Realme X2 Pro, Smartphone "Pembunuh" di Akhir Tahun

18 Nov 2019 19:05 886 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Realme siap menghancurkan Kompetitor di festival belanja akhir tahun.

Belakangan ini, di ekosistem tech enthusiast dan tech reviewer Indonesia, sudah mulai muncul sebuah smartphone yang kabarnya akan menjadi sebuah smartphone dengan chipset Snapdragon 855+ paling murah pertama di Indonesia.

Nama smartphone tersebut adalah Realme X2 Pro.

Setelah selama ini melancarkan serangan bertubi-tubi kepada para kompetitornya termasuk Xiaomi, kini Realme kembali akan menggoyang pasaran smartphone Indonesia dengan kehadiran Realme X2 Pro yang kabarnya sih smartphone ini akan menjadi smartphone flagship termurah dengan chipset tercanggih tahun 2019 dari Qualcomm.

Smartphone Realme X2 Pro ini dipastikan akan bisa membuat panas vendor smartphone lain di Indonesia dikarenakan selain menggunakan chipset flagship terbaik di tahun 2019, smartphone ini juga sudah mengusung kamera 64MP seperti halnya pada Realme XT.

 

Desain

Secara desain, Realme X2 Pro ini memiliki bahasa desain yang mirip dengan Realme XT. Dikatakan mirip karena memang tidak serupa sepenuhnya. Seperti pada bagian depannya ini yang masih menggunakan layar dengan notch bertipe water drop sama seperti desain pada Realme XT.

Yang membedakannya mungkin adalah desain pada bagian belakang smartphone ini dimana penempatan kameranya itu centered serta adanya nametag “Realme” yang menurut penulis sih agak sedikit norak.

Kemudian dari frame yang digunakan juga, Realme X2 Pro ini sudah menggunakan frame berbahan metal; berbeda dengan Realme XT yang masih menggunakan frame plastik.

 

Layar

Seperti halnya Realme XT, Realme X2 Pro yang juga merupakan bagian dari keluarga Realme seri X ini menggunakan layar Super AMOLED berukuran 6.5 inch dan memiliki resolusi FHD+ (1080 x 2400 pixels) yang tentunya dibalut oleh gorilla glass 5.

Yang membedakannya dengan layar Super AMOLED Realme X2 Pro dengan layar Super AMOLED pada Realme XT adalah layar pada Realme X2 Pro itu sudah 90Hz; atau dengan kata lain, layar pada Realme X2 Pro ini menawarkan user experience yang lebih smooth ketika pengguna sedang menggunakan smartphone.

 

Chipset

Seperti yang sudah dinyatakan di atas, smartphone Realme X2 Pro ini sudah menggunakan chipset yang biasa kita temukan pada smartphone gaming flagship yaitu chipset Snapdragon 855+ yang secara performa berada di atas Snapdragon 855 biasa.

Dengan kata lain, Anda yang punya smartphone ini bisa dipastikan dapat melakukan multitasking ataupun bermain berbagai game berat saat ini dengan “santuy” tanpa takut adanya frame drop, stuttering ataupun lagging yang tidak disebabkan oleh koneksi internet.

 

Kamera

Dari kamera depan sendiri tidak ada yang membedakan antara kamera pada Realme X2 Pro dengan Realme XT. Keduanya menggunakan kamera 16MP.

Sedangkan pada kamera belakang, susunan kameranya sebagian masih sama yaitu menggunakan empat buah kamera dengan susunan kamera 64 MP, 13MP, 8MP dan 2MP. Ada yang berbeda?

Mungkin sebagian orang mengira kamera belakang yang digunakan pada Realme X2 Pro ini sama dengan yang disematkan pada Realme XT. Dugaan tersebut bisa dibilang benar, dan bisa juga dibilang salah. Karena memang pada Realme X2 Pro ini kamera 64MP dan 2MP nya sama. Tapi pada kamera 13MP telephoto dan 8MP ultrawide itu pada Realme XT adalah kamera 8MP ultrawide dan kamera 2MP macro shoot.

Bisa dibilang, perbedaannya adalah penggantian kamera macro dengan kamera ultrawide, sedangkan posisi kamera ultrawide digantikan kamera telephoto. Singkatnya, pada Realme X2 Pro ini tidak ada lensa macro.

 

Memori dan RAM

Versi termurah sekaligus versi terendah dari Realme X2 Pro memiliki RAM 6GB dan memori internal 64GB. Sayangnya, menurut bocoran dari pihak Realme sendiri, versi dengan harga 5.5 jutaan tersebut tidak masuk ke Indonesia. Yang nantinya masuk ke Indonesia sendiri adalah versi RAM 12GB dengan memori penyimpanan 256GB.

Kabar lain mengenai harga dari versi tertinggi Realme sendiri di China adalah sekitar 6 jutaan, atau tidak lebih dari 7 juta. Sehingga besar kemungkinan bahwa Realme X2 Pro dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB akan dijual dengan harga tidak jauh dari harga di China.

 

Baterai

Berbicara soal baterai, Realme X2 Pro ini menggunakan baterai dengan kapasitas yang sama dengan baterai pada Realme XT.

“kalau sama tidak perlu dibahas dong?”

Tidak begitu juga sih; walau memang kapasitasnya sama, baterai pada Realme X2 Pro ini sudah didukung dengan pengisian daya kilat Super VOOC Flash Charge yaitu pengisian 50 watt yang biasanya memang hanya ditemukan pada smartphone kelas flagship atau kelas menengah ke atas.

 

Fitur

Yang mungkin dibahas terakhir pada artikel ini adalah soal fitur-fitur pada Realme X2 Pro. Yang pertama mungkin adalah NFC. Tidak seperti pada Realme XT yang tidak ada NFC nya, pada Realme X2 Pro ini sudah tertanam NFC.

Fitur kedua adalah Stereo Speakers dengan dua dedicated amplifiers sehingga suara yang dihasilkan dari Realme X2 Pro ini akan jauh lebih enak didengar.

Fitur ketiga yang juga adalah kekurangan adalah dual nano-SIM yang tidak bisa disisipkan MicroSD card. Tidak seperti saudaranya yang masih mendukung microSD card dengan dedicated slot.

Sensor-sensor seperti gyroscope, accelerometer, proximity, compass dan fitur keamanan in-display fingerprint scanner sudah ada pada Realme X2  Pro.

 

Mungkin segitu saja ya ulasan dan sedikit opini singkat mengenai Realme X2 Pro yang kabarnya akan dirilis di Indonesia pada tanggal 27 November 2019 mendatang. Bagi yang berminat untuk meminang smartphone ini, harap mulai menabung dari sekarang karena menurut penulis smartphone ini adalah smartphone yang paling worthed for the money di penghujung tahun 2019 ini. –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel