Windows 10X, Sistem Operasi Windows 10 Khusus Perangkat Dual Screen

4 Oct 2019 18:35 4134 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pertama kali akan digunakan pada gadget Microsoft terbaru tahun 2020 mendatang.

Baru-baru ini sebuah sistem operasi versi terbaru dari Windows 10 dengan nama Windows 10X diperkenalkan ke publik.

Windows 10X adalah sebuah bagian dari sistem operasi Windows 10 yang secara khusus dibuat untuk perangkat-perangkat yang memiliki dua layar seperti tablet yang akan rilis dari Microsoft nanti bernama Surface Neo dimana tampilan antarmuka dari Windows 10X ini akan terlihat atau memang secara khusus didesain untuk perangkat sejenis Surface Neo.

Pada sebuah event perilisan gadget-gadget terbaru Microsoft, pihak dari Microsoft sendiri menyatakan bahwa Windows 10X ini sudah mendukung berbagai aplikasi yang biasanya terpasang pada Windows 10 biasa. Dengan kata lain, aplikasi-aplikasi tradisional yang biasa terpasang pada microsoft Windows 10 di komputer Anda, bisa juga dipasangkan pada perangkat yang menggunakan Windows 10X.

Yang membedakan Windows 10X ini dengan Windows 10 biasa hanyalah tampilan antarmuka dari kedua sistem operasi tersebut saja dan juga bagaimana aplikasi-aplikasi tradisional yang biasa berjalan di Windows 10 berjalan di Windows 10X.

Untuk meningkatkan atau menjaga daya tahan baterai pada perangkat yang menggunakan Windows 10X ini, aplikasi-aplikasi tradisional Windows yang biasa kita temui atau kita gunakan akan berjalan pada sebuah wadah tersendiri.

Seperti yang sudah dinyatakan di atas, Windows 10X adalah sebuah sistem operasi yang didesain atau dibuat khusus untuk perangkat yang memiliki dua layar seperti Surface Neo. Bagi yang belum tahu apa itu Surface Neo, gadget tersebut adalah sebuah perangkat yang menyerupai laptop, namun pada bagian yang seharusnya tertanam sebuah keyboard dan touchpad, semuanya diganti dengan sebuah layar kedua. Bisa dibilang Surface Neo itu adalah sebuah tablet dengan dua layar yang berbentuk menyerupai laptop.

 

Beberapa Keunikan Windows 10X

1. Hilangnya Kotak-Kotak Aplikasi

Pada Windows 10 biasa, ketika kita mengklik tombo “Windows” atau membuka menu “Start” maka yang pertama kita lihat adalah nama-nama aplikasi pada bagian jendela sebelah kiri, dan kotak-kotak aplikasi pada bagian sebelah kanan.

Pada Windows 10X, kotak-kotak tersebut dihilangkan sehingga, ketika kita menggunakan Windows 10X, kita mungkin lebih merasakan sensasi menggunakan Windows 7 yang memiliki bagian menu Start yang lebih terlihat simpel dan minimalis.

 

2. Proses Membuka Aplikasi yang Tidak Biasa

Ketika kita membuka sebuah aplikasi pada Windows 10X, aplikasi yang kita buka tersebut akan muncul atau terbuka pada layar tempat dimana kita membuka aplikasi tersebut. Contoh ketika kita membuka aplikasi di layar satu, maka aplikasi tersebut akan terbuka di layar tempat aplikasi tersebut kita buka. Namun, setelah aplikasi tersebut kita buka, kita bisa men-drag aplikasi tersebut ke tengah layar sehingga aplikasi tersebut nantinya akan terbuka memotong layar pertama dan layar kedua.

Penggunaan dua layar sekaligus untuk membuka aplikasi ini menurut pihak Microsoft sendiri sudah teroptimasi untuk membuka sebuah aplikasi dengan menggunakan dua layar sekaligus. Sehingga tidak akan ada yang namanya aplikasi terpotong ataupun aplikasi error ketika menggunakan dua layar untuk membuka sebuah aplikasi.

 

Perilisan Windows 10X

Windows 10X baru saja diperkenalkan pada sebuah event Microsoft di bulan Oktober 2019 ini. Namun sayangnya, Windows 10X ini dikabarkan baru akan rilis secara resmi pada tahun 2020 mendatang berbarengan dengan rilisnya Microsoft Surface Neo ke pasaran. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel