1.1.1.1 by Cloudflare, Aplikasi yang Membuat Cepat Koneksi Internet Kita

27 Sep 2019 14:00 1916 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah pada coba belum? Khususnya Anda yang internetnya lemot.

Pada tahun 2018 lalu, Cloudflare, yaitu sebuah perusahaan sekuritas atau keamanan internet dan hal-hal yang berhubungan dengan jaringan internet merilis sebuah aplikasi yang memiliki nama unik yaitu 1.1.1.1 dengan fungsinya adalah sebagai layanan resolver DNS yang bisa dibilang menggunakan fitur-fitur VPN.

Seperti Anda ketahui, sebuah situs seperti Plimbi.com dipahami oleh sebuah router itu bukan dari namanya, tapi dari rangkaian angka unik yang menjadi alamatnya. Nah fungsi layanan 1.1.1.1 itu adalah untuk “menerjemahkan” nama sebuah situs agar bisa dimengerti oleh router dengan waktu penerjemahan yang lebih cepat dibandingkan dengan DNS yang biasanya digunakan oleh para penyedia layanan internet kebanyakan.

Hasilnya, Anda akan dapat membuka sebuah situs dengan cepat ketika menggunakan aplikasi ini dibandingkan ketika Anda membuka situs tanpa menggunakan aplikasi 1.1.1.1 ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan aplikasi ini adalah hasil atau manfaat dari aplikasi ini berbeda-beda dari setiap penyedia layanan internet. Contohnya saja ketika penulis membuka situs Plimbi.com dengan menggunakan koneksi internet si merah “teman pintar” tanpa menggunakan aplikasi 1.1.1.1 situs tersebut dapat dibuka dalam kisaran waktu 6-8 detik dalam tiga kali percobaan.

Sedangkan dengan menggunakan penyedia layanan internet yang sama tapi dengan tambahan penggunaan aplikasi 1.1.1.1 penulis dapat membuka Plimbi.com hanya dalam waktu 4-5 detik saja dalam tiga kali percobaan

.

 

Fitur-Fitur Unggulan dari 1.1.1.1

Selain fitur-fitur seperti membuka akses ke situs-situs yang tidak dapat dibuka sebelumnya, ataupun koneksi yang lebih privat, Aplikasi 1.1.1.1 memiliki beberapa fitur unggulan yang biasanya tidak dimiliki aplikasi VPN lainnya seperti:

  • Tidak adanya iklan-iklan yang mengganggu
  • Tampilan antarmuka yang minimalis dan hanya menonjolkan fungsi utamanya
  • Hanya butuh 1x sentuh untuk mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi
  • Tema normal dan tema dark untuk tampilan yang lebih enak dilihat
  • Menstabilkan ping tinggi ketika bermain game.

Untuk yang poin kelima di atas penulis sendiri kurang paham bagaimana bisa begitu, tapi ketika penulis mencobanya untuk bermain game-game buatan China seperti Dragon Raja dari tencent dimana biasanya ping-nya selalu tinggi dan membuat delay pukulan-pukulan yang karakter penulis luncurkan, aplikasi ini membuat pukulan-pukulan tersebut membuat delay-nya lebih tipis lagi sehingga tidak begitu mengganggu ke performa dalam bermain game. Yang mungkin akan memperlihatkan seberapa besar aplikasi ini dapat membuat stabil ping ketika bermain game luar mungkin ketika bermain game kompetitif seperti Call of Duty versi China.

 

Kekurangan 1.1.1.1

Ketika penulis menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang cukup mengganggu penulis, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  • Boros baterai

Mungkin hampir semua VPN yang penulis tahu memang tidak battery friendly, rata-rata pasti saja bikin boros baterai tidak terkecuali aplikasi 1.1.1.1 ini.

 

  • Kadang Tidak Bisa Buka Situs

Ketika penulis mencoba menyalakan aplikasi 1.1.1.1 ini kemudian mencoba membuka beberapa situs, situs-situs tersebut ternyata tidak dapat dibuka. Entah masalahnya ada dimana, tapi ketika aplikasi tersebut penulis matikan, penulis bisa terhubung ke situs-situs yang tidak bisa dibuka tadi dengan normal. Bugs kah?

 

  • Error Ketika Mencoba Share untuk Mendapatkan Kuota Gratis 1GB

Satu hal yang penulis agak sesalkan untuk aplikasi ini adalah penulis tidak dapat mencoba fitur WARP+ yang menjadi fitur paling unggul dari aplikasi 1.1.1.1

Hal tersebut dikarenakan ketika penulis ingin mencoba mendapatkan kuota 1GB gratis dengan membagikan aplikasi ini lewat media sosial, selalu muncul error yang entah apa penyebabnya.

 

Kesimpulan

Dari percobaan penulis menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang memang agak sedikit mengecewakan, khususnya di bagian boros baterai karena smartphone milik penulis terus terang sudah boros walau tidak pakai aplikasi apa-apa. Ditambah menggunakan aplikasi 1.1.1.1 borosnya malah semakin menjadi.

Tapi ada setidaknya tiga hal dari aplikasi ini yang membuat penulis dapat merekomendasikannya kepada teman-teman pembaca disini. Yang pertama adalah tidak adanya iklan, kemudian akses cepat dengan tetap menjaga privasi ke berbagai situs di internet serta ping stabil ketika bermain game yang lokasi servernya jauh dari tempat Anda bermain.

 

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Bagi yang mau coba aplikasinya bisa cari aplikasinya di Google Play Store untuk pengguna Android dan di Apps Store untuk pengguna ekosistem iOS atau iPadOS. Nama aplikasinya adalah “1.1.1.1: Faster & Safer Internet” dengan developer atau pengembangnya adalah Cloudflare, Inc. -BB-

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel