4 Pelatihan yang Dapat Tingkatkan Performa Karyawan Milenial

26 Sep 2019 12:30 282 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tujuannya adalah meningkatkan performa karyawan dalam mencapai target perusahaan.

Karyawan di era milenial sangat haus informasi dan teknologi. Seiring kemajuan zaman, karyawan perusahaan Anda juga harus terus dibina dan ditingkatkan kinerjanya. Jika tidak, perusahaan Anda akan ketinggalan zaman dan sulit bersaing dengan perusahaan – perusahaan lain. Untuk menambah performa dan skill karyawan, perusahaan umumnya menerapkan pelatihan dan edukasi bagi karyawan. Pelatihan dan pengembangan SDM ini bisa dilakukan secara berkala bersama kalangan profesional yang terlatih. 

Tujuannya adalah meningkatkan performa karyawan dalam mencapai target perusahaan. Nah, berikut adalah beberapa jenis pelatihan karyawan yang bisa diikuti dalam rangka meningkatkan kualitas performa karyawan di perusahaan Anda.

 

1. Pengenalan Budaya Kerja Perusahaan

Pelatihan pada awal – awal karyawan bergabung dengan perusahaan biasanya dikenal dengan istilah orientasi karyawan. Pada masa pelatihan ini, tim HR akan memperkenalkan budaya dan lingkungan perusahaan pada para pegawai baru. 

Biasanya, karyawan akan diajak berkeliling area perusahaan atau pabrik seperti sedang melakukan “tour wisata” ke area – area tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan nanti. Pelatihan selama masa orientasi karyawan, dapat meliputi penjelasan tentang: 

  • Budaya kerja perusahaan

  • Struktur kepemimpinan

  • Tata tertib dan peraturan perusahaan

  • Kebijakan perusahaan

  • Tujuan, visi dan misi perusahaan, 

  • dll

 

2. Pelatihan Sesuai Divisi Kerja

Setelah karyawan milenial baru mengenal lingkungan dan budaya kerja perusahaan, karyawan akan memasuki pelatihan selanjutnya yaitu pelatihan sesuai divisi kerja masing – masing. Pelatihan kerja ini biasanya dikenal dengan istilah onboarding karyawan. 

Sebagai karyawan baru mereka harus memahami detail pekerjaan dan apa peran mereka dalam perusahaan. Umumnya, pelatihan onboarding bisa dilakukan selama rentang waktu 7 hari – 3 bulan atau sesuai ketentuan perusahaan. Pelatihan sesuai divisi ini dilakukan bertujuan agar karyawan dapat lebih fokus menyelesaikan tugasnya secara efektif dan efisien. 


 

3. Pelatihan dan Pengembangan Teknis

Untuk meningkatkan performa karyawan, pelatihan yang tidak kalah penting adalah kemampuan teknis. Jenis – jenis pekerjaan tertentu membutuhkan skill atau keterampilan khusus dari segi teknis. Misalnya seperti teknisi jaringan, teknisi komputer, programming, copywriting dan masih banyak lagi. 

Pelatihan dan pengembangan yang bersifat teknis bagi karyawan dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kinerja dan performa karyawan. Karena, karyawan akan jauh lebih mudah menyelesaikan tugas yang dibebankan perusahaan dengan cepat dan benar. Baik karyawan lama atau karyawan baru, sebaiknya diberikan bekal pelatihan teknis secara berkala, terutama di perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi karena teknologi berkembang sangat dinamis. 

 

4. Pelatihan Soft Skill

Di era modern, kemampuan teknis saja tidak cukup. Bayangkan, bagaimana sulitnya bekerja dengan programmer handal tetapi kurang cakap berkomunikasi ketika sedang presentasi di depan klien potensial? Tentunya, proyek – proyek besar perusahaan Anda bisa menjadi taruhannya. 

Inilah sebabnya, pelatihan soft skill sangat penting dalam meningkatkan performa karyawan. Karyawan yang baik tidak hanya pandai dari segi teknis, tetapi juga soft skill. Soft skill ini bisa diartikan sebagai kemampuan berinteraksi secara efektif dan berkomunikasi dengan baik di lingkungan kerja. Termasuk bagaimana cara karyawan berbicara, berempati, bersikap, dan sebagainya dengan rekan kerja di kantor. 

Pelatihan soft skill yang dapat dikembangkan, antara lain:

  • keterampilan presentasi

  • keterampilan berkomunikasi

  • keterampilan kepemimpinan

  • keterampilan pemecahan masalah

  • manajemen waktu

  • beretika, berempati, bekerja sama

  • dll

Itulah berbagai pelatihan yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan milenial, Tentunya karyawan milenial harus memiliki pendekatan tersendiri agar pelatihan yang dilakukan dapat berefek kepada kinerja karyawan. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat.

Good Luck !

Tags

About The Author

Dani 7
Novice

Dani

cuma iseng aja

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Dani