5 Persiapan ini Cukup Penting Sebelum Mulai Menulis di Plimbi

19 Sep 2019 11:47 443 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Boleh dicontoh bagi yang belum tahu harus melakukan apa setelah menjadi Kontributor.

Sesuai dengan judulnya, penulis kali ini akan membahas tentang bagaimana sih persiapan untuk mulai menulis di Plimbi bagi Anda yang sudah diverifikasi sebagai kontributor?

Tanpa banyak basa-basi lebih lanjut, kita langsung ke intinya ya!

 

1. Siapkan Topik yang akan Dibahas

Mencari topik sih sebetulnya itu sangat mudah, apalagi kalau Anda adalah orang yang sering mengalami kejadian menarik sehari-hari atau Anda yang punya hobi mengamati hal-hal menarik di sekitar Anda.

Menulis itu adalah tentang kebebasan berekspresi, jadi Anda tidak perlu ragu untuk menuangkan apa yang ada di kepala Anda ke secari kertas putih digital di layar monitor Anda. Tapi paling enak sih menulis itu tentang apa yang Anda kuasai atau apa yang sedang “Hot” di masyarakat luas, terutama para netizen.

Tapi sih di Plimbi kebebasan tersebut agak sedikit dibatasi, agar memang tidak melenceng dari koridor-koridor yang sudah ada.

 

 

2. Siapkan Laptop atau Komputer

Laptop atau komputer itu penting. Sangat penting malah.

“Kenapa seperti itu?”

Karena tanpa Laptop atau Komputer, proses menulis artikel akan memakan waktu yang sangat lama. Di tablet sih masih mending. Soalnya kadang-kadang penulis sendiri menulis menggunakan tablet kesayangan penulis kalau memang lagi mobile sambil mencari inspirasi.

Tapi, tetap saja juara perangkat untuk menulis itu dipegang oleh Laptop atau Komputer karena posisi mengetiknya memang enak menggunakan Laptop atau Komputer.

 

 

3. Siapkan Software Mengetik yang Enak

Sejauh ini, di perangkat dengan sistem operasi Windows, Microsoft Office Word adalah perangkat lunak terbaik yang dapat digunakan untuk mengetik di Plimbi. Karena formatting pada Microsoft Word sudah pas dengan apa yang Ada pada format penulisan di Plimbi.

Dengan kata lain, Anda hanya tinggal copy & paste tulisan Anda yang sudah dibuat di Microsoft Word ke Plimbi. Bayangkan efisiensi waktunya jika dibandingkan dengan kita menulis di Word Pad atau software lainnya?

 

 

4. Siapkan Keyboard yang Cocok di Tangan

Jika Anda serius dalam menulis dan menjadikan hal tersebut pekerjaan atau hobi utama Anda, perlu Anda ketahui bahwa keyboard yang paling enak digunakan untuk mengetik itu adalah keyboard berjenis mekanikal atau yang sering disebut dengan mechanical keyboard. Ada dua pilihan switch yang penulis rekomendasikan yakni blue dan brown switch. Atau green switch untuk keyboard merek Razer.

Tapi sih feeling menggunakan mechanical keyboard itu kembali lagi pada penggunanya masing-masing. Karena selera setiap orang itu berbeda-beda.

Penulis merekomendasikan mechanical keyboard karena jenis keyboard tersebut itu cukup enak digunakan dan tidak membuat jari-jari tangan cepat pegal.

 

 

5. Siapkan Situs Image Hosting Favorit Anda

Situs Image Hosting adalah salah satu hal penting yang wajib Anda tahu sebagai seorang penulis. Apalagi di Plimbi, Anda harus tahu beberapa situs hosting gambar gratis, karena ketika Anda menulis artikel dan ingin menyisipkan gambar pada artikel Anda, situs-situs seperti itu sangatlah berguna.

Contohnya yang menjadi favorit penulis disini adalah postimage.org yang bisa mengunggah gambar dengan cepat dan memberikan link atau tautan yang terorganisir sehingga penulis jadi lebih mudah untuk menyisipkan gambar pada artikel penulis. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel