Baru Beli Macbook? 5 Aplikasi ini Wajib ada di Macbook Anda!

1 Oct 2019 12:25 658 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi mana yang menjadi favorit Anda?

Macbook adalah sebuah laptop tipis dengan berbagai hal yang berkaitan dengan laptop ini selalu dihubung-hubungkan dengan kata “tinggi”. Mulai dari spesifikasi yang tinggi, gengsi yang tinggi dan tidak lupa adalah harganya yang juga tinggi.

Jika Anda baru membeli sebuah Macbook, baik itu untuk kerja atau sekedar untuk bergaya, penulis hanya ingin mengucapkan selamat telah masuk di ekosistem Apple. Eh, tapi bukan itu sih yang mau dibahas hari ini.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membahas 5 aplikasi wajib yang ada pada Macbook Anda untuk Anda pengguna baru Macbook.

 

1. MPV atau VLC

Pemutar video bawaan dari Macbook adalah QuickTime. Walaupun memang memiliki ciri khas Apple, QuickTime itu bisa dibilang belum sempurna karena banyak format yang memang tidak bisa dibuka menggunakan QuickTime.

Solusinya? Ya menggunakan aplikasi pihak ketiga lain seperti menggunakan MPV atau VLC yang sejauh penulis tahu itu menjadi pemutar video favorit di ekosistem Apple, khususnya di Macbook.

 

2. Browser Kedua, Firefox atau Chrome

Macbook sudah dilengkapi dengan browser Andalan Apple yang bernama Safari dengan salah satu keunggulannya adalah browser yang hemat daya untuk Macbook. Tapi sayangnya, tidak semua website yang ada di jagat maya ini compatible dengan Safari. Oleh karena itu, penggunaan browser lain yang lebih friendly seperti Firefox ataupun Chrome merupakan hal yang wajib jika Anda ingin browsing tanpa adanya gangguan yang berarti di Internet.

 

3. Pasang Amphetamine agar Macbook Tidak Tidur

Sebetulnya, ada sih cara untuk mengatur agar Macbook tetap bangun ketika tidak digunakan. Tapi ya mengaturnya itu lumayan “ripuh” kalau kata orang Sunda atau agak ribet.

Alternatifnya, penulis merekomendasikan Anda para pengguna Macbook untuk memasang aplikasi Amphetamine yang dapat membuat Macbook Anda terus bangun tanpa adanya rasa untuk tidur hanya dengan dua klik saja.

 

4. Penyimpanan Cloud Universal

Walaupun Anda sedang berada di ekosistem Apple, pasti ada waktu dimana Anda itu butuh untuk menyimpan file di Internet untuk kemudian diunduh menggunakan perangkat yang tidak berada di ekosistem Apple.

Disinilah Anda membutuhkan penyimpanan Cloud seperti Google Drive ataupun Dropbox. Yang paling enak menurut penulis sih Google Drive, karena memberikan penyimpanan gratis 15GB. Kalau Dropbox hanya 2GB saja penyimpanan gratisnya.

 

5. TripMode, Aplikasi Pembatas Koneksi Internet

Bagi Anda yang suka travel tapi mewajibkan Macbook Anda terhubung ke sebuah jaringan internet, Anda pastinya akan sering mencari Wi-Fi. Tapi bagaimana kalau tidak ada Wi-Fi di sekitar Anda?

Jawabannya adalah menggunakan koneksi tethering lewat smartphone Anda. Tapi perlu diketahui kalau akses internet dari Macbook itu tidak dibatasi, atau dengan kata lain, Macbook punya kebebasan dalam menggunakan akses internet tersebut sesuka dia. Akibatnya, bagi Anda yang punya kuota sedikit, kuota tersebut akan habis, bahkan sebelum kopi panas Anda menjadi dingin.

Solusi untuk hal tersebut adalah menggunakan TripMode, yaitu sebuah aplikasi berbayar yang dapat membatasi akses internet aplikasi per aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak akan takut kehabisan kuota dikarenakan Macbook yang terus-menerus melakukan proses unduhan. Selain itu baterai pun akan jadi lebih awet karena proses mengunduh yang mungkin Anda anggap tidak penting, tidak berlangsung pada Macbook Anda. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel