Cara Download File Menggunakan Browser Safari

14 Oct 2019 10:48 198 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tutorial pada artikel ini hanya dapat berjalan pada iOS 13 atau iPadOS.

Siapa disini pengguna iPhone ataupun iPad dan sudah melakukan update ke versi 13 nya? Jika Anda salah satu diantaranya, maka Anda mungkin sudah tahu, dan jika belum tahu juga Anda harus tahu bahwa Salah satu kelebihan iPadOS adalah browser bawaanya yang bernama Safari sudah mampu menampilkan tampilan a’la browser dekstop pada Macbook.

Satu hal lainnya yang menjadikan browser ini canggih adalah fitur “download” dimana Anda tentunya bisa mengunduh file yang Anda ingin unduh dari internet lewat browser ini baik di iOS 13 dan juga iPadOS tanpa harus bingung lagi seperti pada versi-versi iOS sebelumnya.

 

Cara Mengunduh Menggunakan Browser Safari

Untuk mengunduh menggunakan browser Safari caranya sangatlah mudah. Pertama-tama, Anda tentunya harus membuka situs yang ingin Anda cari file unduhannya. Setelah menemukan file unduhan tersebut, Anda kemudian melanjutkannya dengan mengklik file yang ingin Anda unduh tersebut. Beberapa saat setelah Anda mengklik file yang ingin Anda unduh tersebut, sebuah jendela baru akan muncul.

Di Jendela baru tersebut akan ada dua pilihan dimana yang satu adalah pilihan untuk memperlihatkan (view) file yang ingin Anda unduh; dan yang satu lagi adalah ‘download’ yang memungkinkan Anda untuk memulai proses unduhan tersebut.

Setelah Anda mengklik ‘download’, proses unduhan akan dimulai dan di bagian kanan atas browser Anda, akan muncul sebuah ikon tanda panah ke bawah serta sebuah bar mungil yang menjadi indikator sejauh mana proses unduhan Anda berlangsung.

Setelah proses mengunduh selesai, file bertipe PDF ataupun gambar akan dapat Anda lihat hasil unduhannya, sedangkan untuk file multimedia seperti musik ataupun video, Anda juga akan dapat melihatnya.

 

Cara Mengubah Penyimpanan Unduhan Bawaan

Secara default, hasil unduhan dari file yang Anda unduh lewat browser Safari akan tersimpan pada folder iCloud pada Files. Hal ini sangat berguna bagi Anda khususnya para pengguna iCloud berbayar. Karena dengan menyimpannya pada iCloud, Anda akan dapat menyimpan file-nya dan file tersebut juga akan tersinkronisasi dengan berbagai perangkat yang terhubung dengan akun iCloud tersebut.

Tapi jika Anda pengguna iCloud gratisan yang hanya dapat bagian sebesar 5GB saja. Anda pastinya tidak ingin file yang Anda unduh itu dismpan pada iCloud karena tidak selalu file yang Anda unduh itu memiliki prioritas untuk di-backup.

Untungnya, Safari juga sudah menyediakan fitur untuk mengubah penyimpanan bawaan yang pengaturannya ada pada iCloud. Cara untuk menggantinya adalah dengan pergi ke pengaturan, kemudian pergi ke bagian Safari dan dilanjutkan ke bagian ‘Download’. Untuk lebih singkatnya:

Settings > Safari > Download

Setelah itu, pilihlah pilihan My iphone untuk pengguna iPhone, dan My iPad untuk pengguna iPad.

 

Simpulan

Itulah cara mudah mengunduh file di browser Safari pada iOS 13 ataupun iPadOS. Mudah bukan?

Bagi Anda para pengguna iOS 12 atau versi dibawahnya yang tidak didukung Apple untuk mendapatkan iOS 13 atau iPadOS, tentunya Anda tidak perlu iri dengan mereka yang mendapatkan update sistem operasi terbaru dan berkesempatan untuk menggunakan browser Safari yang sudah bisa mengunduh file. Karena sebetulnya, pada iOS 12 juga Anda bisa mengunduh file lewat browser Safari, namun dengan melakukan beberapa tweaking pada smartphone atau tablet Apple Anda. –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel