Mau Rawat Hewan Peliharaan? 5 Hal ini Perlu Dipertimbangkan

22 Oct 2019 19:00 1362 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya hewan peliharaan itu tidak semudah yang Anda bayangkan.

Bagi seorang manusia, hewan peliharaan memiliki fungsi rejuvenasi yang bisa mengobati mental Anda yang yang sedang letih. Karena dengan memelihara hewan peliharaan, hari-hari Anda akan dihiasi oleh keimutan dan tingkah lucu sang hewan peliharaan yang biasanya memang membuat lupa bahwa hari tersebut Anda sedang stress atau mengalami tekanan mental.

Namun perlu diketahui bahwa memelihara hewan peliharaan itu tidak mudah. Setidaknya ada 5 faktor yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memelihara hewan yang Anda sukai.

 

 

1. Sudah Siap Anggaran untuk Makan Peliharaan Setiap Hari?

Memelihara hewan peliharaan itu sama saja dengan bertambahnya anggota keluarga baru di rumah Anda. Dimana salah satunya, hewan juga butuh yang namanya makan.

Setiap harinya, hewan peliharaan itu biasanya butuh tiga kali makan sehari yaitu pagi, siang dan malam. Dan biaya untuk makan hewan peliharaan tersebut memang harus benar-benar dipikirkan karena harga makan hewan peliharaan tidak semurah yang Anda kira. Kecuali ya jika hewan peliharaan tersebut ingin Anda berikan makanan murah yang bagi penulis sendiri tidak direkomendasikan karena dengan memberikan makanan “yang penting harganya murah”, Anda tidak tahu apakah makanan tersebut memang layak untuk hewan peliharaan Anda.

 

 

2. Sudah Siap Waktu untuk Menemani Peliharaan Bermain?

Seperti halnya anak-anak, hewan peliharaan juga suka bermain. Bahkan kalau penulis lihat, kebanyakan waktu dari hewan peliharaan itu kalau tidak digunakan untuk tidur ya untuk bermain. Contoh bermain yang mudah seperti mengajak hewan peliharaan tersebut jalan-jalan, khususnya untuk anjing biasanya wajib mengajaknya jalan-jalan setiap hari atau setiap beberapa hari sekali.

 

 

3. Sudah Siap Waktu dan Anggaran ke Dokter Hewan?

Jika Anda adalah seorang penyayang hewan, pastinya sebagai pemilik hewan peliharaan Anda sering merawat hewan peliharaan Anda dengan salah satunya adalah pergi ke dokter hewan. Pergi ke dokter hewan disini tentunya bukan dalam keadaan sakit saja, melainkan seperti cek kesehatan, cek gizi hingga vaksinasi.

Perlu diketahui, untuk sekali konsultasi dan vaksinasi, biayanya bisa mencapai ratusan ribu. Apa Anda siap?

 

 

4. Sudah Siap Memandikannya?

Salah satu kewajiban pemilik hewan peliharaan adalah merawat hewan tersebut bukan hanya dari memenuhi kebutuhan utamanya seperti makan atau bermain. Selain itu juga, Anda harus memandikannya setiap beberapa kali sehari.

Kesulitan utama dalam memandikan hewan peliharaan adalah awal-awalnya hewan peliharaan seperti kucing biasanya takut dengan air dan akan banyak berontak ketika dimandikan. Disinilah Anda harus sabar dan juga mencoba membiasakan hewan peliharaan Anda untuk terbiasa dengan air.

 

 

5. Sudah Siap Kehilangan?

Yang namanya hewan peliharaan itu, apalagi jika hewan peliharaan tersebut tidak dikandangi, bisa saja sewaktu-waktu hewan tersebut kabur atau mungkin sedang bermain sendiri dan tersasar. Disini kalau Anda sudah siap kehilangan, sudah ada antisipasi-antisipasi yang Anda lakukan seandainya hal tersebut terjadi.

Kehilangan yang pastinya tidak bisa dihindari adalah kehilangan dimana sang hewan peliharaan mati. Karena beberapa hewan peliharaan memang memiliki umur yang sangat pendek dibandingkan dengan umur manusia.

 

Penutup

Itulah lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi hewan peliharaan. Intinya, janganlah semata-mata mengadopsi hewan peliharaan hanya karena rasa ingin di awal saja; harus ada tanggung jawab sampai akhir. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel