sekaligus menjadi guru privat bahasa Inggris Anda. Kalau kata pepatah itu, “Sambil menyelam minum air”.

 

5. Anda Suka Bekerja? Coba jadi Tour Guide

Bagi Anda yang suka bekerja apapun pekerjaannya, mungkin Anda bisa coba untuk menjadi seorang tour guide. Lowongan ini biasanya banyak tersedia di tempat-tempat yang dikunjungi turis asing seperti Bali. Dengan tuntutan pekerjaan menuntun para turis asing dalam wisatanya, Anda secara tidak langsung dan mau tidak mau harus belajar bahasa Inggris dan bahasa-bahasa native para turis tersebut.

Jadi selain bahasa Inggris, Anda juga akan dapat belajar bahasa lainnya seperti mandarin, Jepang, Korea, Thailand dan bahasa-bahasa lainnya.

 

Akhir Kata

Itulah 5 cara memunculkan kecintaan terhadap bahasa Inggris bagi Anda yang hingga saat ini masih kesulitan untuk belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel