5 Bot Mantap Rekomendasi untuk Server Discord

26 Nov 2019 19:25 4345 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah pernah pakai yang mana?

Di era serba terhubung ke internet, banyak hal yang mengalami transisi atau peralihan seperti belanja yang asalnya selalu harus melangkahkan kaki ke luar, kini dapat dilakukan dengan hanya memainkan jari di layar smartphone.

Kemudian ada juga kursus yang biasanya harus pergi langsung ke tempat kursus, kini ada alternatif bagi yang malas dan ingin privasinya lebih terjaga, yaitu dengan bimbingan atau kursus secara online menggunakan video call.

Tidak sebatas itu saja, cara orang-orang berkumpul atau berkomunitas pun sekarang ini mengalami peralihan dan perubahan. Yaitu dari yang asalnya komunitas itu terbentuk secara offline, kini bisa ditemukan secara online seperti komunitas yang bisa Anda bentuk sendiri pada sebuah aplikasi bernama Discord.

Bagi Anda yang belum tahu, Discord adalah sebuah aplikasi yang pertama kali didesain untuk mewadahi komunitas-komunitas yang ada di luar sana, khususnya komunitas-komunitas game. Dengan menggunakan Discord, Anda dan teman-teman satu komunitas Anda dapat saling berkomunikasi lewat pesan tertulis, lewat suara bahkan lewat video.

Discord sendiri bisa dijalankan pada platform Android, iOS, Linux dan Windows.

Berbicara soal Discord, salah satu fitur unggulan yang ada pada Discord dan biasanya digunakan sebagai asisten untuk mengurus sebuah server Discord adalah “Bot”. Bot sendiri adalah sebuah kecerdasan buatan yang bisa Anda gunakan sebagai pemilik server Discord tertentu untuk melakukan banyak hal pada server tersebut, baik itu menghibur, mengatur, atau menghukum para penghuni suatu server Discord.

Yang pasti, dengan keberadaan bot, sebuah server Discord akan memiliki warna tersendiri tergantung apa yang diinginkan si pemilik server Discord tersebut.

Ada setidaknya 5 bot yang penulis rekomendasikan untuk server Discord milik Anda:

 

1. Groovy

Adalah sebuah pendatang baru di Discord kategori musik. Menggunakan Groovy sendiri sangatlah mudah. Dengan fiturnya yang sederhana, seorang penghuni Discord akan dapat melakukan listing lagu-lagu favorit dari berbagai sumber di internet. Selain itu juga bot ini dapat mencarikan Anda lirik lagu dari lagu yang sedang Anda dengarkan.

 

2. MEE6

Adalah salah satu bot favorit penulis. Dengan memasang MEE6 pada server Discord milik Anda, bot ini akan dapat membantu Anda menjadi satpam server Discord milik Anda.

Contohnya saja ketika ada spam yang berlebih, bot ini akan membantu Anda dengan menghukum si pelaku spam pada server tersebut. MEE6 ini bertipe custom; artinya Anda bisa melakukan banyak hal dengan bot ini termasuk memasukkan perintah-perintah tertentu.

Oh iya, satu lagi, MEE6 juga memiliki sebuah fitur leveling dimana penghuni sebuah server Discord bisa naik levelnya tergantung seberapa aktif mereka di server tersebut.

 

3. RED

Adalah sebuah bot yang benar-benar customizable. Tidak seperti bot-bot kebanyakan yang masih punya batasan-batasan tertentu dalam pengaturannya.

Salah satu kelebihan dari bot ini yang penulis suka adalah fitur dari bot ini bisa Anda tambah sesuka hati menggunakan plugin yang dibuat menggunakan Python.

 

4. Dyno

Bagi yang sudah menjadi penghuni server Discord dalam waktu yang lama, pastinya nama bot yang satu ini sudah tidak asing lagi. Dyno digunakan di lebih 1.6 juta server Discord karena beberapa kelebihannya dimana salah satunya mirip dengan nomor tiga di atas yaitu customizable tanpa batas.

Bedanya dengan RED, Anda tidak perluh punya server sendiri untuk memasang Dyno, karena semuanya sudah di-hosting oleh pihak Dyno sendiri.

Salah satu kelebihan Dyno yang penulis suka adalah fitur pembuatan Role atau Rank dimana sebagai pemilik server Discord, Anda akan dapat mengatur gelar atau peringkat dari seorang penghuni. Selain itu juga Dyno, punya fitur DJ yang dapat memutar lagu sesuai playlist masing-masing.

 

5. Tatsumaki

Adalah sebuah bot yang katanya sih bisa meningkatkan aktivitas di dalam sebuah server Discord dengan berbagai fiturnya yang memang membuat para penghuni sebuah server menjadi aktif.

Penulis sendiri baru lihat dan belum mencobanya secara langsung. Tapi sekilas melihatnya, Tatsumaki ini punya beberapa fitur unggulan seperti fitur level yang experience-nya mengambil dari aktivitas pengguna atau penghuni sebuah server Discord yang ada Tatsumaki tentunya.

 

Penutup

Itulah 5 bot unggul rekomendasi untuk server Discord Anda. Bot favorit Anda yang mana nih? Atau malah belum ada bot sama sekali di server Discordnya? –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel