5 Aplikasi Membaca Manga Gratis Terbaik Tahun 2019

30 Oct 2019 12:01 615 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Favoritmu yang mana gaes?

Salah satu hal yang menjadi hobi generasi sekarang yang juga diadaptasi dari budaya Jepang adalah membaca komik animasi Jepang atau yang lebih enaknya disebut dengan membaca manga.

Di tahun sekitar tahun 2000 – 2010, membaca manga itu lebih banyak dilakukan menggunakan manga fisik yang biasa dibeli di toko-toko buku seperti Gramedia dan sejenisnya. Namun ada juga sebagian kecil yang membacanya lewat komputer.

Di era semakin populernya smartphone (sekitar tahun 2012 ke atas) gaya membaca manga pun seiring berubah. Ada peralihan dari yang asalnya membaca menggunakan komik atau manga berbentuk fisik ke manga yang bentuknya digital yakni menggunakan smartphone dan komputer.

Kebiasaan atau kebudayaan tersebut, hingga sekarang ini masih berjalan dan belum ada penggantinya. Dengan semakin populernya kebiasaan membaca manga di smartphone, banyak pengembang atau developer yang juga membuat dan mengembangkan aplikasi-aplikasi membaca manga yang user-friendly sehingga dapat menjadi aplikasi favorit bagi para pencari manga digital.

Di bawah ini adalah 5 aplikasi rekomendasi untuk membaca manga pada smartphone Android di tahun 2019. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan penulis dalam pemilihan aplikasi-aplikasi ini diantaranya seberapa cepat server hosting dari aplikasi tersebut, seberapa bagus gambar yang ditampilkan, seberapa lengkap judul manga yang ada pada aplikasi tersebut, dan seberapa user-friendly aplikasi tersebut.

 

1. Super Manga

Yang pertama yang akan penulis rekomendasikan untuk para pembaca manga di smartphone adalah ‘Super Manga’. Aplikasi yang bisa kamu unduh di Play Store ini terbilang user-friendly karena navigasinya memang mudah. Seperti mencari genre atau judul tertentu yang dapat dilakukan dengan beberapa langkah saja.

Gambar yang dihasilkan pada aplikasi ini juga terbilang bagus. Bahkan pada smartphone yang beresolusi QHD+ saja, penulis masih bisa melihat tampilan yang tidak buram.

Untuk kecepatan loading gambar sendiri penulis rasakan sangat cepat pada kecepatan internet dengan speed 30 mbps. Artinya, server hosting yang digunakan aplikasi ini bukanlah server murahan.

Hampir setiap hari ada update manga terbaru, jumlah judul manga pada aplikasi ini terbilang lengkap. Walau memang ada beberapa judul yang penulis tidak temukan disini, khususnya judul-judul manga lama yang memang kurang populer.

 

2. Mandrasoft Mangas

Aplikasi Mandrasoft Mangas adalah aplikasi membaca manga digital lewat smartphone yang penulis rekomendasikan di nomor dua ini. Sebelum kita masuk ke kelebihan yang dimiliki aplikasi ini, penulis ingin menyebutkan satu kekurangannya yaitu soal update yang tidak seramai aplikasi lainnya.

Dari judul manga yang ada pada aplikasi ini penulis bisa jamin cukup lengkap, kecepatan loading gambar pada aplikasi ini juga cepat. Sebelum adanya update terbaru pada aplikasi manga digital ini penulis sering mengalami sebuah error yaitu “out of memory” ketika sedang asik-asiknya membaca manga. Namun setelah ada update terbaru, sepertinya error tersebut sudah diperbaiki.

 

3. Manga Reader – Read Manga Free

Aplikasi Manga Reader – Read Manga Free ini terbilang aplikasi yang baru muncul di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, kamu akan bisa mencari judul-judul manga favoritmu. Kualitas gambar yang disajikan pada aplikasi ini juga terbilang sangat baik dan proses loading­-nya juga sangat cepat.

Beberapa kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya menu atau tab ‘history’ yang memungkinkan kita melihat manga apa yang sudah kita baca. Selain itu juga, aplikasi ini tidak memungkinkan kita untuk membaca ke belakang, hanya ada kedepan saja.

Tapi, berhubung aplikasi ini masih baru dan pihak pengembang sendiri masih terus melakukan penyempurnaan-penyempurnaan pada banyak sektor, semoga saja aplikasi ini bisa menjadi salah satu aplikasi membaca manga favorit nantinya.

 

4. Manga Geek – Free Manga Reader App

Pada aplikasi ini, kamu bisa menemukan manga atau bahkan manhwa favorit kamu. Menurut penulis, Manga Geek terbilang aplikasi yang cukup menarik untuk digunakan. Karena selain user friendly, aplikasi ini juga memiliki nilai positif dari berbagai faktor yang penulis sebutkan pada awal artikel.

Sejauh ini, kendala atau ketidaknyamanan yang penulis rasakan dari aplikasi ini adalah iklan yang terlalu “ngajak gelut” kadang suka muncul di halaman yang memang sedang seru-serunya dibaca. Selain itu juga ada beberapa genre yang tidak dimasukkan ke dalam aplikasi ini sehingga penulis agak kesulitan ketika mencari manga dengan genre tertentu.

 

5. Manga Toon

Sejauh ini, aplikasi Manga Toon adalah aplikasi membaca manga yang menjadi favorit penulis. Pertama, aplikasi ini memiliki judul manga yang lengkap. Kemudian yang kedua, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur unik yang memanjakan para penggunanya. Yang ketiga, aplikasi ini memiliki nilai positif dari berbagai faktor yang penulis sebutkan di awal. Dan yang keempat aplikasi ini tidak ada iklannya yang bisa jadi alasan terbaik untuk menggunakan aplikasi ini.

Satu kekurangan dari aplikasi ini adalah adanya jatah membaca harian untuk setiap pengguna. Dan untuk menambah jatah tersebut, pengguna diharuskan menyelesaikan daily task ataupun membeli jatah tersebut menggunakan uang tentunya. –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel