3 Cara Menghapus Aplikasi pada iPhone dan iPad di iOS 13 dan iPadOS

3 Oct 2019 12:36 783 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara yang biasa Anda lakukan yang mana?

iPadOS dan iOS 13 sudah resmi dirilis untuk publik. Bagi Anda yang memiliki iPhone ataupun iPad yang didukung oleh kedua sistem operasi terbaru tersebut, pastinya Anda menemukan banyak fitur-fitur baru serta peningkatan performa setelah melakukan update ke sistem operasi tersebut.

Ada mode tema seperti dark theme yang juga merupakan kebalikan dari tema orisinilnya yaitu light theme. Ada juga fitur seperti dapat terhubungnya flash disk ataupun SD card lewat port yang terdapat pada tablet Anda, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Apple juga sudah mulai menghilangkan 3D Touch; dari yang awalnya Anda dapat menampilkan menu kontekstual dengan menekan layar dengan sedikit keras. Sekarang Apple menghilangkan fungsi tersebut dan menggantinya dengan menahan layar dalam waktu yang cukup lama untuk menampilkan menu kontekstual tersebut.

Oh iya, menu kontekstual disini hanya muncul ketika Anda sudah update ke sistem operasi iOS 13 ataupun iPadOS. Karena pada versi sebelumnya, ketika Anda menahan lama sebuah ikon dari aplikasi, yang muncul adalah pilihan “X” yaitu untuk meng-uninstall aplikasi yang dipilih tersebut.

Berbicara soal uninstall atau menghapus aplikasi dari perangkat iPhone atau iPad Anda sekarang sudah tidak semudah pada versi iOS 12.4 kemarin. Meskipun begitu metode untuk uninstall tersebut sekarang ini lumayan bervariasi.

 

1. Metode Menghapus Aplikasi Lewat Home Screen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, metode menghapus dengan Home Screen ini caranya adalah dengan menyentuh aplikasi yang ingin Anda hapus, kemudian menahannya beberapa saat hingga muncul sebuah menu kontekstual seperti di bawah ini.

 

Setelah muncul menu tersebut, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memilih pilihan “rearrange Apps”. Setelah memilih pilihan tersebut, Aplikasi yang ada pada Home Screen akan mulai bergoyang, dan disini Anda bisa menggeser-geser aplikasinya untuk memindahkan posisi dari aplikasi tersebut di Home Screen, atau memilih “X” untuk kemudian menghapus aplikasi tersebut.

 

2. Metode Menghapus Aplikasi Lewat Settings

Untuk menghapus aplikasi pada iPhone ataupun iPad Anda menggunakan metode ini, Anda diharuskan untuk pergi ke Settings atau Pengaturan. Setelah itu pilih General > iPhone Storage / iPad Storage.

Di jendela yang terbuka setelah Anda memilih iPhone Storage ataupun iPad Storage, Anda akan melihat banyak aplikasi yang terpasang pada perangkat Apple Anda. Untuk menghapus aplikasinya, Anda tinggal mengklik aplikasi yang ingin Anda hapus kemudian pilih “Delete App”. Setelah itu, aplikasi yang sebelumnya ingin Anda hapus sudah hilang selamanya dari perangkat Anda sampai Anda meng-install aplikasi tersebut kembali.

 

3. Metode Menghapus Aplikasi Lewat “App Store”

Metode terakhir ini adalah metode baru yang hanya ada pada iPadOS dan juga iOS 13. Menghapus aplikasi dengan menggunakan metode ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu membuka App Store dilanjutkan dengan mengklik foto profil Anda di App Store.

Setelah itu, sebuah jendela baru akan terbuka dimana Anda akan melihat jajaran aplikasi yang telah Anda unduh dan install pada perangkat Anda. Untuk menghapus aplikasi yang Anda inginkan menggunakan metode ini, Anda tinggal menggunakan gesture swipe ke kiri pada aplikasi yang ingin Anda hapus hingga muncul pilihan “Delete” di bagian sebelah kanan tulisan “Open”.

 

Itulah 3 metode menghapus aplikasi pada perangkat iPhone atau iPad Anda, termasuk didalamnya metode terbaru yang hanya bisa dilakukan pada iOS 13 dan iPadOS. Semoga bermanfaat! –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel