Tips Mudah Menghindari Hasrat Belanja Online

7 Nov 2019 12:15 628 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Coba dulu, siapa tahu berhasil.

Bagi mereka yang hobi belanja online atau yang biasa juga kita kenal dengan shopaholic, bulan November adalah bulan yang penuh godaan. Karena pada bulan ini, berbagai marketplace dan ritel online mengadakan promosi-promosi yang jika iman Anda tidak begitu kuat, maka rekening atau isi dompet Anda akan ludes tak tersisa.

Ujung-ujungnya, Anda yang tidak punya sisa uang lagi di rekening dan dompet, mau tidak mau harus menderita sampai akhir bulan November ini. Mungkin bisa makan mie instan setiap hari, atau mungkin makan hanya dengan nasi kecap. Dan bisa jadi juga, yang asalnya ke kantor naik commuter line, bus ataupun alat transportasi lainnya, jadi menggunakan sepeda atau bahkan jalan kaki.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang punya hobi belanja dan punya iman yang mudah tergoda godaan untuk berbelanja, penulis punya solusi agar Anda bisa melewati bulan november ini dengan “santuy” alias santai.

 

1. Jangan Terlalu Sering Membuka Media Sosial

Mungkin Anda bertanya-tanya, “Apa hubungannya media sosial dengan berbelanja?” Memang tidak ada hubungan secara langsung dengan Anda berbelanja dan membuka media sosial. Tapi perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan promosi yang dilakukan oleh para penjual online itu biasanya lewat media sosial, baik melalui iklan yang biasanya muncul ketika Anda sedang scrolling down, atau bisa jadi promosi langsung dari halaman-halaman brand yang sudah Anda follow atau like.

 

2. Unsubscribe Newsletter ke Ritel atau Marketplace Online

Tips kedua untuk menghindari godaan belanja di bulan November 2019 ini adalah dengan menghentikan langganan newsletter dari berbagai ritel online atau marketplace favorit Anda. Atau kalau tidak tahu cara menghentikannya, Anda juga bisa memasukkan email yang dikirimkan ke alamat email Anda dengan menandainya sebagai spam. Dengan begitu, Anda tidak akan melihat lagi yang namanya email diskon besar-besaran.

 

3. Matikan Notifikasi Aplikasi Ritel Online dan Marketpalce

Cara ketiga untuk terhindar dari godaan berbelanja pada bulan November 2019 ini yang juga biasa dikenal dengan bulan belanja nasional adalah dengan mematikan notifikasi dari aplikasi-aplikasi belanja online yang terpasang pada smartphone Anda.

Caranya cukup mudah, bagi Anda yang menggunakan smartphone dengan Android 8 ke atas, Anda bisa mematikan notifikasi aplikasi dengan menyentuh dan menahan notifikasi yang muncul pada jendela notifikasi smartphone Anda, kemudian dilanjutkan dengan menggeser bar ke arah sebaliknya. Atau bisa juga dengan masuk ke pengaturan / settings kemudian cari notification / notifikasi dan matikan secara manual disitu dengan men-disable notifikasi dari aplikasi yang Anda tidak inginkan.

 

4. Titipkan Uang Anda ke Orang Terpercaya

Jika Anda punya orang terpercaya, baik saudara, pacar atau mungkin orang tua Anda yang bisa menjaga uang Anda. Maka kosongkan rekening dan dompet Anda sekarang juga! Sisakan beberapa lembar saja untuk jajan atau makan sehari-hari.

Dengan melakukan hal tersebut, walau Anda menemukan produk idaman Anda yang sedang diskon atau promosi, Anda akan sadar bahwa Anda saat ini tidak punya uang. Alhasil Anda berkemungkinan besar akan membatalkan niat Anda untuk membeli barang tersebut.

Untuk cara keempat ini memiliki kemungkinan kecil menimbulkan stress bagi Anda, jadi penulis tidak begitu rekomendasikan kecuali jika cara pertama hingga ketiga di atas gagal dilakukan.

 

Simpulan

Belanja adalah salah satu hasrat manusia yang sulit dibendung, apalagi jika manusia tersebut memiliki kemampuan dimana dalam konteks ini adalah mempunyai uang untuk berbelanja. Cara-cara di atas mungkin berguna bagi sebagian orang; tapi mungkin juga tidak berguna bagi sebagian orang lainnya dikarenakan hasrat untuk berbelanja yang terlampau tinggi.

Jadi kesimpulannya?

Coba dulu saja! Kalau gagal ya derita ditanggung masing-masing. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel