Google Play Pass, Lingkungan Penggunaan Aplikasi Baru Tanpa Batas dari Google

26 Sep 2019 09:50 1540 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wajib coba kalau sudah masuk Indonesia.

Dalam waktu beberapa saat setelah Apple merilis konsep Apple Arcade dimana seorang pengguna perangkat Apple dapat bermain game tanpa harus terbatasi oleh hal-hal yang biasanya dianggap mengganggu seperti iklan ataupun ingame purchase. Kini Google juga merilis Google Play Pass yang juga memiliki konsep yang sama dengan sistem berlangganan atau subscription.

Dengan harga 5 dollar untuk langganan perbulannya, Anda sudah dapat menikmati ratusan game di dalam sebuah environment baru pada Google Play Store dimana game-game tersebut adalah game tanpa adanya ingame purchase atau pembayaran lain-lainnya. Singkatnya, Anda berlangganan setiap bulan untuk bermain game tanpa gangguan.

Selain Anda sebagai individu yang membayar biaya langganan tersebut, Anda juga dapat mendapatkan keuntungan dimana keluarga Anda bisa ikut dapat menikmati konten atau aplikasi yang terdapat pada Play Pass secara gratis selama keluarga Anda berada pada library keluarga.

Bagi pihak developer pengembang aplikasi, Play Pass juga bisa disebutkan membawa kabar baik. Karena pada Play Pass tidak ada yang namanya judul ekslusif dimana aplikasi pihak developer yang terdaftar pada Play Pass masih bisa memasang aplikasinya pada Google Play Store dengan fitur ingame purchase-nya.

Enaknya lagi, sistem berlangganan ini menurut Google memiliki kemudahan dalam membagikan pemasukan yang didapatkan dari biaya berlangganan karena pemasukan untuk tiap developer nanti itu dihitung dari engagement dan penggunaan aplikasi itu sendiri.

Dan tidak seperti Apple Arcade yang membatasi akses ke jenis aplikasi yang pelanggan pilih, pada Play  Pass, seorang pelanggan tidak memiliki batasan akses baik itu game, ataupun aplikasi produktivitas lainnya.

Satu-satunya batasan yang ada saat ini dengan sifatnya adalah sementara waktu yaitu Play Pass hanya tersedia di Amerika Serikat saja. Namun, kedepannya, Play Pass akan memperluas cakupan wilayahnya ke negara-negara lainnya. Mungkin langsung ke Indonesia, atau mungkin ke negara lain terlebih dahulu. Tidak ada informasi soal negara perluasan selanjutnya untuk Play Pass yang dapat penulis temukan.

Oh iya, Play Pass dari Google ini juga memiliki sistem berlangganan yang cukup menguntungkan para pelanggannya. Misalnya ketika seorang pelanggan memutuskan untuk berhenti menggunakan layanan Play Pass, maka proses penghentian layanan tersebut akan dengan mudah dilakukan. Selain itu, setelah ketika masa langganan habis, pengguna masih akan dapat menggunakan Play Pass selama beberapa waktu. Namun, setelah waktu atau masa tenggang tersebut berakhir, pengguna Play Pass akan diingatkan untuk memperpanjang Play Pass tersebut atau membayar konten yang ingin diakses tersebut.

Bagi Anda yang tinggal di Amerika Serikat, Anda sudah bisa mulai berlangganan Play Pass mulai dari sekarang. Tidak lupa juga, Google memberikan diskon sebesar 2 dollar untuk Anda yang berlangganan sebelum tanggal 10 Oktober 2019.

-BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel