Ride Hailing berbasis Koperasi Pertama di Indonesia, Akankah Sukses?

19 Oct 2019 19:05 2237 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nama ride hailing-nya adalah Beujek.

Hingga saat ini, salah satu bisnis yang sedang maju-majunya di Indonesia adalah bisnis ride hailing atau yang biasa kita kenal juga dengan sebutan ojek online. Dari sekian banyak perusahaan ride hailing di Indonesia, hanya dua yang sekarang menjadi favorit para konsumennya dikarenakan banyaknya layanan-layanan yang memang memanjakan konsumen, yaitu Grab dan Gojek

Sedangkan perusahaan-perusahaan yang tidak bisa menarik hati konsumen, terpaksa harus gulung tikar dan menjadi bagian sejarah dari kehadiran ride hailing di Indonesia.

Namun sekarang, banyak kembali muncul calon-calon pesaing Grab dan Gojek dimana salah satunya ada sebuah ride hailing bernama Beujek yang menurut penulis sangat menarik untuk dibahas karena Beujek ini bentuknya adalah koperasi dan bukan perusahaan seperti kebanyakan ride hailing yang ada di Indonesia.

Dimulai dari berdirinya sebuah koperasi bernama BeU ABDI NUSANTARA yang dibentuk dari sebuah ide gagasan seorang pengusaha di bidang logistik, koperasi ini dibangun dengan konsep asas kekeluargaan, syariah.

Hingga saat ini, banyak driver dari ojek online terkemuka di Indonesia banyak mengeluhkan besarnya potongan-potongan yang didapatkan setiap driver mendapatkan order, baik itu order ojek online ataupun layanan lainnya seperti layanan antar paket dan antar makanan.

Mungkin dengan alasan atau dasar itulah Beujek akhirnya tercipta.

Beroperasi layaknya koperasi, Beujek yang merupakan aplikasi ride hailing di Indonesia ini cukup menarik bagi driver. Tidak seperti perusahaan-perusahaan ride hailing lain yang terlalu memanjakan konsumen dan melupakan driver, Beujek hadir untuk menyejahterakan para driver selain juga memuaskan konsumen-konsumennya.

Seperti halnya koperasi kebanyakan, mereka yang menjadi mitra pengemudi Beujek juga diharuskan menjadi anggota koperasi dimana ketika menjadi anggota, harus ada simpanan pokok yang disimpan di koperasi dan setiap bulannya, ada kewajiban untuk membayar iuran bulanan yang kabarnya keduanya itu bisa dicicil.

Selain beroperasi layaknya koperasi, aplikasi Beujek juga cenderung memberikan keleluasaan terhadap pengemudi dimana tidak adanya potongan atau bagi hasil yang dihitung dari order driver setiap harinya. Namun, disini driver diharuskan untuk membayar biaya sewa aplikasi dimana perharinya dipotong antara 15 ribu dan 30 ribu rupiah tergantung dimana driver beroperasi.

Informasi tambahan lainnya, pemotongan tersebut hanya berlaku untuk 25 hari saja di dalam satu bulan. Artinya, ada sekitar 5-6 hari dimana driver dibebaskan dari biaya pemotongan harian.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Beujek ini adalah adanya asuransi kecelakaan dan kehilangan bagi driver yang tergabung menjadi mitra Beujek. Artinya, jika Anda sebagai mitra Beujek mengalami kehilangan atau kecelakaan pada sedang saat beroperasi, maka Anda tidak perlu khawatir karena apa yang Anda alami tersebut di-cover oleh pihak koperasi.

Karena badan usaha dari ride hailing Beujek ini berbentuk koperasi, maka setiap bulan dan setiap tahunnya, anggota dari koperasi tersebut akan mendapatkan berbagai keuntungan yang tentunya harus memenuhi syarat-syarat tertentu terlebih dahulu.

Seperti pada bonus bulanan yang berupa sembako, mitra driver yang sekaligus menjadi anggota koperasi diwajibkan untuk aktif dalam melakukan potongan harian selama 25 hari berturut-turut tanpa ada yang terlewat satupun. Artinya, disini mitra driver mau tidak mau harus bekerja setiap hari selama 25 hari tersebut. Soalnya sayang juga kalau misalkan sudah melakukan potongan sewa aplikasi tapi ternyata tidak menerima orderan sama sekali.

Untuk bonus tahunannya, seperti kebanyakan koperasi lainnya, disini mitra driver akan mendapatkan bonus berupa SHU (Sisa Hasil Usaha) dari koperasi BeU.

Untuk menjadi mitra driver dari Beujek sendiri, Anda sebenarnya tidak dituntut banyak hal. Selain harus memiliki kendaraan roda dua dengan tahun pembuatan minimal tahun 2011 yang tentunya memiliki surat-surat yang lengkap, Anda juga harus memiliki usia minimal 18 tahun serta memiliki smartphone Android yang cukup mumpuni untuk menggunakan aplikasi Beujek. Selain itu sih kebanyakan syarat-syaratnya mudah, seperti KTP, SIM, KK, Surat Keterangan sehat dan SKCK dari Kepolisian.

Oh iya, satu syarat lagi adalah membuka rekening pada bank pemerintah yang ditunjuk oleh pihak koperasi BeU Abadi Nusantara.

Seperti halnya ketika mendaftar menjadi mitra driver dari aplikasi ride hailing kebanyakan, Anda juga diwajibkan untuk membeli helm dan jaket yang nantinya menjadi identitas Anda sebagai driver dari Beujek dimana ciri khasnya adalah jaket dan helm berwarna ungu janda.

Bagaimana? Berminat untuk mencoba?

Kalau penulis lihat sih sebagai mitra driver, cukup banyak keuntungan yang didapatkan selain tidak adanya potongan yang besar dari order yang diterima seperti pada aplikasi ride hailing yang sudah sukses di Indonesia. –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel