Sisi Gelap pada Mode Gelap Smartphone

22 Nov 2019 11:26 136 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pengguna dark mode pada smartphone atau tablet wajib baca ini!

Saat ini sedang ramai bahwa di iOS 13 dan di Android 10 muncul sebuah mode yang di sebut mode gelap atau yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi “dark mode”. baik di smartphone, ataupun tablet terbaru, sebagian besar orang sudah menikmati mode yang membuat tampilan layar smartphone menjadi lebih elegan serta meningkatkan efisiensi atau daya tahan baterai, khususnya pada layar bertipe AMOLED.

Sejauh ini, mungkin hanya keuntungan-keuntungan dalam menggunakan mode gelap saja yang sudah umum diketahui oleh orang banyak. Sedangkan di luar sana, sebetulnya ada dampak negatif penggunaan mode gelap ini, terutama bagi penggunanya.

Setidaknya ada 2 dampak negatif dark mode pada penggunanya yang akan diulas di bawah ini.

 

1. Mengurangi Daya Membaca Seseorang

Sebuah pernyataan hasil riset dari Adam Engst menyatakan bahwa mode gelap itu sebenarnya tidak cocok untuk dilihat mata, khususnya ketika membaca tulisan berwarna putih dengan latar berwarna gelap. Karena mata dan otak manusia itu secara umum lebih memilih tulisan berwarna hitam pada latar berwarna putih atau cerah.

Dengan menggunakan dark mode, Adam Engst berpendapat bahwa hal tersebut akan mengurangi produktivitas seseorang, khususnya ketika membaca.

 

2. Tidak Baik untuk Penderita Astigmatism

Menurut sebuah hasil penelitian dari Jason Harrison, yaitu seorang alumnus dari University of British Columbia di Kanada menyatakan bahwa orang penderita astigmatism atau yang lebih dikenal dengan “mata silinder” di Indonesia itu sekitar 50 persennya mengalami kesulitan dalam membaca tulisan berwarna putih terang pada sebuah latar berwarna hitam gelap dibandingkan ketika mereka membaca tulisan berwarna hitam gelap pada sebuah latar berwarna putih terang.

Sebagian alasannya ada pada intensitas cahaya, dimana pada pencahayaan yang tinggi (contoh: latar berwarna putih) iris mata akan mengecil sehingga fokus akan meningkat. Sedangkan ketika pencahayaan rendah (contoh: latar layar berwarna hitam), iris mata akan lebih terbuka dikarenakan mencari cahaya lebih dan itu membuat fokus dari mata kita lebih berkurang.

 

Jika dilihat dari kedua dampak tersebut, bisa dilihat jelas bahwa keuntungan dari penggunaan dark mode itu lebih banyak dibandingkan kerugiannya. Tapi tidak selalu seperti itu, ada juga mereka yang memang menderita mata silinder parah tidak direkomendasikan untuk menggunakan mode gelap ini pada perangkat smartphone ataupun tabletnya.

Atau bagi mereka juga yang memiliki smartphone berlayar IPS atau jenis layar yang non AMOLED ataupun OLED, tidak perlu menggunakan mode gelap untuk menghemat baterai karena memang mode gelap tidak bisa menghemat baterai pada smartphone selain layar berjenis OLED ataupun AMOLED.

 

Win-Win Solution Penggunaan Dark Mode

Walaupun mode gelap memiliki sisi gelapnya sendiri, ternyata ada solusi terbaik bagi Anda yang ingin tetap menggunakan mode ini pada perangkat kesayangan Anda. Yaitu dengan menggunakannya pada malam hari dimana mode gelap itu sangat ramah terhadap mata pada kondisi ruangan dengan pencahayaan yang rendah.

Untuk pengguna iOS sendiri, mode terang dan gelap bisa diatur sedemikian rupa lewat system Preferences > General sehingga pada siang hingga sore hari mode yang digunakan pada perangkat adalah mode terang, sedangkan malam hingga pagi hari mode yang digunakan adalah mode gelap. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel