Ternyata Telur Mata Sapi itu Banyak Jenisnya

10 Oct 2019 13:34 576 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
setidaknya ada empat jenis yang dibahas pada artikel ini.

Salah satu makanan favorit bangsa Indonesia dan bule-bule di luar negeri yang biasanya dipakai sebagai menu makan pagi adalah telur.

Banyak resep masakan yang bisa dibuat dari telur dimana beberapa yang paling mudahnya adalah telur dadar dan telur ceplok. Telur dadar sendiri, pasti sudah tahu cara membuatnya bagaimana; yaitu tinggal dikocok-kocok dalam sebuah mangkok, kasih garam secukupnya dan bumbu serta rempah lain sesuai selera.

Untuk telur ceplok sendiri, memasaknya mungkin sekilas terlihat mudah. Tapi sebetulnya, ada beberapa jenis telur ceplok di dunia ini yang walau sama-sama memiliki kuning telur di tengah dan putih telur disekitarnya, ternyata cara memasak dan hasil masakannya memiliki nama yang berbeda.

Berikut ini adalah 4 jenis telur ceplok atau yang juga biasa dikenal dengan telur mata sapi yang bisa kita temukan di berbagai belahan dunia.

 

1. Telur Ceplok yang Katanya Lagi Viral

Pernah lihat di beberapa channel YouTube, telur mata sapi atau telur ceplok yang satu ini memiliki rasa crispy atau kriuk-kriuk pada bagian putih telurnya. Cara membuat atau memasaknya sendiri, Anda perlu menggorengnya menggunakan minyak yang cukup banyak dan dalam keadaan panas.

Telur mata sapi atau telur ceplok ini sering kita temukan di benua asia, khususnya di wilayah asia tenggara (SEA).

 

2. Telur Mata Sapi Biasa

Hampir mirip dengan nomor satu di atas, telur ceplok yang satu ini tidak begitu sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi bagi Anda yang sering makan direstoran-restoran asia, jenis telur mata sapi ini biasanya sering tersaji bersama hidangan lainnya.

Cara memasaknya hampir sama dengan nomor satu di atas, yang membedakannya adalah takaran minyak yang digunakan lebih sedikit dibandingkan dengan pada nomor satu. Sehingga putih telurnya tidak akan begitu terasa crispy atau sekriuk-kriuk telur mata sapi yang digoreng menggunakan minyak yang banyak.

 

3. Telur Ceplok Bule

Pada menu restoran-restoran bule, telur ceplok ini biasa disebut dengan “Over Easy Egg”. Yaitu telur ceplok atau telur mata sapi yang digoreng bolak-balik. Namun, cara membolak baliknya itu tidak sembarangan karena harus dilakukan dengan hati-hati sehingga kuning telur yang terlindungi di dalam lapisan putih telur tidak pecah.

Menggoreng telur over easy ini sendiri tidak boleh terlalu lama. Selama putih telur sudah terlihat kekuningan, telur tersebut sudah enak untuk dikonsumsi.

 

4. Telur Sunny Side Up

Adalah telur yang biasa dimasak oleh para bule. Cara memasaknya sendiri tidak menggunakan minyak goreng melainkan menggunakan butter sehingga ketika dalam proses penggorengan, Anda tidak akan menemukan bagian kekuningan yang biasanya menjadi sebuah tanda bahwa telur tersebut sudah matang.

Jika dibandingkan dengan telur ceplok lain pada artikel ini, sunny side up egg ini sangatlah mirip dengan nomor dua di atas. Hanya yang membedakannya adalah penggunaan minyak goreng dan butter saja.

 

Sekian artikel yang membahas soal berbagai jenis telur ceplok, semoga membantu khususnya bagi yang suka makan nasi telur kecap dan Indomie pakai telur. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel