5 Prediksi Bisnis yang akan Booming di Tahun 2020 ke Depan

12 Nov 2019 19:15 843 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Belum pasti terjadi, tapi mungkin sudah ada yang antisipasi.

Jika Anda adalah seseorang yang sedang mencari peluang bisnis saat ini, maka Anda sedang berada di artikel yang tepat karena pada kesempatan kali ini, penulis ingin mencoba berbagi prediksi tentang apa saja peluang bisnis yang dirasa akan booming di tahun 2020 ke depan.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, disini penulis ingin menjelaskan bahwa prediksi yang dituliskan di bawah ini bukanlah prediksi dengan akurasi seratus persen. Artinya bisa saja prediksi penulis tepat sasaran atau bisa juga prediksinya meleset. Tapi yang jelas, prediksi yang penulis perlihatkan ini bukanlah prediksi yang asal buat, melainkan dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan faktor seperti akselerasi teknologi, ekonomi, serta budaya yang sekarang ini berkembang di Indonesia.

Masuk ke topik pembahasan utama, berikut ini adalah 5 bisnis yang diprediksi akan booming di tahun 2020 mendatang.

 

1. Tempat Pengisian Baterai Kendaraan Listrik

Belakangan ini, banyak kabar / berita soal pengadopsian kendaraan listrik di Indonesia, mulai dari motor, mobil hingga sepeda dan kick scooter atau yang kita kenal juga dengan nama “otopet”. Bahkan sudah ada beberapa perusahaan motor di Indonesia yang sudah mulai memproduksi motor listrik, melakukan uji coba, bahkan menjualnya ke konsumen seperti yang dilakukan pabrikan motor listrik “Gesits”.

Tidak hanya itu, beberapa media online juga mengabarkan bahwa Perancis sedang PDKT dengan Indonesia dengan mengucurkan dana sebesar 11 triliun rupiah untuk pabrik baterai mobil listrik di Indonesia.

Fakta-fakta di atas, menjadi sebuah peluang bagi Anda yang sekarang ini sedang bertanya-tanya tentang bisnis apa yang cocok di tahun depan untuk mulai mempersiapkan diri membuka tempat pengisian baterai kendaraan listrik. Mungkin bentuknya tidak seperti pom bensin karena pengisian baterai kendaraan listrik itu memakan waktu berjam-jam. Bisa saja bentuknya seperti kafe dengan fasilitas charging atau mungkin juga fasilitas charging yang menyediakan layanan pesan makanan dan wahana bermain anak. Yang penting sih konsumen tidak bosan menunggu selama mengisi baterai dari kendaraan listriknya.

 

2. Kuliner

Apapun zamannya, bisnis makanan dipastikan menjadi sebuah bisnis yang bisa meraup untung besar jika memang makanan yang disajikan itu lezat. Tapi sayangnya, bisnis kuliner ini agak sulit di awal karena salah satu faktor yang memang biasa dihadapi banyak bisnis baru yaitu proses pengenalan produk lewat berbagai promosi.

Jika promosi tidak bagus, atau bahkan sama sekali tidak jalan, mau seenak apapun makanan yang Anda jual tidak akan ada yang tahu. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berbisnis kuliner di tahun 2020, pastikan Anda sudah punya skenario atau planning tentang bagaimana Anda akan mempromosikan produk makanan Anda, baik lewat promosi berupa pamflet atau selebaran yang disebarkan dari rumah ke rumah, hingga promosi menggunakan jasa digital marketing yaitu promosi secara online menggunakan medium seperti sosial media ataupun mesin pencarian Google.

Yang pasti, jika Anda ingin mengeluarkan produk baru apapun itu, mengenalkan produk Anda kepada masyarakat luas adalah hal yang wajib sekali dilakukan. Kecuali ya jika bisnis yang Anda jalankan tersebut adalah jenis bisnis waralaba atau yang biasa kita kenal dengan bahasa gaul “franchise”.

“Lalu kenapa kuliner merupakan bisnis yang akan booming di tahun 2020?”

Jawaban untuk pertanyaan tersebut sebetulnya sangatlah mudah. Karena sekarang ini, gofood dan grabfood sedang ramai-ramainya digunakan banyak orang. Jadi bisa juga diartikan, Anda yang ingin membuka bisnis makanan itu akan ikut digendong oleh grab dan gojek selaku penyedia promo. Tidak menutup kemungkinan juga, kedepannya akan ada layanan pesan antar yang mampu bersaing dengan grab dan gojek. Sehingga peluang bisnis kuliner pun akan semakin besar lagi.

 

3. Android Software Development

Semakin kesini, pengguna smartphone Android semakin meningkat. Bahkan beberapa bulan yang lalu, Google mengumumkan bahwa total pengguna smartphone android di seluruh dunia itu sudah mencapai 2.5 milyar pengguna.

Jika Anda punya kemampuan atau mungkin memiliki mindset untuk selalu up-to-date dengan yang namanya teknologi, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk belajar membuat atau mengembangkan aplikasi untuk platform android.

Tidak harus aplikasi yang “wah” atau memiliki kompleksitas yang tinggi. Cukup aplikasi yang bermanfaat atau bisa juga menghibur bagi para penggunanya. Bayangkan saja jika aplikasi Anda diterima oleh Google untuk ditayangkan di Google Play Store, kemudian aplikasi yang sudah diselipkan faktor X untuk menghasilkan uang, baik itu berupa iklan ataupun in-app purchase itu diunduh oleh 1% dari 2.5 milyar pengguna Android, berapa pendapatan yang sudah Anda hasilkan dari sebuah aplikasi saja?

 

4. Reseller dan Dropshipper

Mungkin dua profesi ini bisa dibilang sudah booming sejak bertahun-tahun lalu dimana orang-orang sudah mulai “akrab” dengan internet. Tapi yang jelas, peluang bisnis untuk kedua profesi yang sekilas sama-sama menjual produk namun pada kenyataannya berbeda ini akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya bersamaan dengan peningkatan pesaing juga tentunya.

Banyak yang belum paham bagaimana cara menjadi reseller ataupun dropshipper dalam jual-beli secara online. Kebanyakan hanya tahu bahwa produk yang akan dijual lagi itu wajib lebih murah dibandingkan dengan harga produk yang dijual kompetitor.

Padahal tidak seperti itu kenyataannya, selain harganya murah, customer service yang hormat dan helpful terhadap konsumennya, stok produk yang beragam dan banyak serta kecepatan dan ketepatan pelayanan juga menjadi faktor penentu dari kesuksesan menjadi seorang reseller maupun dropshipper. Hal yang terakhir menjadi wajib diperhatikan oleh seorang reseller ataupun dropshipper adalah demand dan popularitas produk yang dijual.

Jangan coba-coba menjual produk yang populer tapi punya demand yang sedikit, khususnya bagi Anda yang berperan sebagai reseller karena jika hal tersebut sampai dilakukan, maka “bangkrut” itu sudah di depan mata.

 

5. Power Bank untuk Kendaraan Listrik

Masih berhubungan dengan nomor satu di atas, bisnis yang penulis prediksi akan membludak ketika rakyat Indonesia sudah mulai beralih menggunakan kendaraan listrik adalah power bank yang bisa digunakan untuk mengisi kendaraan listrik Anda dimanapun Anda berada.

Bisnis ini tentunya tidak mudah dilakukan karena selain wajib mempunyai modal yang banyak, bisnis ini juga cukup memakan waktu, khususnya dalam penyempurnaan produk demi kepuasan konsumen. Seperti halnya power bank untuk smartphone, fugnsi dari power bank untuk kendaraan listrik ini adalah agar pengguna kendaraan listrik dapat mengisi baterai kendaraannya dimanapun mereka berada, khususnya dalam keadaan emergency.

 

Itulah 5 bisnis yang penulis prediksi akan booming di tahun 2020 mendatang dan di tahun-tahun berikutnya. Bagaimana menurut Anda? Setuju? Atau mungkin ada prediksi berbeda dari yang sudah penulis bahas pada artikel ini? –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel