Mengenal Alternatif Apartemen di Korea Selatan, Goshiwon dan Hasuk Jib

3 Oct 2019 09:10 496 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbagi informasi, khususnya bagi Anda yang ingin tinggal di Korea Selatan.

Korea Selatan adalah sebuah negara yang bisa dikategorikan sebagai negara dengan biaya hidup yang tinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya, terutama di Seoul yang juga merupakan ibukota Korea Selatan dengan jumlah penduduk mencapai 9.9 juta jiwa.

Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, Seoul yang jika kita lihat dari peta dunia itu terlihat sempit, pastinya kesulitan untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi penduduknya. Andaikan ada tempat tinggal yang layak juga, biasanya tempat tinggal tersebut memiliki harga sewa bulanan yang mahal.

Bagi seseorang yang belum memiliki penghasilan sendiri di Korea Selatan, menyewa apartemen sendiri bisa dibilang hal yang menjadi pertimbangan untuk dilakukan atau tidak dilakukan. Apalagi bagi mereka yang masih bersekolah dan mendapatkan uang pas-pasan dari orang tuanya, menyewa apartemen bahkan tidak masuk pertimbangan mereka.

Alhasil, mereka akhirnya tinggal di tempat-tempat yang lebih sempit jika dibandingkan dengan apartemen. Di bawah ini adalah 2 jenis tempat biasanya para siswa yang tidak sanggup menyewa apartemen tersebut tinggal, yang bisa juga disebut dengan asrama namun tidak ada kaitannya dengan kampus tempat para pelajar tersebut tinggal.

 

1. Goshiwon

Goshiwon tidak bisa disebut sebagai apartemen karena dari segi kenyamanan saja sudah berbeda. Mungkin lebih cocok disebut sebagai alternatif apartemen dengan harga sewa yang jauh lebih murah. Lebih mirip dengan asrama kampus, Goshwion yang memang biasanya dijadikan tempat tinggal oleh orang-orang yang tidak mampu untuk menyewa apartemen adalah sebuah ruangan yang biasanya memiliki ukuran yang hanya muat menampung sebuah kasur dan sedikit tempat untuk meja kerja / belajar dan mungkin ada beberapa yang memiliki toilet untuk buang air.

Harga sewa Goshiwon di Seoul bisa dikatakan termurah jika dibandingkan dengan kontrakan jenis lainnya. Berdasarkan informasi yang penulis cari di internet, Goshiwon di Seoul itu memiliki tarif sewa perbulan mulai dari 3 jutaan hingga yang termahal itu adalah 4 jutaan perbulannya.

Namun biasanya bagi mereka yang harus mengeluarkan uang 4 jutaan untuk menyewa goshiwon, selalu ada pertimbangan untuk menyewa apartemen yang biasanya sudah lengkap dengan dapur dan kamar mandi dengan selisih tarif sewa mulai dari 1 hingga 2 jutaan saja dari harga sewa Goshiwon termahal.

 

2. Hasuk Jib

Adalah sebuah istilah yang sekarang mungkin sudah jarang digunakan oleh orang Korea Selatan untuk menyebut tempat tinggal sewaan yang mirip dengan goshiwon.

Hasuk Jib dikatakan mirip dengan goshiwon karena fasilitas lain seperti kamar mandi dan dapur biasanya dipakai bersama dengan penghuni lainnya. Yang membedakan goshiwon dengan Hasuk Jib adalah pada biaya sewa bulanan Hasuk Jib sudah termasuk biaya makan sehari-hari dimana biasanya adalah dua kali makan untuk satu hari.

Di Seoul sendiri, Hasuk Jib bisa dibilang sangat langka, karena rata-rata sewa tempat tinggal kebanyakan adalah Goshiwon. Dan kalaupun ada, mungkin Hasuk Jib tersebut sudah penuh dihuni oleh para pencari tempat tinggal murah untuk disewa.

 

Kelebihan dan Kekurangan Tempat Tinggal Goshiwon dan Hasuk Jib

Walaupun berbentuk sebuah ruangan yang sempit dan hanya muat satu orang saja, Goshiwon dan Hasuk Jib memiliki beberapa kelebihan seperti harga sewanya yang murah dan juga ruangan yang sempit itu biasanya mudah dibersihkan.

Ditambah lagi, Goshiwon ataupun Hasuk Jib itu biasanya sudah memiliki furnitur sendiri seperti kursi, meja, dan kasur. Bahkan tidak jarang ada yang sudah lengkap dengan kulkas mini.

Sayangnya tidak seperti apartemen, Goshiwon ataupun Hasuk Jib itu memiliki memiliki aturan yang ketat dimana biasanya tidak boleh menerima tamu, tidak boleh berisik dan tidak boleh membawa makanan ke dalam kamar. Umumnya sih seperti itu, tapi hal tersebut biasanya tergantung kepada Goshiwon atau Hasuk Jib itu sendiri. Tapi rata-rata pastinya pemilik Goshiwon dan Hasuk Jib menginginkan para penghuninya dapat tinggal dengan nyaman.

Hal lain yang berkaitan dengan Goshiwon ataupun Hasuk Jib adalah soal kebersihan ruangan. Jika Anda ingin tinggal di Korea Selatan, khususnya di Seoul. Sebelum Anda menandatangani kontrak sewa dengan pemilik kontrakan, ada baiknya Anda mengecek kondisi ruangan yang akan Anda sewa tersebut. Karena berdasarkan pengalaman teman penulis, selalu ada saja ruangan yang disewakan tapi punya keadaan yang kotor. Baik tembok yang tidak bersih, lantai yang kotor, atap yang bolong, dan bau-bau yang tidak enak. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel