5 Cara Bagaimana Tetap Aman Selama Melakukan Aktivitas Outdoor

2 Oct 2019 13:30 2922 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapa disini yang suka aktivitas seperti mendaki gunung dan memanjat tebing? 

Melakukan aktivitas di alam liar seperti mendaki gunung, bermain ski ataupun panjat tebing adalah aktivitas yang bagi sebagian orang pecinta alam merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan dan memacu adrenalin.

Tapi sayangnya, aktivitas-aktivitas tersebut tentunya ada bukan tanpa resiko. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengalaman aktivitas outdoor yang aman dan nyaman, kita perlu memperhatikan beberapa langkah keamanan sebelum dan selama melakukan aktivitas outdoor tersebut.

Ada setidaknya 5 hal yang perlu diperhatikan jika Anda adalah seseorang yang suka melakukan outdoor activity seperti yang sudah disebutkan di atas.

 

1. Jangan Bergantung dengan Teknologi

Teknologi adalah sebuah berkah bagi umat manusia, namun teknologi adalah sebuah produk dari sebuah zaman yang hingga saat ini bisa dibilang tidak sempurna. Contoh saja sebuah smartphone tidak akan bisa menyelamatkan kita ketika kita butuh bantuan di hutan yang tidak ter-cover sinyal telepon seluler.

Kita juga tidak akan bisa mengandalkan sebuah lampu senter untuk menerangi kegelapan malam di hutan ketika baterai dari senter tersebut habis, atau senter tersebut tidak berfungsi.

 

2. Selalu Buat Rencana untuk Kembali

Jika ada yang berpikir bahwa puncak gunung itu adalah tujuan terakhir dari pendakian. Maka hal tersebut adalah salah karena puncak gunung itu sendiri adalah setengah jalan dari tujuan akhir yaitu kembali ke kaki gunung.

Oleh karena itu, selain harus mempersiapkan jalan untuk naik ke puncak gunung, seorang pendaki juga harus menyiapkan rencana (termasuk rute didalamnya) untuk kembali turun gunung. Kecuali ya jika pendaki tersebut mendaki gunung memang untuk tinggal di puncak gunung?

 

3.  Buat Rencana dan Tetap Berpegang pada Rencana Tersebut

Ketika Anda mendaki gunung atau memanjat tebing, Anda tentunya harus membuat rencanan bagaimana proses pendakian atau memanjat tebing tersebut dapat berhasil dilakukan dengan resiko seminimal mungkin.

Selain itu, memberi tahu orang lain tentang rencana aktivitas outdoor kita, baik itu teman atau keluarga, yang tidak ikut melakukan aktivitas adalah hal yang menurut penulis perlu dilakukan. Alasannya, jika ada hal-hal yang terjadi pada kita selama melakukan aktivitas seperti tersesat di hutan, maka orang yang pernah kita informasikan tersebut akan dapat mengetahui bahwa terjadi sesuatu pada kita, karena aktivitas yang kita lakukan tidak sesuai dengan rencana yang kita informasikan kepada orang lain tersebut.

 

4. Bawa Perlengkapan yang Tepat

Jika kita melakukan pendakian kemudian hujan turun, sedangkan kita tidak membawa perlengkapan anti hujan, maka yang harus disalahkan itu adalah ketidaksiapan kita. Karena tidak ada yang namanya salah cuaca, yang ada hanyalah ketidak siapan kita.

Oleh karena itu, jika Anda melakukan aktivitas outdoor selalu persiapkan perlengkapan selengkap mungkin. Cari referensi dari pengalaman orang lain yang pernah melakukan aktivitas outdoor serupa baik itu jenis aktivitasnya maupun tempat dimana aktivitas tersebut dilakukan.

 

5. Ketahui Sejauh Apa Batas dari Diri Kita

Jika kita melakukan aktivitas outdoor, baik sendiri ataupun bersama dengan teman kita, selalu hadapilah tantangan atau rintangan dengan mempertimbangkan sejauh apa batasan diri sendiri dan sejauh apa pula batasan teman-teman satu grup.

Jangan karena menemukan tantangan yang terlihat menantang dan bisa memberikan pencapaian tertentu ketika diselesaikan, kita lantas menerima tantangan tersebut. Selalu pertimbangkan konsekuensi atau akibat yang akan kita terima jika kita gagal menyelesaikan tantangan tersebut. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel