3 Situs ini Membantu Anda Menghitung Kata Ketika Menulis Artikel

20 Sep 2019 12:45 5909 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yang mana favorit Anda?

Salah satu hal yang menjadi kewajiban seorang penulis digital adalah mengikuti aturan dari setiap situs tempat ia mempublikasikan konten miliknya. Salah satu aturan tersebut yang memang cukup ketat adalah soal jumlah kata yang biasanya berbeda-beda. Ada yang minimal kata per artikelnya itu 300 hingga ada juga yang mencapai 1200 seperti situs tempat berbagi cerita pendek atau yang biasa kita kenal dengan cerpen.

Bagi yang menggunakan Microsoft Office Word, hal tersebut tentunya tidak menjadi kendala lagi karena setiap kata yang kita coretkan di kanvas putih aplikasi ini akan terhitung secara otomatis yang biasanya bisa dilihat di bagian kiri bawah, tepatnya diantara page dan language.

Namun bagi yang menggunakan aplikasi lain seperti Word Pad dan aplikasi sejenisnya, hitungan kata tersebut biasanya tidak ada, dan jika ada pun biasanya fitur tersebut tersembunyi dan harus melakukan beberapa langkah untuk mengaktifkannya. Secara efisiensi waktu, hal tersebut sangatlah tidak direkomendasikan.

Disini penulis akan membagikan 3 situs dimana Anda dapat mengetahui jumlah kata yang ada pada tulisan yang sudah Anda buat hanya dengan maksimal 10 detik saja (bergantung koneksi internet Anda juga).

 

1. Wordcounter.net

Dengan hanya menjiplak tulisan Anda ke kolom yang hadir di depan Anda sesaat Anda mengakses situs ini, Anda akan dapat langsung mengetahui berapa jumlah kata dari tulisan yang sudah Anda buat tersebut.

Selain fungsi menghitung kata, situs ini juga dapat memperbaiki kesalahan penulisan pada artikel yang Anda buat seperti ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar.

 

 

2. Wordcounter.io

Sekilas namanya mirip dengan nomor satu di atas. Namun secara fungsi, situs ini punya perbedaan yang sekaligus berupa keunggulan dari situs-situs penghitung jumlah kata pada artikel lainnya.

Kelebihan yang pertama adalah selain dapat menghitung jumlah kata, situs ini juga dapat menghitung jumlah huruf yang ada pada tulisan Anda. Kemudian, selain dapat menghitung kata dan huruf secara detil, situs ini juga dapat menghitung jumlah kalimat, paragraf serta halaman yang Ada pada tulisan Anda.

Dan yang paling mengejutkan, situs ini juga dapat memperlihatkan berapa jumlah kata kunci yang ada pada artikel Anda. Bisa dibilang situs ini sudah cukup lengkap bagi Anda para penulis digital yang juga menulis konten yang terstruktur.

Oh iya, satu hal lain yang penulis lupa tentang situs ini adalah soal jumlah kata optimal yang bisa Anda post di Facebook, Twitter dan juga Google ditampilkan pada situs ini juga. Jadi ketika Anda membuat update status ataupun posting panjang di Twitter, Anda tahu dimana Anda harus berhenti atau memotong tulisan Anda.

 

 

3. Countofwords.com

Sama seperti nomor dua di atas, situs penghitung kata ini bisa dibilang cukup lengkap. Namun sayangnya, tidak selengkap nomor dua di atas.

Situs ini memiliki dua fungsi utama yakni menghitung jumlah kata yang ada pada tulisan Anda serta menghitung jumlah huruf yang ada pada tiap kata pada tulisan Anda. Berbicara soal penghitungan jumlah huruf, situs ini memiliki kelebihan tersendiri yakni soal penghitungan huruf maksimal dan optimal untuk sosial media seperti Snapchat, Twitter, Reddit, Pinterest, Instagram dan Facebook.

Selain itu juga situs ini dapat membantu Anda para pedagang yang berjualan di e-bay untuk mendapatkan judul dagangan yang tepat dengan adanya batasan jumlah huruf yang dapat Anda input di judul dagangan Anda di e-bay.

 

 

Akhir Kata

Sekian artikel tentang aplikasi atau lebih tepatnya situs aplikasi tempat dimana kita dapat menghitung jumlah kata yang ada pada tulisan kita. Silahkan pilih yang mana yang cocok bagi Anda, karena setiap orang pasti memiliki selera dan kebutuhan yang berbeda-beda. –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel