Masih Menggunakan Handle Pintu dengan Kunci Fisik? Sudah Tidak Zaman!

19 Nov 2019 12:30 480 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Empat alasan untuk beralih menggunakan handle pintu smart lock.

Pada artikel kali ini, penulis ingin berbagi pengalaman soal handle pintu. Handle pintu yang dimaksud bukanlah handle pintu biasa saja yang bisa Anda temukan di toko material kesayangan Anda. Melainkan handle pintu yang futuristik yaitu sebuah handle pintu yang dapat kita buka cukup dengan mendekatkan smartphone kita ataupun kartu seperti e-KTP ataupun emoney ke pemindai kecil yang ada pada pintu tersebut.

Jenis handle pintu seperti ini yang biasa juga disebut dengan smart lock memiliki harga yang cukup mahal, bahkan belasan kali lipat dari handle pintu biasa yang menggunakan kunci. Tapi jujur saja, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan handle pintu bertipe smart lock ini untuk properti kita. Terutama, bagi yang rumahnya sering ditinggal tapi rumah sering dikunjungi kerabat atau saudara.

Tanpa panjang lebar lagi, inilah 5 alasan kenapa Anda harus memilih smart lock ketimbang handle pintu biasa walaupun dari segi harga itu selisihnya sampai belasan kali lipat.

 

1 Tidak Perlu Ribet Bawa Kunci

Kunci adalah salah satu barang yang pastinya ada di saku, tas, ataupun dompet kita ketika kita keluar rumah. Terus terang, membawa kunci kemana-mana itu sedikit ribet; dan bagi penulis pribadi, kunci itu biasanya menjadi biang saku bolong ataupun goresan-goresan halus pada gadget penulis.

Namun dengan menggunakan smart lock seperti ini, Anda hanya perlu smartphone, e-KTP, emoney ataupun kartu-kartu yang menggunakan security chip didalamnya. Jadi ketika Anda ingin membuka kunci rumah yang menggunakan smart lock ini Anda tidak perlu ribet mencari kunci di kantong Anda. Cukup dekatkan smartphone atau kartu yang memiliki chip keamanan ke sensor yang terdapat pada handle smart lock tersebut.

 

2 Bisa Mengetahui Siapa yang Keluar Masuk Rumah

Mungkin tidak perlu sebuah handle pintu futuristik (baca:smart lock) untuk sebuah rumah mendata orang yang keluar masuk rumah kita. Bisa kita tugaskan pembantu atau satpam di rumah kita, atau bisa juga kita memasang CCTV.

Eits yang berpikiran seperti itu, tunggu dulu! Memang sih cara di atas itu memungkinkan kita untuk mendata siapa yang keluar masuk rumah kita. Tapi bedanya, dengan menggunakan smart lock ini Anda akan lebih dapat melihat secara spesifik tamu yang datang ke rumah Anda, baik itu guest, yaitu tamu yang dikategorikan sebagai mereka yang tidak memiliki hak akses ke rumah Anda, atau kategori keluarga yang Anda berikan hak akses masuk ke rumah Anda.

 

3 Sharing Kunci tanpa Harus Duplikat

Seperti yang sudah ditulis di atas, smart lock itu kuncinya bisa menggunakan smartphone ataupun kartu sejenis kartu kredit yang memang sudah diselipkan security chip didalamnya. Dengan menjadikan benda-benda tersebut sebagai media pengganti kunci fisik, Anda akan bisa membagikan hak akses masuk rumah tersebut dengan mudah menggunakan smartphone Anda. Contohnya saja smartphone miliki suami atau istri Anda atau mungkin kartu kreditnya dimasukkan kategori keluarga dan diberikan hak akses untuk membuka kunci pintu. Maka secara otomatis smartphone atau kartu kredit tersebut memiliki fungsi tambahan yakni sebagai kunci pembuka pintu.

Fungsi ini juga sangat berguna ketika kita sedang berada di luar rumah ketika orang yang kita kenal ingin mengantarkan sesuatu tapi tidak ada orang di rumah. Maka kita bisa berikan orang tersebut hak akses agar bisa mengantarkan barang yang dimaksud. Setelah itu, Anda bisa kembali menarik hak aksesnya lagi.

 

4 Keamanan Tingkat Tinggi

Ok, untuk yang satu ini mungkin ada yang berpikiran bahwa tingkat keamanan antara handle pintu bisa dengan smart lock itu sama karena sama-sama menggunakan sistem penguncian ke kusen pintu. Namun pendapat atau pemikiran tersebut salah besar, karena pada smart lock itu, jika ada seseorang yang mencoba masuk secara paksa, akan ada notifikasi ke smartphone kita. Bahkan jika menggunakan merek-merek tertentu, ada fitur mengirimkan gambar atau video singkat ke smartphone kita lewat email. Selain itu juga, biasanya smart lock pintu juga dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi keras ketika pintu dibuka dengan paksa.

 

 

Ya, itulah empat alasan kenapa rumah atau properti kita wajib beralih menggunakan smart lock. Karena selain tingkat keamanannya yang berlapis, penggunaannya yang praktis juga menjadi alasan yang tepat untuk segera beralih ke teknologi yang memang sudah ada cukup lama ini. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel