Fakta Soal Update Microsoft yang Satu ini Pasti Belum Anda Ketahui

10 Oct 2019 18:45 1122 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fakta soal update Microsoft yang hanya terjadi di hari tertentu saja.

Jika Anda pengguna Windows 10, maka Anda pasti sering mendapatkan update untuk sistem operasi tersebut. Dan jika kita cermati lagi, biasanya ada skema tertentu dimana update tersebut diberikan kepada para penggunanya.

Salah satu yang penulis tahu itu adalah update yang sering dilakukan pada hari selasa di minggu kedua setiap bulannya.

 

Apa saja update di hari selasa ini?

Selain update untuk sistem operasi Windows 10 sendiri, di hari selasa pada minggu kedua setiap bulannya, pihak Microsoft juga memberikan update atau pembaruan untuk aplikasi atau software buatan Microsoft lainnya, seperti contohnya adalah Microsoft Office yang didalamnya terdiri dari berbagai aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Power Point dan sebagainya.

 

Lalu kenapa hanya update tersebut hadir setiap hari selasa minggu kedua?

Untuk hal tersebut penulis kurang tahu. Namun, update dengan jadwal yang pasti itu bisa membuat para teknisi yang biasanya menguji update terbaru Microsoft sudah dapat mengambil ancang-ancang atau dalam konteks ini adalah perencanaan untuk menguji update terbaru tersebut.

Untuk pengguna biasa sendiri seperti penulis atau mungkin Anda, disini kita bisa mempersiapkan kuota ataupun jaringan internet untuk mengunduh update tersebut. Atau jika kuota dan jaringan internet bermasalah, kita juga bisa mematikan fitur auto-update agar komputer kita tidak secara otomatis mengunduh update terbaru.

 

Kapan waktu tepatnya update hari selasa itu muncul?

Seperti yang sudah penulis sebutkan di atas, update bulanan biasanya hadir di hari selasa pada minggu kedua setiap bulannya. Untuk jamnya sendiri, pihak Microsoft menyatakan bahwa tidak ada kepastian soal jamnya. Tapi biasanya, update mulai diberikan pada pukul 10.00 PST atau jika kita konversikan ke WIB, maka update tersebut akan berlangsung pada pukul 12.00 WIB.

 

Tapi kok ada update Windows yang bukan di hari selasa?

Update pada Windows 10 yang rutin memang hanya ada pada hari selasa pada minggu kedua setiap bulannya. Namun tidak menutup kemungkinan, Microsoft juga memberikan update di hari lain ketika ada perbaikan-perbaikan yang memang bersifat urgent atau harus secepatnya diperbaiki.

 

Apa update besar untuk Windows 10 juga berlangsung di hari selasa?

Mungkin teman-teman disini ada yang sudah tahu kalau Microsoft itu biasanya merilis update besar setiap enam bulan sekali. Seperti contohnya update pada bulan Mei 2019 dan yang berikutnya adalah pada bulan Oktober ini.

Dan jika diperhatikan, update besar pada Mei 2019 kemarin tidak dirilis pada hari selasa minggu kedua. Hal tersebut memang sengaja dilakukan pihak Microsoft. Karena seperti yang sudah penulis sebutkan di atas, hari selasa adalah hari update rutin yang dilakukan Microsoft untuk sistem operasinya.

Artinya, update pada hari selasa itu biasanya bukan berisi tentang fitur-fitur terbaru pada sistem operasi Windows 10 dan aplikasi-aplikasi buatan Microsoft lainnya, melainkan berisi tentang update keamanan dari aplikasi-aplikasi tersebut.

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel