4 Tipe Panel Monitor, Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya

13 Sep 2019 18:15 5890 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda pengguna monitor dengan panel yang mana? Panel mana yang Anda sukai?

Jika Anda menganggap semua monitor itu memiliki teknologi panel yang sama karena secara visual monitor-monitor tersebut dapat menghasilkan gambar dengan warna yang sama dan resolusi yang sama, maka disini Anda sudah terjerumus menjadi bagian dari golongan YPAG (yang penting ada gambarnya).

Namun bagi Anda yang ingin “lulus” dari orang yang gaptek, khususnya di bidang monitor, maka Anda sedang berada pada artikel yang tepat. Disini penulis akan memperkenalkan beberapa jenis panel yang sudah umum atau biasa digunakan pada monitor-monitor konvensional yang mungkin biasa Anda jumpai sehari-hari jika pekerjaan Anda memang ada hubungannya dengan bidang teknologi.

Secara umum, ada 4 teknologi panel yang biasa digunakan pada monitor sekarang ini. Keempat teknologi panel tersebut adalah IPS, VA, TN dan yang paling baru adalah OLED. Jika Anda sudah membaca artikel "Tips Memilih Monitor yang Cocok untuk Anda di Tahun 2019" mungkin Anda sudah tahu perbedaan keempat panel tersebut, tapi ya hanya secara garis besarnya saja. Dalam kesempatan ini, penulis akan membahasnya lebih dalam lagi sehingga Anda bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing panel, serta cocok untuk siapa panel tersebut.

 

1. IPS (In Plane Switching)

Adalah sebuah teknologi panel monitor yang hingga saat ini masih dianggap panel terbaik dari segi kualitas gambar, viewing angle, dan akurasi warna. Bahkan setelah monitor yang  menggunakan panel OLED muncul juga, IPS masih saja dianggap sebagai yang terbaik.

Salah satu alasannya mungkin karena monitor yang menggunakan panel OLED sendiri belum banyak beredar di pasaran. Tidak seperti monitor dengan panel IPS yang setiap merek monitor pasti memiliki beberapa seri monitor berpanel IPS.

Kelebihan dari monitor IPS sendiri adalah punya kualitas gambar yang bagus, viewing angle yang luas hingga mencapai 178 derajat, dan akurasi warna yang sangat baik. Akibatnya, monitor ini sangat digandrungi oleh mereka para desainer grafis atau mereka para pekerja kreatif yang memang membutuhkan reproduksi warna yang baik pada aktivitasnya.

Untuk kekurangan monitor ini sendiri secara umum adalah dari harganya yang hingga saat ini masih mahal jika dibandingkan dengan tipe panel lain dengan spesifikasi yang hampir sama. Dan kekurangan lainnya dari panel ini adalah tidak begitu cocok untuk gamer karena untuk versi terendahnya refresh rate yang dimiliki biasanya terbilang rendah jika dibandingkan dengan panel lainnya dimana dengan harga yang sama, biasanya memiliki refresh rate yang lebih tinggi.

 

 

2. TN (Twisted-Nematic)

Panel TN bisa dibilang sebagai polar opposite atau kebalikannya dari panel IPS. Karena dari segi harga, monitor ini jauh lebih murah dibandingkan dengan monitor yang menggunakan panel IPS. Selain itu, keunggulan tipe monitor ini juga bisa dilihat dari response time yang sangat kecil dan refresh rate yang biasanya sangat tinggi untuk harga yang ditawarkan serupa dengan yang menggunakan panel IPS. Dan berbicara soal refresh rate, hanya panel TN yang sampai sekarang mampu menyajikan refresh rate hingga 240Hz.

Sayangnya, untuk harga yang murah tersebut, jenis panel TN tentunya bukan tanpa kekurangan. Kekurangan yang paling terlihat dari panel ini adalah dari segi reproduksi warna yang bisa dibilang “kurang enak dipandang” lantaran apa yang diperlihatkan oleh panel TN itu biasanya bukanlah gambar dengan warna yang sama dengan warna yang dilihat mata. Singkatnya, akurasi atau reproduksi warnanya tidak bagus.

Meskipun demikian, panel TN ini adalah panel yang menurut penulis sangat direkomendasikan untuk para gamer. Pasalnya, monitor ini memiliki refresh rate tinggi dan response time rendah yang untuk sebuah gamer itu merupakan sebuah nilai plus tersendiri untuk bermain game.

Oh iya, satu lagi kekurangan panel TN itu tidak mendukung teknologi HDR.

 

(bersambung ke halaman 2)
Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel