Ingin Membeli Sepatu Olahraga Baru? Atau Kolektor Sepatu Olahraga? Wajib Baca!

7 Oct 2019 12:50 540 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara membedakan produk sepatu olahraga asli dan palsu, khususnya sepatu merek Nike dan Adidas.

Baru-baru ini, banyak sepatu olahraga “Made in Vietnam” membanjiri pasar persepatuan Indonesia. Beberapa diantaranya adalah sepatu-sepatu dengan merek yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita seperti Nike dan Adidas.

Sepatu-sepatu buatan Vietnam tersebut kabarnya dihargai sangat murah yakni hanya sekitar 100 ribuan hingga 200 ribuan saja baik di toko-toko fisik ataupun di toko-toko daring. Tapi apakah produknya orisinil?

Disini penulis akan coba berbagi tentang bagaimana caranya membedakan produk sepatu orisinil dan produk sepatu palsu atau yang biasa menggunakan  istilah-istilah seperti KW, KW1, KW Super, OEM. Oh iya, untuk penggunaan kata OEM sendiri sebenarnya tidak tepat untuk sebuah produk palsu tapi ya mau bagaimana lagi. Para penjual produk palsu di Indonesia sudah terlanjur sering menggunakan istilah OEM juga untuk menjual produk-produk non-original.

 

1. Perhatikan Kerapihan dari Jahitan Sepatu

Bagi Anda yang sedang mencari sepatu bermerek tapi dengan harga murah. Hal tersebut bisa dipastikan sangat sulit, karena sepatu seperti Adidas ataupun Nike orisinil pasti dibanderol dengan harga yang bisa membuat dompet menjerit.

Bagi Anda yang tergiur dengan produk sepatu-sepatu bermerek tapi punya harga murah dengan berbagai alasan seperti masuknya ilegal, ataupun produk sedikit cacat, ataupun tidak menggunakan box. Anda tidak boleh percaya.

Coba minta foto asli sepatu yang mendetil jika Anda akan membelinya via toko daring. Karena dari sini biasanya Anda bisa membedakan mana sepatu asli dan mana sepatu palsu. Sepatu sekelas Nike ataupun Adidas pastinya memiliki jahitan yang rapi karena taruhannya adalah nama besar mereka. Ada sih memang produk reject yang karena tidak lolos quality check kemudian dibeli oleh para pegawainya untuk kemudian dijual kembali ke masyarakat umum yang menginginkan sepatu branded dengan harga terjangkau. Tapi lebih baik cek lagi faktor-faktor lainnya jika beli lewat toko offline. Atau lebih baik batalkan jika membeli via toko online.

 

2. Penempatan Logo Sepatu

Pada produk sepatu orisinil, penempatan logo akan sangat diperhatikan. Oleh karena itu, biasanya Anda akan menemukan sebuah sepatu bermerek dengan harga jutaan memiliki penempatan logo yang akurat atau presisi.

Sedangkan untuk sepatu palsu atau KW, penempatan logo tersebut biasanya dipasang menggunakan insting seorang manusia. Kadang terlalu ke kiri, terlalu ke kanan, atau bahkan sedikit nyerong. Tidak hanya itu biasanya masih ada sisa lem berceceran juga didekat logo tersebut.

 

3. Reputasi Pedagang

Salah satu yang sangat harus diperhatikan ketika Anda membeli sebuah sepatu, apalagi via online, adalah reputasi pedagang sepatu tersebut. Coba dicek kolom deskripsi produk, kolom diskusi dan kolom ulasan. Biasanya dengan mengecek ketiga kolom tersebut, Anda biasanya sudah dapat melihat apakah produk tersebut bagus atau tidak, serta orisinil atau tidak.

 

4. Cek “Bau” dari Sepatu

Untuk yang satu ini bisa dicek khususnya bagi Anda yang membelinya di toko offline. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa untuk yang membeli via online selama masih ada jaminan dari penjual ataupun dari pihak ketiga tempat dana Anda ditahan sebelum disalurkan ke penjual.

Bau dari sepatu yang dimaksud disini adalah aroma dari sepatu. Jika sepatu olahraga tersebut orisinil, biasanya bau dari sepatu itu didominasi oleh bau karet. Sedangkan jika produk tersebut adalah palsu biasanya bau yang tercium dari sepatu tersebut didominasi oleh lem.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel