Ini Lho Cara Update iPad Anda ke Sistem Operasi iPadOS

25 Sep 2019 12:45 2739 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah update-kah kalian?

Sistem operasi terbaru Apple untuk iPad dengan namanya adalah iPadOS sudah bisa diunduh hari ini. Namun, saran penulis sih sebaiknya tahan niat untuk mengunduh update sistem operasi terbaru tersebut dan tunggu besok atau mungkin lusa.

Penulis menyarankan seperti itu sendiri karena di hari ini, server Apple bisa dibilang overloaded karena banyaknya para pengguna iPad yang tidak sabar lagi menjajal ketangguhan sistem operasi ini sehingga berebut mengunduh update terbaru tersebut. Hasilnya, semua kesulitan melakukan update mulai dari yang stuck di layar sebelum download sampai estimasi waktu unduhan hingga berhari-hari ketika berhasil masuk ke layar download.

Sambil menunggu servernya kondusif, ada baiknya Anda yang mau melakukan update ke iPadOS bersiap-siap dahulu melakukan beberapa langkah preventif demi keamanan disaat update seperti backup perangkat, baterai perangkat yang berada di atas 50 persen, koneksi internet yang stabil dan juga kuota yang cukup jika Anda terhubung lewat tethering smartphone atau lewat modem Mi-Fi.

Setelah melakukan hal tersebut, Anda kemudian dapat melakukan update dua langkah yang umum biasa dilakukan orang yaitu update via OTA (over-the-air) dan update via iTunes.

 

1. Update Via OTA

Cara memperbaharui sistem operasi Apple pada perangkat yang paling sering digunakan orang adalah update via OTA. Hal tersebut dikarenakan proses update ini adalah proses update yang pertama kali disodorkan pihak Apple ke para penggunanya. Selain itu juga, proses update lewat OTA ini mirip dengan smartphone Android dimana Anda hanya tinggal mengunduh update yang tersedia kemudian langsung memasangnya pada perangkat Anda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda menggunakan update via OTA ini karena kabarnya beberapa orang pernah mengalami error ketika melakukan update lewat OTA.

Beberapa hal yang perlu dilakukan tersebut antara lain:

- Memastikan bahwa iPad punya ruang penyimpanan yang cukup kosong (mungkin sekitar 5-7GB)

- Memastikan baterai iPad berada di atas 50 persen atau lebih baik lagi masih full

- Memastikan koneksi internet yang akan Anda gunakan itu stabil dan tidak lemot

- Memastikan bahwa iPad Anda berjalan dalam mode normal.

Setelah Anda memenuhi hal-hal di atas berikut. Tunggulah waktu sehari atau dua hari setelah iPadOS rilis secara resmi untuk mengunduhnya. Agar nantinya, tidak akan berebut dengan pengguna lain sehingga proses mengunduh menjadi lama dan beresiko tinggi mengalami kegagalan.

 

 

2. Update via iTunes

Adalah cara yang bisa dibilang digunakan sebagian orang yang mencari aman dalam melakukan update pada tablet iPad kesayangannya. Dikatakan aman karena selain update sistem operasi, iTunes juga langsung dapat melakukan backup untuk berjaga-jaga jika ada kejadian yang memang merugikan.

Untuk melakukan update via iTunes, pengguna diwajibkan memiliki komputer ataupun laptop yang sudah dilengkapi converter. Diharuskan punya converter karena untuk menghubungkan iPad ke komputer, Anda harus memiliki port USB Type C ataupun Lightning Port yang biasanya memang jarang. Maka solusinya adalah menggunakan converter.

Untuk melakukan update iTunes sendiri terbilang cukup mudah, walaupun tidak semudah ketika melakukannya via OTA. Namun kelebihan dari update via iTunes adalah seperti yang sudah dikatakan di atas yaitu lebih aman dan terkendali.

Cara untuk melakukan update via iTunes adalah sebagai berikut:

- Unduh iTunes versi terbaru ke laptop ataupun PC Anda yang terhubung ke internet stabil dan cepat

- hubungkan PC dengan perangkat iPad Anda dengan kabelnya sendiri wajib memiliki standar MFi seperti halnya kabel bawaan.

- Buka iTunes dan pilih update pada iPad di bagian summary

 

Itulah dua cara melakukan update iPadOS yang paling sering digunakan para pengguna perangkat Apple. Semoga bermanfaat. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel