Untung Rugi Memasang Skotlet pada Kendaraan Bermotor

24 Oct 2019 17:10 1095 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurut Anda mending pasang atau tidak?

Jika Anda adalah seorang pemilik kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil, yang baru saja Anda beli, di benak Anda pasti timbul sebuah keinginan untuk melindungi kendaraan bermotor Anda dari hal-hal yang mungkin terjadi di jalan raya seperti pemudaran warna cat, goresan-goresan akibat batu dan debu, atau bahkan senggolan-senggolan orang tidak bertanggung jawab.

Salah satu pilihan perlindungan yang biasa digunakan oleh orang-orang tersebut antara lain dengan memasang skotlet atau yang dalam bahasa inggrisnya lebih dikenal dengan wrapping sticker.

Dengan menggunakan wrapping sticker pada motor, ada beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa detilnya bisa dilihat di bawah ini.

 

Keuntungan

+ Terlindung dari goresan-goresan halus seperti debu, batu, ataupun goresan lain khususnya ketika di parkiran atau di jalanan macet.

+ Terhindar dari pudarnya lapisan cat pada bodi motor ataupun mobil dikaarenakan faktor usia ataupun karena terlalu sering dicuci.

+ Melindungi cat pada bodi motor ataupun mobil dari terik matahari yang biasanya pada suhu tertentu dapat merusak cat, apalagi kepanasannya itu rutin.

 

Walaupun memang terlihat memiliki beberapa keuntungan yang wajib diperhitungkan oleh sang pemilik kendaraan bermotor, skotlet atau wrapping sticker juga ternyata memiliki beberapa kerugian yang mau tidak mau harus ikut dipertimbangkan ketika Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor ingin memasang skotlet pada kendaraan Anda.

Kerugian

- Merusak Cat

Berniat untuk menghindari pudarnya warna pada bodi kendaraan bermotor dan kerusakan cat akibat sinar matahari, menggunakan skotlet yang salah cenderung malah merusak lapisan cat pada kendaraan bermotor tersebut. Jadi pilihlah skotlet kualitas terbaik jika ingin skotlet tersebut melindungi dan bukan ikut merusak.

 

- Ada Sisa Noda Lengket

Jika Anda sudah bosan menggunakan skotlet dan memutuskan untuk melepaskannya dari motor ataupun mobil Anda, disini sebaiknya Anda harus siap karena ketika Anda melepas skotlet dari kendaraan bermotor milik Anda, akan ada sisa-sisa atau residu dari lem yang menempel pada bodi kendaraan bermotor Anda.

Untuk kerugian ini sebetulnya tidak perlu begitu diperhatikan karena residu lem dari skotlet bisa dihilangkan dengan mudah.

 

- Menghilangkan Garansi Bodi Kendaraan Bermotor

Mungkin pada mobil, pemasangan skotlet atau wrapping sticker itu tidak menghilangkan garansi pada bodi. Tapi setahu penulis, ada di luar sana merek motor ternama yang ketika dipasangi skotlet atau wrapping sticker, garansi dari bodi motor tersebut hilang.

Jadi ketika ada kecacatan pada bodi motor saat membeli, tapi pembeli terlanjur membungkus motornya dengan skotlet, maka kecacatan pada bodi tersebut tidak bisa diklaim lagi karena pembeli dianggap sudah memodifikasi bodi motor tersebut yang menurut aturan dari brand tersebut memodifikasi berarti menghanguskan garansi.

 

Itulah untung ruginya memasang skotlet pada motor. Bagaimana menurut Anda? Mending pasang atau tidak? –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel