4 Cara Alternatif Membuka Task Manager Selain Menggunakan CTRL+ALT+Del

26 Nov 2019 18:25 188 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Butuh untuk situasi dan kondisi tertentu.

Mau Windows versi apapun yang Anda gunakan saat ini, sebuah fitur Windows bernama “Task Manager” adalah sebuah fitur yang hingga saat ini dianggap sangat penting dan banyak digunakan oleh mereka yang memang mengerti akan komputer.

Fungsi dari Task Manager sendiri memungkinkan Anda untuk menghentikan program atau aplikasi yang error dengan cepat, memulai task baru, memonitor performa dan aktivitas dari sistem pada komputer Anda, memperlihatkan detil process yang sedang berjalan, dan masih banyak lagi. Intinya, Task Manager itu penting bagi Anda yang ingin memanfaatkan potensi pada komputer Anda secara penuh.

Membuka task manager itu sangat mudah, yaitu yang sudah biasa diketahui orang banyak adalah dengan menekan CTRL+ALT+Del secara bersamaan. Tapi sayangnya, terkadang cara tersebut tidak selalu berhasil digunakan untuk membuka Task Manager. Contoh saja ketika Anda menggunakan Virtual Keyboard atau ketika salah satu tombol untuk membuka Task Manager tersebut rusak.

Namun jangan khawatir, karena walaupun Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda tidak dapat membuka Task Manager menggunakan cara di atas, ada setidaknya 4 cara untuk membuka Task Manager alternatif selain menggunakan shortcut CTRL+ALT+Del.

 

1. Membuka Task Manager Lewat Taskbar

Anda tahu taskbar? Kalau belum tahu, silahkan lihat gambar di bawah ini. Itulah taskbar!

Untuk membuka Task Manager via Taskbar satu hal yang harus Anda lakukan adalah menyorot pointer mouse Anda ke bagian taskbar manapun kemudian tekan klik kanan sekali sampai sebuah jendela muncul dan pilih “Task Manager” dengan cara mengklik kiri untuk membuka menu tersebut.

 

2. Membuka Task Manager Menggunakan Command Prompt

Untuk membuka jendela Command Prompt, yang pertama harus Anda lakukan hanyalah mencarinya di start menu. Atau kalau ingin lebih mudahnya tinggal ketik kata kunci “CMD” di pencarian menu start. Setelah muncul menu CMD ataupun Command Prompt, klik kanan menu tersebut dan pilih “Open as Admin” atau tulisan yang ada Adminnya agar selanjutnya sebuah jendela hitam yaitu Command Prompt terbuka. Untuk membuka Task Manager, satu hal yang harus Anda lakukan adalah mengetik “Taskmgr” tanpa tanda kutip pada jendela hitam tersebut, kemudian dilanjutkan dengan menekan ENTER.

 

3. Membuka Task Manager Menggunakan “Run”

Cara kedua sebelum terakhir yang dapat Anda lakukan untuk membuka Task Manager adalah dengan menggunakan “Run”. Anda bisa mencari menu tersebut pada start menu, atau bisa juga membukanya langsung dengan menekan tombol Win+R.

Setelah jendela “Run” terbuka, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah mengetik “Taskmgr” tanpa tanda kutip dilanjutkan dengan menekan ENTER.

 

4. Membuka Task Manager Lewat File Explorer

Cara terakhir ini tidak begitu direkomendasikan karena Anda harus membuka folder System32 yang menurut penulis folder tersebut harusnya tidak boleh diganggu. Jadi, gunakanlah cara ini jika tidak ada cara lain untuk membuka Task Manager pada komputer Anda.

Caranya adalah dengan membuka File atau Windows Explorer (Win+E). Kemudian dilanjutkan dengan pergi ke partisi tempat Anda memasang Windows (biasanya di C:). Setelah masuk folder Windows, cari juga folder System32 kemudian dilanjutkan dengan mencari sebuah file bernama “Taskmgr.exe” ataupun hanya Taskmgr saja.

Klik dua kali file tersebut dan Task Manager pun seharusnya sekarang sudah terbuka.

 

Penutup

Itulah 4 cara alternatif membuka Task Manager pada komputer dengan sistem operasi Windows versi berapapun. Semoga cara ini bermanfaat dikala Anda dihadapkan dengan situasi atau kondisi dimana Anda tidak bisa membuka Task Manager dengan menekan CTRL+ALT+Del. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel